Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Hari gini siapa sih yang engga pake laptop? Apalagi di jaman serba digital ini, tentu kamu dituntut untuk tetap mobile, entah buat ngerjain tugas sekolah, ngerjain skripsi, atau mungkin cuma sekedar main game. Cuma yang jadi masalahnya di depan laptop lama-lama juga bisa bikin Kawan Muda sakit, untuk itu Genmuda mau kasih 7 tips agar tetap sehat menggunakan laptop.

Gunakan layar yang besar

Laptop layar besar dan kecil (c) Gizmodo
Laptop layar besar dan kecil (c) Gizmodo

Laptop dengan layar yang kecil dan imut emang enak dibawa ke mana-mana, tapi sayangnya bisa bikin mata kamu lelah kalau udah dipake berjam-jam. Carilah laptop yang berlayar besar agar mata kamu engga cepat lelah pas baca teks di layar. Udah banyak kok laptop ukuran di atas 13 inci yang ringan dan engga tebel, contohnya Ultrabook. Kalau misalnya kamu ngerasa mata kamu cepat lelah, usahakan kurangi tingkat kecerahan layar kamu dan perbesar font yang kamu pake.

Setarakan layar dengan posisi mata

Laptop Ergonomic
Laptop Ergonomic (c) Safecomputingtips

Buat kamu yang belum punya meja laptop, apalagi kamu anak kos yang biasanya males banget beli karena uang jajan selalu engga cukup (kebanyakan dipake nongkrong/ngerjain tugas), usahakan kamu punya cara untuk setarain posisi layar laptop kamu tepat dengan posisi mata kamu dan berikan jarak sekitar 1 lengan. Kamu bisa coba pake stand laptop atau buku tebal supaya posisinya bisa bikin kamu lebih nyaman.

Jangan membungkuk

ilustrasi pemakaian laptop (c) blogger
ilustrasi pemakaian laptop (c) google

Kamu tau engga kenapa notebook juga sering disebut dengan laptop? Karena laptop bisa dipake di atas pangkuan kamu (on top of your lap). Tapi walaupun begitu, bukan berarti kamu harus terus-terusan mangku laptop ya, karena posisi seperti ini bakalan ngebuat posisi badan kamu membungkuk. Kalaupun harus ngerjain tugas di dalam mobil atau kereta, seenggaknya pake alas tambahan misalnya tas kamu supaya posisi laptop tadi engga terlalu rendah.

Gunakan keyboard eksternal

Salah satu keyboard populer (c) Google
Salah satu keyboard populer (c) Google

Siapa bilang keyboard eksternal cuma dipake buat komputer desktop doang? Ternyata keyboard eksternal ini berguna banget gaes buat kamu yang sering banget gunain laptop dengan jangka waktu yang cukup lama. Posisi keyboard yang baik adalah membentuk sudut 90° pada lengan pas kamu lagi ngetik. Usahakan tangan dan bahu kamu relaks, tentunya hal ini bisa ngurangin munculnya rasa nyeri pada otot lengan dan punggung.

Gunakan mouse

ilustrasi Mouse beneran (c) mmgn
ilustrasi Mouse beneran (c) mmgn

Senyaman-nyamannya touchpad laptop kamu, mouse masih lebih efisien dan akurat bila dibandingkan dengan touchpad. Posisi mouse juga kurang lebih sama dengan keyboard eksternal. Pastiin pergelangan tangan kamu tetap lurus pas kamu sedang make mouse (inget ya mouse komputer, bukan tikus beneran).

Gunakan kursi yang dapat diatur

Posisi duduk sehat
Posisi duduk ideal (c) spine-health

Pemilihan kursi yang tepat sangat penting Kawan Muda. Kalau kursi kamu bisa diatur, kamu bisa nyesuain tinggi dan posisi yang pas agar punggung kamu ditopang dengan baik sama kursi. Atur aja sesuai kebutuhan, jangan sampe terlalu rendah atau terlalu tinggi. Usahakan kaki kamu bisa menginjak lantai dengan sempurna, engga jinjit ataupun terlalu pendek.

Istirahat sejenak

Santai kaya di pantai (c) Paulstallard
Santai kaya di pantai (c) Paulstallard

Istirahat setiap setengah jam itu penting banget loh gaes, seenggaknya palingkan mata kamu dari layar sejenak dan coba untuk ngeliat objek yang jauh (sekalian hunting mamang baso misalnya) agar mata kamu engga cepat lelah dan rusak. Selain itu kamu juga bisa ngelakuin beberapa gerakan pada leher, bahu, tangan, dan kaki untuk mencegah rasa pegal. Setiap satu atau dua jam, kamu bisa coba berdiri dan berjalan sebentar supaya aliran darah kamu mengalir dengan lancar.

Sekarang tinggal kamu lakuin aja dan lihat hasilnya, dijamin bisa dapat lebih banyak inspirasi ketimbang nyeri-nyeri. Selamat mencoba. (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast