Rabu, 19 Juni 2024

Genmuda – Dalam sebuah film, yang bakal banyak disorot biasanya adalah para pemain utamanya. Meski begitu, bukan berarti para pemain pendukung engga bisa nyuri perhatian kayak para pemain utama loh, Kawan Muda.

Sama kayak pemain utama, berperan sebagai pemain pendukung pada dasarnya juga punya tantangan tersendiri. Lebih daripada itu, mau peran utama atau pendukung, sebenarnya yang paling penting justru lebih kepada gimana si aktor/aktris ngedalamin karakternya.

Singkatnya, kadang karakter pemain pendukung mungkin engga begitu tergali dengan baik. Tapi, di kesempatan lain engga jarang justru merekalah yang jadi magnet bagi film yang mereka bintangin, sampai-sampai ngalahin pamor para pemain utamanya. Berikut ini adalah 7 dari sekian banyak contoh aktor/aktris pendukung yang sukses nyuri perhatian penonton:

1. Heath Ledger

(Sumber: moviepilot.com)

Sebagian besar dari kamu pun pasti setuju banget kalau doi emang benar-benar udah nunjukin totalitas tanpa batas lewat perannya sebagai Joker di ‘The Dark Knight’. Walau Christian Bale sukses meranin Batman, tetap aja daya tarik doi engga bisa dilupain dari ingatan. Sayang, doi keburu meninggal enam bulan jelang perilisan film fenomenal ini.

2. Jennifer Hudson

Jennifer Hudson bisa dibilang merupakan salah satu contoh sempurna bahwa engga jadi juara suatu ajang pencarian bakat bukanlah akhir dari segalanya. Justru, perjalanan karir doi baru aja dimulai di film ‘Dreamgirls’. Iya sih penampilan Eddie Murphy emang keren banget di film tersebut. Tapi, penampilan sang jebolan American Idol 2003 saat ngebawain ‘And I Am Telling You I’m Not Going’ benar-benar luar biasa. Engga heran, doi sukses nyabet beragam penghargaan buat kategori aktris pendukung terbaik.

3. Harrison Ford

(Sumber: hypebeast.com)

Engga kalah keren dari Heath Ledger, ada pula salah seorang seniornya, yaitu Harrison Ford. Peran ikonik beliau sebagai Han Solo udah sukses menuai banyak pujian dan kekaguman dari para pecinta film lintas generasi. Lewat perannya tersebut, beliau dengan mudah nyuri perhatian dari para pemain ‘Star Wars’ lainnya. Ibaratnya, karakter Han Solo cuma beliau doang deh yang bisa meranin.

4. Chloë Grace Moretz

(Sumber: burlingtoncmo.org)

Peran Chloë sebagai Mindy McCready/Hit-Girl di film ‘Kick-Ass’ emang sempat menuai kontroversi. Meski begitu, doi sebenarnya sukses jadi pusat perhatian dengan nampilin karakter yang engga cuma berbahaya, tapi juga lucu dan penuh gaya. Bahkan, banyak penonton akhirnya sampai berharap Hit-Girl bisa tampil di filmnya sendiri.

5. Saykoji

(Sumber: keyword-suggestions.com)

UPDATE: Sosok Saykoji lebih dikenal sebagai seorang rapper, namun demikian, bukan berarti dirinya engga bisa bikin orang-orang tercengang lewat perannya sebagai Ian di film ‘5 cm’. Kehadiran doi justru ngasih warna tersendiri buat film yang diangkat dari novel tersebut. Doi pun sampai masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik di ajang penghargaan Festival Film Indonesia 2013.

6. Happy Salma

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Berperan sebagai seorang PSK tentu bukanlah hal yang mudah, meskipun hanya peran pendukung. Tapi, tantangan tersebut udah berhasil ditaklukin oleh Happy Salma dalam film ‘7 Hati 7 Cinta 7 Wanita’. Aktingnya yang begitu total dan penuh penjiwaan sukses ngebawa doi ngeraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2010, sekaligus ngalahin Intan Kiflie, lawan mainnya, yang juga masuk dalam nominasi tersebut.

7. Dennis Adhiswara

(Sumber: AADC2)
(Sumber: AADC2)

Nah, kalau yang ini mah sama aja kayak Heath Ledger, udah engga perlu diraguin lagi. Setiap kali ngelihat doi, yang ada di otak biasanya pasti sosoknya saat meranin Mamet di film ‘AADC’ maupun ‘AADC 2’. Walau ratusan purnama berlalu, sosok doi sebagai Mamet tetap aja susah buat dilupain. Kalau engga ada doi, ‘AADC’ dan ‘AADC 2’ dijamin bakal jadi kurang petjah! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer