Jum'at, 9 Desember 2022

Genmuda – Kabar buruk buat kamu para pengguna Tumblr nih, Kawan Muda. Situs jejaring sosial itu kabarnya bakal diblokir sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Menurut laporan berbagai sumber, pihak Kemenkominfo udah ngirimin surat ke perusahaan Internet Service Provider (ISP) buat ngeproses pemblokiran Tumblr dan 477 situs lainnya. Tumblr dan ratusan situs tersebut dianggap udah memuat konten-konten berbau pornografi.

Meski begitu, sebagian besar ternyata netizen ternyata cenderung nolak alias engga ngedukung keputusan Kemenkominfo itu lewat berbagai tagar kayak #SaveTumblr, #TolakBlokirTumblr, dan #BloggerMelawan. Saking engga setujunya para netizen dengan kebijakan tersebut, Trending Topic Twitter Indonesia pun akhirnya ikut dibanjirin sama topik Tumblr.

Bukan cuma itu, seorang netizen bahkan sampai berinisiatif buat ngebikin petisi di Change.org. Petisi tersebut dibuat oleh Tumblogger KITA dan ditujuin langsung buat Menteri Kominfo Rudiantara. Cuma dalam hitungan jam, petisi tersebut udah didukung sama lebih dari 10 ribu orang loh, Kawan Muda.

So, sambil nunggu gimana tanggapan Pak Rudiantara atas penolakan para netizen, yuk simak dulu beberapa hal yang bakal terjadi kalau Tumblr sampai benar-benar diblokir. Ya Genmuda.com sih berharapnya semoga aja sih engga sampai diblokir, Kawan Muda.

  1. Makin susah nyari GIF bagus

Bocoran dikit nih, Kawan Muda. Genmuda.com tuh kalau nyari GIF buat berita atau artikel biasanya ya ke Tumblr. Iya sih situs-situs kayak GIPHY atau Imgur memang udah nyediain GIF. Tapi, engga bisa diungkiri kalau GIF di Tumblr itu sering kali jauh lebih bagus dari pada di situs-situs tersebut.

Nah, bayangin deh gimana jadinya kalau sampai Tumblr engga bisa diakses lagi di Indonesia. GIF bagus makin susah dicari ‘kan? Mau engga mau ya ujung-ujungnya pakai GIF yang udah ada aja. Padahal, GIF yang udah ada belum tentu bisa ngegantiin GIF di Tumblr.

  1. Portofolio digital berkurang

Ini dia sebenarnya yang paling dipermasalahin sama para netizen. Edward Tirta misalnya, sebagai seorang pengguna Tumblr aktif dan founder Komunitas KITA yang berdiri dan besar di Tumblr, doi ngelihat kalau Tumblr itu udah jadi tempat buat banyak anak muda nyalurin kreativitas dan hal-hal positif. Tumblr udah jadi “media” buat nyalurin hobi kayak nulis atau fesyen dan bahkan mampu ngasih “informasi tentang lingkungan sekitar masyarakat”.

Dengan demikian, pemblokiran Tumblr otomatis bakal ngurangin wadah portofolio digital bagi para anak muda yang mau berkarya, termasuk kamu tentunya. Kalau pihak Kemenkominfo bisa ngejamin bakal ngasih wadah baru yang engga kalau keren dari Tumblr, mungkin situasinya bakal beda.

  1. Blogger malas berkarya

Nah loh! Sekarang aja para blogger udah pada kompakan buat beramai-ramai nolak keputusan Kemenkominfo buat ngeblokir Tumblr. Kalau Tumblr benar-benar diblokir, bisa jadi yang ada mereka malah jadi malas dan mogok buat berkarya lagi.

Hal ini pun masih terkait banget sama poin yang sebelumnya. Kalau wadah atau sarana penyalur karyanya aja engga ada, para blogger tentu bakal lebih sulit buat terus berkarya. Intinya, harus ada solusi lebih lanjut kalau memang Tumblr harus banget diblokir.

  1. Makin banyak situs populer yang diblokir

Sekarang Tumblr, nanti apa? Pinterest, Facebook, Twitter, Instagram, atau bahkan Google aja sekalian? Batasan situs yang dianggap ngandung unsur pornografi sama yang engga malah jadi makin engga jelas. Kalau gini terus, Indonesia bakal sama aja kayak Tiongkok, yang apa-apa serba diblokir.

Lagi pula, percuma aja kalau situsnya diblokir, tapi engga ada sosialisasi dan edukasi lebih lanjut buat masyarakat. Yang bermasalah di sini ‘kan sebenarnya ada segelintir orang yang nyalahgunain Tumblr buat ngeakses maupun ngebagiin konten porno. Kalau kontennya dari awal engga dicari, ya konten tersebut engga bakal ketemu dan engga bakal ada.

  1. Kembali ke jaman batu

Kalau segala sesuatunya udah engga bisa diakses lagi, mending kita kembali ke jaman batu aja. Percuma juga ‘kan ada internet kalau engga bisa digunain? Apalagi sekarang jaman udah serba medsos, situs yang dibuka orang-orang tentu udah makin beragam. Sampai ketemu di jaman ‘The Flintstones’ deh, Kawan Muda!

Update: Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, Ismail Cawidu mengatakan kalo kasus ini belum dalam keputusan final. Artinya masih akan ada pertemuan lanjutan dan pihak Kemenkominfo sudah mengirimkan surat kepada Tumblr untuk mengeluarkan self-censorship terhadap konten pornografi kepada akun-akun yang memanfaatkan layanan tersebut. (sds) 

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer