Minggu, 1 November 2020

Genmuda – Kebakaran baterai yang bikin citra Samsung terjun bebas di mata publik beberapa bulan lalu terobati sudah pada Rabu (29/3). Pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu luncurin paling engga 7 terobosan baru yang mengundang respon positif.

Ada produk Galaxy terbaru yang jelas jadi primadona di acara. Menurut presiden Samsung, DJ Koh, ponsel itu merupakan “A new era of smartphone design. Era without edges or limits.”

Akan tetapi, Genmuda.com lebih suka dengan produk yang diumumin paling terakhir. Produk yang bikin ponsel Android itu berfungsi layaknya komputer. Cek di bawah ini biar paham penjelasan singkat-padat soal produk terbaru Samsung.

1. Galaxy S8

via arstechnica.net
(Sumber: arstechnica.net)

Akhirnya datang juga setelah proses perancangan selama tiga tahun. Layar ponsel itu begitu luas sampai-sampai hampir mentok ke ujung kiri-kanan bodi yang melengkung. Karena lapak tombol home, back, dan menu juga kemakan layar seluas 5,8 inch, tiga tombol wajib itu berubah jadi bentuk virtual.

Tampilan layarnya punya resolusi 2960 x 1440 pix yang intensitasnya 570ppi. Tiap warna atau apapun yang ditampilin layar bersertifikat HDR Premium itu bakal tajam bukan main dan detil.

Ponsel yang punya pemindai sidik jari, mata, dan wajah ini dilengkapi kamera belakang 12 MP. Kombinasi Apperture f1,7, sensor kamera dual-pixel, dan prosesor kamera itu bikin gambar dengan pencahayaan sedikit keliatan lebih ciamik. Sementara itu, kamera depannya yang 8 MP dilengkapi fitur auto focus yang mengenali wajah.

Supaya ponsel octa-core processor itu engga cepet di-charge, Samsung menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang udah dites bebas kebakaran. OS Android 7.0 Nougat dan fitur tahan air jadi nilai plus ponsel ini.

2. Galaxy S8+

via androidcentral.com
Kiri adalah Galaxy S8+ yang lebih besar dari S8 d kanan. (Sumber: androidcentral.com)

Kalo mau yang plus-plus, ada kok yang namanya Galaxy S8+. Semua fitur Galaxy S8 biasa ada di ponsel ini. Bedanya, baterai ponselnya dibikin lebih besar dengan kapasitas 3.500 mAh. Layarnya juga dibuat lebih besar, hingga jadi 6,2 inch.

Satu yang engga ketinggalan, tiap ponsel premium itu langsung dibundling sama headset AKG senilai 99 dolar AS. Presentasi teknologi baru Samsung itu engga ngumumin soal harga Samsung S8 dan S8+. Akan tetapi, diprediksi harganya berkisar 720 dolar AS.

3. Bixby

via Cnet.com
(Sumber: cnet.com)

Samsung juga luncurin asisten pintar doi. Meski engga bisa diajak ngomong seperti kebanyakan AI, Samsung Bixby cukup cerdas untuk memahami konteks kalimat perintah. Misalnya kamu lagi buka peta dan kepada Bixby mengucapkan perintah yang samar-samar seperti “capture this and send to Cindy,” AI anyar Samsung langsung tau kalo yang dimaksud capture this adalah screen capture.

Sementara itu, karena ada banyak kontak bernama Cindy di ponsel, AI itu langsung ngasih pilihan beberapa kontak Cindy yang tersimpan di ponsel. Kepintaran Bixby juga memungkinkan penggunanya mencari gambar di internet atau toko online tertentu berdasarkan sebuah produk yang di foto kamera belakang.

4. Aplikasi Samsung Connect

via cnet.com
Samsung Connect lagi mengontrol vacum cleaner pintar. (Sumber: cnet.com)

Samsung juga luncurin aplikasi pengontrol smart devices saat acara yang bernama Samsung Connect. Melalui koneksi internet, pusat kontrol itu bisa memantau segala aplikasi pintar di rumah, mobil, dan kantor yang terhubung dari dalam genggaman.

5. Router Samsung Connect Home

via digitaltrends.com
Selain jadi terminal koneksi smart devices, Samsung Connect Home juga jadi router WiFi yang oke. (Sumber: digitaltrends.com)

Nah, Router Samsung Connect Home ibarat “pengepul.” Tiap smart devices yang dimiliki bisa dihubungkan ke router itu dan routernya bisa dihubungin ke aplikasi Samsung Connect. Diharapkan, cara itu bikin hubungan apps ke tiap perangkat pintar jadi lebih bebas hambatan.

6. All new Gear 360

via uploadvr.com
(Sumber: uploadvr.com)

Kamera 360 ini bisa ngerekam gambar hingga kualitas 4K, kualitas tertinggi yang ada di dunia hingga tulisan ini diketik. Karena sekarang lagi jamannya apa-apa live, gambar yang direkam Gear 360 juga bisa langsung di broadcast langsung ke FB, YouTube, atau Samsung VR.

7. Samsung DeX

via cnet.com
Samsung DeX bikin ponsel berfungsi kayak komputer. (Sumber: cnet.com)

Inilah favoritnya Genmuda.com. Perangkat yang bikin Android terhubung ke monitor, keyboard, dan mouse ini bakal berguna banget bagi siapa pun yang pengen ponselnya jadi perangkat kerja layaknya komputer. Buat menambah fungsinya, Samsung DeX juga dipasangi program-program MS Office. Dari 7 poin di atas kamu suka yang mana? Kasih tau Genmuda.com ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.