Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Kabar buruk nih buat kamu yang suka berlama-lama ngabisin waktu buat tidur siang. Abis ini, kamu sebaiknya nyesuain lagi waktu tidur siang kamu, Kawan Muda!

Sebagian di antara kamu mungkin percaya kalo tidur siang bisa ngembaliin keadaan emosi, fisik, dan mental. Dengan tidur siang, bukan berarti kamu berusaha nunda-nunda kerjaan atau nyantai-nyantai doang. Justru, tidur siang secara engga langsung udah turut ngebantu kamu supaya kembali produktif.

Sayangnya, di sisi lain tidur siang ternyata juga punya efek samping. Menurut sebuah riset terbaru, tidur siang sebenarnya engga begitu ngebantu bagi kesehatan kita kayak yang selama ini kita pikir. Lebih tepatnya, kalo kamu tidur siang kelamaan, kamu bisa ngebahayain kesehatan kamu loh, Kawan Muda!

(Sumber: theodysseyonline.com)

FYI, riset dari Dr Tomohide Yamada itu udah ngelacak data dari 300 ribu orang yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Hasil analisisnya ngungkapin bahwa tidur siang lebih dari 40 menit secara teratur bisa ningkatin risiko berkembangnya sindrom metabolik secara signifikan.

Dengan kata lain, kalo kamu tidur siang kelamaan, kamu bisa ngalamin komplikasi penyakit, kayak misalnya tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan lemak di sekitar bagian pinggang. Apalagi kalo kamu tidur siangnya sampai 90 menit, yang ada risiko kamu buat terkena diabetes tipe 2 bakal meningkat sampai 50%. Kurang gokil apalagi coba tuh?

(Sumber: huffingtonpost.com)

Namun demikian, kamu engga perlu panik, Kawan Muda. Tidur siang singkat masih bisa bermanfaat buat kamu kok. Riset Dr Yamada cenderung lebih fokus ke orang-orang yang rutin tidur siang lebih lama, jadi kamu engga perlu khawatir yang gimana-gimana kalau kamu cuma tidur siang kurang dari 40 menit.

Di samping itu, usahain buat selalu tidur kurang lebih sekitar 8 jam di malam hari (dibagi jadi segmented sleeping juga engga masalah). Kalo ternyata kamu belum berhasil dan ngerasa lelah di siang harinya, pasang aja alarm supaya kamu bisa tidur dan bangun lagi setelah nutup mata selama 20-30 menit.

Meski begitu, perlu diingat pula jika kamu sebaiknya engga terus-terusan ngandalin tidur siang buat ngeganti tidur kamu yang kurang di malam hari. Tidur di malam hari harus tetap jadi prioritas kamu. Tidur siang kurang dari 40 menit bisa kamu lakuin kalo kamu benar-benar butuh tidur tambahan. Penting diinget, kalo maksain tidur siang dan kelamaan, yang ada kamu malah bakal pusing loh. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer