Rabu, 15 Juli 2020

Genmuda – Kalau kata orang, jaman sekarang itu jaman edan. Karena udah jarang banget kita dapetin sesuatu dengan gratis. Contoh paling konkretnya nih, kita nikmatin segala fasilitas yang dikasih sama Om Google (dengan iming-iming tanpa harus bayar ini itu) ternyata kita tetap harus bayar dengan data-data diri kita untuk dicekokin berbagai macam iklan berdasarkan biodata diri dan kebiasaan kita ketika mengakses internet, entah itu pas kita googling, buka e-mail, nonton youtube, bahkan pas kita browsing ke situs web lain. Terus apa solusinya?

Salah satu solusi yang paling efektif hingga saat ini adalah ad-blocker, yaitu sebuah software yang bisa ngeblok iklan-iklan yang ada di situs yang kita kunjungi. Mungkin untuk kalian yang sering mengakses internet dari PC atau laptop, bisa jadi kalian udah punya ekstensi ini di masing-masing browser kalian. Misalnya AdBlock Plus yang ada di Firefox atau Google Chrome. Bahkan ada browser yang sudah memiliki fitur bawaan semacam ini, misalnya Brave Browser.

Tapi jumlah penggunaan ad-blocker di PC dan Mobile OS sangat jauh berbeda. Mayoritas pengguna ponsel biasanya engga pernah instal software semacam itu, bahkan beberapa browser bawaan engga punya fitur untuk blokir iklan. Alhasil? Banyak banget yang jadi korban iklan dengan menginstal aplikasi ataupun program yang sebenarnya engga mereka pengen, atau bisa jadi engga pada nyadar kalau apps itu tiba-tiba nongol di hape kamu.

Adblock di Android © The Verge
Perbandingan Browsing Dengan dan Tanpa Ad-Block © The Verge

Tapi sekarang akhirnya beberapa produsen ponsel sudah lebih peka akan kebutuhan para penggunanya, contohnya Samsung yang baru aja ngumumin kalau mereka udah masukin adblock plugins di web browser bawaan ponsel Android mereka. Samsung udah nge-push fitur ini ke ponsel mereka yang menggunakan Android Marshmallow dan fitur ini juga akan hadir di ponsel Android Lollipop mereka dalam beberapa bulan ke depan. Kurang lebih fitur ini sama dengan Ad-blocker yang ada di browser Safari di iOS 9 milik Apple.

Fitur ad-blocker atau content blocker ini sangat bermanfaat gaes, soalnya bisa ngurangin waktu loading dan penggunaan paket data. Dengan menghilangkan iklan, kita bisa browsing jauh lebih cepat tanpa harus terganggu dengan penawaran aneh dari pengiklan. Apalagi kalau situs web yang kamu kunjungi sering ngasih iklan yang annoying dengan pop-up mesum.

So gimana nih Kawan Muda ada yang make software atau aplikasi semacam ini engga? Yuk ikutan voting di bawah ini. (sds)


Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast