Rabu, 8 Februari 2023

Genmuda – Belum ada setahun ngerilis iPhone 7 dan 7 Plus yang punya banyak fitur keren, Apple udah siap-siap ngebangun iPhone 8. Desain ponselnya dipercaya bikin dunia teknologi heboh waktu iPhone pertama kali meluncur 10 tahun lalu.

Kabarnya emang belum dikonfirmasi Apple, tapi gerak-gerik mereka udah mengarah ke situ. Salah satu cirinya bisa keliatan di iPhone 7 dan 7 Plus yang engga punya colokan headphonenya. Engga mungkin Tim Cook sebagai CEO Apple berhenti berinovasi sampe situ doang.

Berdasarkan rumor di dunia maya, iPhone 8 bakal rilis sekitar Juni bertepatan dengan 10 tahun keberadaan iPhone di dunia. Di bawah ini adalah persiapan yang udah dilakuin Apple demi ponsel terbarunya.

1. Wireless charging

via handy-abovergleich.ch
(Sumber: handy-abovergleich.ch).

Engga puas sama headset nirkabel, Apple juga siapin charger nirkabel. Produsen elektronik partnernya Apple, Foxconn udah menguji coba charnger nirkabelnya kok, seperti diberitain Nikkei.com, Oktober 2016.

2. Makin tahan air

via techtimes.com.
(Sumber: techtimes.com).

Karena sistem pengisian baterainya engga pakai kabel, otomatis lubang chargernya engga ada. Dengan begitu, iPhone 8 bakalan makin tahan air dari sebelumnya. Kadar tahan hairnya bakalan IP68, seperti yang diungkap TheInvestor.co.kr, Januari lalu. FYI, kadar tahan air iPhone 7 dan 7 Plus baru IP67.

3. Augmented Reality

via handy-abovergleich.ch.
(Sumber: handy-abovergleich.ch).

Fitur dual kamera belakang juga bakalan balik lagi. Kali ini, dengan tambahan augmented reality yang memungkinkan kamu memproyeksikan gambar 3D ke dalam dunia nyata yang ditangkap oleh kamera di layar. Selain itu, iPhone 8 juga bakal mengenal muka dan objek yang lagi disorot kamera. Teknologinya udah tersedia kok di iOS, seperti yang diberitain CNet.com, 23 Januari lalu.

4. Layarnya Edge

via handy-abovergleich.ch
Layarnya dari ujung ke ujung. (Sumber: handy-abovergleich.ch).

Selanjutnya layar Apple iPhone 8 kemungkinan besar bakalan sampe ujung. Bisa jadi, ujung layarnya bakalan melengkung seperti Samsung Galaxy S8 Edge. Yang pasti, WSJ.com, November 2016 mastiin kalo kualitas gambarnya bakal lebih gokil dari sang rival.

5. Tombol Home Virtual

via handy-abovergleich.ch
Konsep iPhone 8. (Sumber: handy-abovergleich.ch).

Tombol Home iPhone 7 dan 7 Plus kan udah disentuh doang ya, dan bisa jadi tombol home di iPhone 8 beneran bakal berbentuk virtual. Dengan kata lain, bagian depan ponselnya bakalan full layar. Teknologi seperti itu udah ada kok di touch bar pada MacBook Pro terbaru.

6. Bodinya back to basic

via Mashable.com
(Sumber: Mashable.com).

Apple katanya bakal ninggalin bodi aluminium dan kembali beralih ke campuran kaca-mika dan besi anti karat seperti di iPhone 4. Cnet.com, Januari lalu bilang kalo Foxconn udah dalam tahap memproduksi bodi seperti itu.

7. Retina unlock dan Apple Pencil

via handy-abovergleich.ch.
(Sumber: handy-abovergleich.ch).

Yang terakhir ini murni prediksinya situs Handy Abovergleich. Berdasarkan konsep mereka, iPhone 8 bakalan punya pemindai retina dan layarnya bisa difungsiin pakai Apple Pencil. Makin keren aja nih. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.