Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Penangkapan tersangka korupsi di negara ini tuh, saking seringnya, kita jadi udah engga kaget lagi. Yang ada malah mikir, “Hayo, habis ini siapa lagi nih yang kena?”

Yang paling baru, adalah berita penangkapan seorang anggota DPR terduga penerima suap lewat operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Rabu (13/1) malam. Anggota DPR ini berinisial DWP (bukan acara musik ajep-ajep itu ya!), yang belakangan diketahui sebagai Damayanti Wisnu Putranti, legislator dari PDI-P.

DWP ini diduga menerima suap dari seorang suruhan pengusaha untuk melicinkan protek pembangunan jalan di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penangkapan dilakukan KPK di sekitar kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Operasi tangkap tangan ini emang metode yang paling ampuh banget guys. Coba, kalau kamu ada di posisi yang ketangkep, rasanya tuh kayak ke-gep lagi ngelakuin kejahatan/kesalahan, terus dibilang, “Kena deh!”, dan kamu engga bisa ngelak lagi.

Nah selain korupsi, ini dia nih beberapa peristiwa tangkap tangan lainnya yang bisa aja kejadian sama kamu. Awas tiati!

 

  1. Ketangkep nyontek

Buat umur-umuran anak muda gini (khususnya yang masih sekolah dan kuliah), peristiwa tangkap tangan yang paling sering terjadi adalah ketangkep nyontek. Pasti deh tiap ujian, ada aja temen (atau bahkan kita sendiri), yang ke-gep lagi nyontek. Apalagi kalau ketauannya pas buka kebetan, duh udah engga bisa ngelak lagi deh. Barang bukti ada, saksi ada, tinggal tunggu diseret ke pengadilan aja.

  1. Ketangkep nyogok

Ini sama aja sama suap yang dilakuin para pejabat, bedanya cuma dalam skala yang lebih kecil. Kamu mungkin emang engga ngelakuin penyogokan sampe bermilyar-milyar sih, tapi tetep aja sama dosanya. Apalagi kalau sampe ketauan. Misalnya, nyogok abang parkir biar boleh parkir di slot dosen, nyogok petugas TU biar boleh ngumpulin tugas telat, sampe nyogok polisi pas ada razia di jalanan.

  1. Ketangkep nyuri

Yang punya hobi (baca: penyakit) klepto, tiati nih, hobi kamu ini rawan banget sama yang namanya penangkapan. Mending kalau nyuri nya yang kecil-kecil aja, kayak pulpen nganggur, makanan sisa, atau nyuri uang receh dari dompet mama. Kalau nyuri hati aku kan repot! (JANGAN MUNTAH YA)

  1. Ketangkep tidur

Di kelas, siang-siang, abis makan, angin sepoi-sepoi, siapa yang engga kegoda buat tidur. Biasanya nih hawa-hawa ngantuk udah engga bisa ditahan deh, mau maksain belajar juga engga konsen. Boleh sih tidur, tapi hati-hati ya kalau sampe lagi jam pelajaran guru/dosen yang killer. Jangan sampe, “KAMU YANG DI BELAKANG! TIDUR YA?! IYA KAN?! NGAKU DEH!” “AMPUN PAAAK, CUMA MEREM AJA KOK!”

  1. Ketangkep selingkuh

Dan peristiwa tangkap tangan yang lebih menyeramkan adalah kalau ketangkep lagi selingkuh. Koruptor di Indonesia sih enak, udah hukumannya bisa dikurang-kurangin, dapet fasilitas penjara yang kayak hotel, engga dihujat orang pula. Lah kalau yang ketauan selingkuh? Bisa-bisa ditampar bolak-balik, diteriakin di mall, udah gitu masih juga diomongin satu sekolah/kampus! Makanya, main aman guys! Hi-hi. (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥