Sabtu, 24 Februari 2024
Kekinian

Congrats, 2 Wakil Sumatera Selatan Berhasil Meraih Gelar Putra dan Putri Bahari Indonesia 2015!

Malam Penganugerahan Putra-Putri Bahari yang dilaksanakan di Jakarta, pada hari Senin (7/11). (Foto: Genmuda,com/2015 Rima)

Genmuda – Finally, acara yang udah dtunggu-tunggu, yaitu Malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia 2015 resmi digelar semalam (7/12) di Gedung Mina Bahari 3, Kementerian KKP, Jakarta. Penasaran siapakah yang terpilih menjadi Duta Bahari Indonesia tahun ini, Kawan Muda?

FYI, ajang Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia 2015 ini diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Ayu Bahari (YDAB) yang bekerja sama de­ngan TNI Angkatan Laut. Di tahun keempatnya, Pemilihan Putra Putri Bahari emang selalu diadakan buat memperingati Hari Nusantara yang jatuh pada 13 Desember mendatang.

Pada tahun ini sebanyak 6 putra dan putri terbaik dari 31 provinsi di Indonesia udah bersaing untuk menyabet gelar duta bahari. Sementara, ada tiga provinsi lain yang terpaksa absen karena engga mengirimkan wakilnya, yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Tengah.

Sejak acara dibuka pada tanggal 30 November lalu, temen-temen kita yang (bukan cuma) cantik dan ganteng, tapi juga pinter-pinter ini udah melakukan rangkaian kegiatan dan masa karantina. Dalam kurun waktu satu minggu, mereka mengikuti berbagai aktivitas yang super padat tapi seru abis.

Dari mulai belajar di kelas, kunjungan ke Museum Bahari Sunda Kelapa, kunjungan ke Galeri Indonesia Wow, mengikuti workshop, berlayar dengan kapal perang RI Banjarmasin 592, mengunjungi desa nelayan, praktik renang dan menyelam, dan masih banyak lagi. Semua aktivitas ini juga jadi pertimbangan dewan juri untuk menentukan siapa yang layak jadi juara guys.

Semalam, akhirnya penantian panjang para peserta (dan juga para pendukungnya) terbayar. Acara resmi dibuka pukul 8 malam, dengan diawali sambutan-sambutan dari ketua panitia, penyelenggara, dan pejabat terkait. Engga lama kemudian, penonton langsung dihibur oleh ke-61 kontestan yang tampil epik ngebawain mash-up tarian-tarian tradisional khas Indonesia, lengkap dengan kostumnya. Mereka juga engga lupa memperkenalkan diri dan asal daerah mereka.

Engga nunggu waktu lama, pengumuman 8 besar pun dimulai. Disinilah mental dan pengetahuan para finalis Putra Putri Bahari bener-bener diuji. Mereka diberikan pertanyaan-pertanyaan yang engga gampang loh Kawan Muda, sampai beberapa peserta salah ngejawab dan harus dikoreksi oleh dewan juri.

Tapi salutnya, walaupun pastinya mereka grogi abis, delapan-delapannya tetep bisa tampil dengan tenang dan pede. Jadi bingung nentuin siapa yang paling terbaik!

Sambil nunggu keputusan akhir (yang pastinya bikin seisi Mina Bahari yang penuh dengan para supporter masing-masing daerah deg-degan), tamu undangan juga dihibur oleh Putra Putri Bahari Indonesia tahun-tahun terdahulu nih. Genmuda.com kebetulan sempat mewawancarai Putra Bahari 2014, Andre Willianto dan Runner Up 1 Putri Bahari 2014, Cindy Nathania, mengenai kesan pesan mereka selama menjabat menjadi duta bahari.

“Campur aduk banget perasaannya, ada senengnya, ada sedihnya juga, ada terharu. Saya seneng karena udah berhasil menjalankan tugas selama satu tahun kebelakang, dan dapet banyak banget pengalaman dan pelajaran. Tapi ada juga sedihnya, habis ini harus turun jabatan hehehe. Tapi ya mudah-mudahan ke depannya para penerus kita bisa semakin lebih baik lagi.” kata Andre.

Sementara ditanya siapa sih jagoan mereka di Putra Putri Bahari 2015 ini? Andre dan Cindy ternyata kompak ngejawab, “Sumatera Selatan dong pastinya! Soalnya kita berdua dari Sumsel. Hehe… Tapi siapapun yang menang, tahun ini semuanya bagus-bagus banget.” Ujar Cindy.

1
Putra Bahari 2014, Andre Willianto dan Runner Up 1 Putri Bahari 2014, Cindy Nathania (foto: Genmuda.com/2015 Rima)

So, bener engga ya prediksi mereka? Jawabannya adalah…. Jengg jengg jengg… Tepat pukul 11 malam, Ibu Dewi Motik selaku salah satu perwakilan dewan juri pun naik ke atas panggung untuk mengumumkan juara-juara yang akan diberikan di Pemilihan Putra Putri Bahari 2015. Sebelumnya, yang harus Kawan Muda tau, penilaian di PPPBI ini beda dari beauty-beauty pageant lainnya loh.

Jadi, Putra dan Putri terbaik daerah ini dievaluasi berdasarkan wawasannya, kemudian sikap mental, tindakan sehari-hari, hubungan dengan teman-teman dan para senior, baru deh yang terakhir penampilan fisiknya. Gelar yang diperebutkan mereka juga bukan cuma juara umum Putra dan Putri Bahari aja, Kawan Muda, tapi ada Runner Up 1 dan 2, Lingkungan Hidup, Teknologi Kelautan Pariwisata, Persahabatan, serta Putra dan Putri Bahari Favorit.

AND THE WINNER GOES TOOOOO… Putra Bahari Indonesia 2015 adalah: April Andra Leka dari Sumatera Selatan! Dan Putri Bahari Indonesia 2015 jatuh kepada: Sophie Amanda dari Sumatera Selatan! It means, Sumsel berhasil meraih dua gelar sekaligus di ajang Putra Putri Bahari Indonesia 2015. Wow, selamat ya guys!

April Andra Leka (Sumsel) dan Sophie Ananta (Sumsel) yang keluar sebagai Putra-Putri Bahari (foto: Genmuda.com/2015 Rima)
April Andra Leka (Sumsel) dan Sophie Ananta (Sumsel) yang keluar sebagai Putra-Putri Bahari (foto: Genmuda.com/2015 Rima)

Sementara itu, Runner up/Wakil 1 Putri Bahari Indonesia diraih oleh DKI Jakarta, Runner Up/Wakil 1 Putra Bahari Indonesia 2015 diraih oleh Papua. Kemudian Runner Up/Wakil 2 Putri Bahari Indonesia jatuh kepada Sulawesi Tenggara, dan Runner Up/Wakil 2 Putra Bahari Indonesia disematkan pada wakil dari Provinsi Banten.

Selain para pemenang, gelar-gelar tribut juga engga lupa diberikan. Putra Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Jawa Timur, Putri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Sulawesi Selatan. Putra Lingkungan Bahari: Jambi, Putri Lingkungan Bahari: Jawa Timur. Putra Favorit: DKI Jakarta, Putri Favorit: Bangka Belitung. Putra Persahabatan: Sulawesi Utara, Putri Persahabatan: Kep. Riau. Dan Putra Wisata: Aceh, Putri Wisata: Gorontalo.

Berakhirnya malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia 2015 bukan berarti akhir buat temen-temen kita tersebut, tapi justru awal mereka untuk bisa mengemban tugas menjadi duta bahari Indonesia. So, congratulations, and good luck guys! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥