Kamis, 22 Oktober 2020

Genmuda – Cukup tonton beberapa drama Korea yang booming, maka sebagian jalan cerita sinetron-sinetron Indonesia bisa ketebak. Terlepas dari alasannya, kemiripan dua serial beda negara itu keliatan dari latar tempat, konflik, ciri pemeran utama, lawakan, juga beberapa kalimat dalam dialog.

Gak usah heran ketika peminat sinetron lama-lama berkurang. Begitu muncul sinetron baru, ah paling ceritanya kayak drakor yang populer itu. Masalahnya, drakor satu sama lain juga gak jauh beda.

Pasti ada mertua yang gak suka menantu. Pasti ada cewek polos yang suka cowok cool. Pasti ada cinta pada pandangan pertama. Pasti ada teman yang nikam dari belakang. Dan, banyak pasti-pasti lain yang jadi kayak rumus wajib. Karena itulah, perhatiin beberapa seri seru di bawah ini biar wawasan drama kamu makin luas.

1. “Balika Vadhu” (India)

Buat yang lagi bertanya “Balika Vadhu” tuh film apa, itu adalah film yang ada Anandhinya. Pertama kali tayang 2008, drama India yang nyeritain tentang perjodohan sejak anak-anak itu udah punya 2245 episode.

Mirisnya, kehidupan asli aktris pemeran Anandhi, Pratyusha Banerjee tuh semerana karakter yang diperaninnya. Dia dipaksa kerja ekstra keras sama orangtuanya dan pacarnya menghamili tanpa mau tanggung jawab. Stres berat, Pratyusha mengakhiri hidupnya tahun 2016. Maka, peran Anandhi diganti ke Toral Rasputra.

2. “Endless Love” (Turki)

Sebuah stasiun televisi yang dulu nayangin berita doang kini lagi rajin muterin drama Turki, salah satunya adalah “Endless Love.” Drama yang nyeritain cinta beda kasta antara Kemal si cowok kere dengan Nihan si cewek gedongan itu udah punya 70 episode dalam total 2 season.

Drama ini punya plot twist yang bikin penontonnya bersimpati sama si Romeo-Juliet ala Turki. Selain ke Bahasa Indonesia, “Endless Love” juga diterjemahin ke Bahasa Italia, Persia, Spanyol dan laris di Iran, negara-negara Eropa Timur, juga Chile.

3. “Pangako Sa’Yo” (Filipina)

Buat yang belum nonton, “Pangako Sa’Yo” atau dikenal juga “Drama Buenavista” juga nyeritain percintaan beda kasta, antara Angelo Buenavista si cowok anak politikus tajir dengan Yna Macaspac si cewek anak pensiunan polisi sederhana. Bedanya, percintaan dua sejoli itu gak semiris dan sedewasa Kemal-Nihan.

Drama yang tamat dalam 190 episode di 2 season itu cocok banget ditonton sama remaja-remaja hingga awal usia 20an. Buat cowok-cowok, siap-siap jatuh cinta sama kecantikan mukanya si Kathryn Bernardo, pemeran Yna Macaspac yang tetap manis meski udah dimake-up jelek sekalipun. Yang cewek sih jelas bakal kepincut Daniel Padilla si Angelo karena selalu tampil oke.

4.  Ugly Duckling (Thailand)

Ugly Duckling mengisahkan Junior, seorang cewek cakep, punya pacar ganteng, dan populer yang sering dicengin pipinya tembem. Gak suka, doi operasi pelastik tanpa mengetahui kalo sebenernya kulitnya sensitif sama bahan-bahan kimia. Oplasnya jelas gagal dan kulit doi ditumbuhi banyak jerawat.

Karena mukanya gak mulus, pacar dan temen-temennya ninggalin. Doi pun minta disekolahin ke kampus bagus di area pinggiran yang punya rumah sakit riset. Ceritanya aneh, kan? Kalo udah nonton lawakannya pasti lebih aneh lagi. Meski begitu, lakorn (istilah Thailand untuk sinetron) yang punya 31 episode dalam 4 season itu bagus banget, kok.

5. 91 Days (Anime)

Sebuah anime Jepang yang nyeritain mafia Italia di Amerika Serikat di tahun 1920an? Kenapa gak! “91 Days” sajiin perjalanan Angelo Lagusa, seorang pria muda yang keluarganya terbunuh dalam perang mafia bertekad balas dendam ke Keluarga Vanetti. Satu-satunya cara adalah dengan menyusup.

Misi 91 hari Angelo yang ganti nama jadi Avilio Bruno itu terangkum dalam total 12 Episode penuh intrik. Meski animasinya bergaya jepang, “91 Days” terasa realistis karena animenya gak ada sihir-sihiran. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.