Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Selamat hari Kartini, para wanita Indonesia. Walaupun hari Kartini udah lewat, tapi semangatnya jangan ya. Semangat perjuangan Kartini untuk membuat para wanita Indonesia bersinar di segala bidang engga mesti dirayain di satu hari aja, tapi setiap hari.

Kalo Kawan Muda inget, jaman sekarang makin banyak loh wanita Indonesia yang bawa nama Indonesia terus bersinar di kancah luar negeri.  Terus siapa aja sih sosok wanita kebanggan Indonesia? Yuk disimak, biar kamu juga terus terinspirasi.

1. Sri Mulyani – Menteri Keuangan

Siapa coba yang engga tau ibu yang satu ini? Yap, ibu Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan Indonesia di masa jabatan Pak Jokowi sekarang. Dilansir dari kompas.com, ibu Sri Mulyani adalah “Top Influencer” tokoh perempuan 2017. Ini berdasarkan perhitungan 14 juta berita yang ditulis oleh 1.525 media online di Indonesia.

Selain itu, doi adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Selanjutnya beliau pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia tahun 2006, wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008, dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia tahun 2007. Keren!

2. Tri Rismaharini – Walikota Surabaya

Wanita yang lebih dikenal dengan sebutan Bu Risma ini adalah wanita pertama yang dipilih langsung buat jadi walikota dan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berkali-kali masuk ke daftar pemimpin terbaik dunia. Selama kepemimpinannya, Surabaya selalu dapet piala Adipura dari tahun 2011-2014.

Selain itu, beliau juga ngebawa Surabaya jadi yang terbaik di tingkat Asia Pasifik dalam bidang data center dan inklusi digital. Bu Risma sendiri dinobatkan sebagai walikota terbaik di dunia pada tahun 2014, dan masuk sebagai 50 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Fortune, bareng sama tokoh macem Mark Zuckerberg. Bangga ya!

3. Dian Pelangi – Desainer

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on


Cewek yang berpengaruh di dunia fashion hijab ini sampe sekarang emang terus menorehkan prestasi. Awalnya, doi cuma salah satu founder dari “Hijaber Community”, tapi lama kelamaan, doi terus jadi influencer para hijaber di Indonesia dalam hal berbusana. Untuk pertama kalinya, mbak Dian ini ikut fashion show di Melbourne, dan sejak saat itu, dirinya terus ikut peragaan busana kelas dunia, macem “London Fashion Week”, “Couture Fashion Week”, dan “Jakarta Fashion Week”.

Yang bikin bangga lagi, Dian pernah ngisi kuliah umum tentang Fashion Hijab di Harvard University, New York University dan juga Parsons School of Design. Sampe sekarang, doi masih jadi Brand Ambassador dari beberapa produk dan ngisi talkshow tentang Entrepreneur serta Fashion Hijab.

4. Dian Sastro – Aktris

©Genmuda.com/2016 BBB
Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ©Genmuda.com/2016 BBB

Beda Dian, beda prestasi. Kaya yang udah kita tau, Dian Sastro ini berhasil memerankan peran sebagai Ibu Kartini di film Kartini, karya Hanung Bramantyo ini. Pemeran utama wanita terbaik dalam film AADC, Festival Film Indonesia di tahun 2004 ini selalu menyuguhkan akting yang apik. Masih inget kan kamu sama perannya di film “AADC 2” yang baru berapa hari ditayangin aja, bioskop selalu penuh sama penonton.

Engga cuma itu, doi adalah aktris terbaik di Festival Film Asia Deauville Prancis dan Festival Film Internasional Singapura. Selain menggeluti seni peran, lulusan magister Filsafat UI ini juga menggeluti dunia olahraga. Kalo kamu liat di Instagramnya, doi sering banget ngepost foto lagi lari. Dan tentunya, ini adalah satu pesan buat para fansnya, untuk menerapkan gaya hidup sehat.

5. Liliyana Natsir – Atlet bulutangkis

20160816 - tontowi liliyana natsir
Ekspresi kemenangan Owi/Butet waktu ngalahin pasangan bulutangkis nomer satu Zhang/Zhao di Olimpiade Rio, Senin dini hari (15/8).

Engga usah diragukan lagi, atlet yang satu ini udah jelas banget banyak prestasinya. Temen duetnya Tontowi Ahmad saat memenangkan medali emas di Olimpiade 2016, di Rio de Janiero Brasil ini punya lagi segudang prestasi. Doi adalah satu dari dua pebulutangkis Indonesia yang dapet gelar juara dunia sebanyak 3 kali!

Dilasir dari viva.co.id, di tingkat Asia Tenggara, Butet udah ngumpulin 5 medali emas dari nomor ganda campuran dan beregu putri. Walaupun doi cuma dapet medali perak di Asian Games 2014, tapi cewek keturunan Manado ini tercatat pernah dapet gelar Taiwan Open GPG 2007, China Masters Superseries 2007, Indonesia Open 2008 dan Final Superseries 2008 serta Piala Uber 2008. Wah banyak banget ya gelarnya, bangga!

Kalo tokoh favorit kalian siapa nih, gengs? Share di kolom komentar ya!

 

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.