Rabu, 15 Juli 2020

Genmuda – Pandangan TNI/Polri adalah jodoh ideal sangat masuk logika. Secara finansial, pendapatan bulanannya stabil meski pangkat menengah-bawah tetap harus mencukup-cukupkan biaya hidup.

Selain itu, orang Indonesia masih memandang TNI/Polri sebagai sosok yang bisa jadi pegangan hidup. Jadi, bokap-nyokap pasti setuju saat pertama ajak si doi main ke rumah.

Hanya aja, harus banyak persiapan apabila ingin pacaran dengan petugas negara yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. Coba pertimbangkan 10 kesiapan di bawah ini sebelum Kawan Muda nembak atau menerima pernyataan cinta dari TNI/Polri.

1. Siap-siap hadapi orang idealis

via Tribun News
(Sumber: Tribun News)

Selain menggodok mental dan fisik, TNI/Polri juga menempa idealisme tiap anggotanya. Sekalinya terbentuk, idealisme itu mengakar begitu kuat sehingga gak mudah goyah. Itulah sebabnya harus bersiap debat karena orang idealis cenderung lebih sulit berkompromi.

2. Siap hidup terstruktur

Kedisiplinan anggota TNI/Polri yang terasah selama masa pendidikan dan masa pengabdian pun mustahil hilang. Kebiasaan itu malah terbawa ke kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hubungan asmara. Meski terkesan banyak peraturan, doi bermaksud baik, kok.

3. Siap ikuti pola hidup

via portal-komando.com
(Sumber: portal-komando.com)

Suka atau gak, tubuh merupakan aset utama jajaran penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Bersiaplah menerima doi dengan segala pola hidup sehatnya. Jangan tersinggung saat doi menolak diajak ke cafe karena makanannya gak sesuai dengan diet ketatnya.

4. Siap ditinggal tugas

Panggilan tugas datang gak kenal kompromi dan harus segera dipatuhi. Jadi, bersiaplah ditinggal pergi kapanpun di manapun. Lebih menyakitkannya lagi, ada kemungkinan doi pergi dan gak kembali lagi. Tapi, semoga itu gak kejadian ya.

5. Siap-siap diajak serius

Berdasarkan pengalaman penulis, anggota TNI/Polri selalu serius dalam hubungan asmara. Pacaran dipandang sebagai sarana menuju rumah tangga, bukan sekedar senang-senang masa muda. Terdengar kayak orang tua, tapi ya seidealis itulah pemikiran mereka.

6. Siap-siap godaan selingkuh

via vebma.com
(Sumber: vebma.com)

Namun, sayang. Perubahan hati pasti bisa berubah gak terkecuali bagi anggota TNI/Polri. Kawan Muda harus siap menghadapi kemungkinan ditikung saat doi dinas di lain tempat. Siap-siap juga kemungkinan kamu yang selingkuh karena kelamaan ditinggal. Namanya juga manusia kan.

7. Siap pindah-pindah

Setelah hubungan berjalan ke tingkat serius dan janur kuning melengkung, bersiap-siaplah diajak pindah tempat tinggal mengikuti penugasan doi. Kalo gak mau pindah, ya siap-siap menjalani hubungan keluarga jarak jauh karena panggilan tugas gak pernah bisa dibantah.

8. Siap belajar geografi

via peloporwiratama.co.id
(Sumber: peloporwiratama.co.id)

Mau gak mau, kamu juga harus menyerap banyak geografi dari cerita doi soal lingkungan di tempat dinasnya. Doi mungkin cerita soal topografi area perbatasan yang jauh dari mana-mana, mungkin juga cerita soal demografi warga daerah yang unik.

9. Siap jadi contoh

Karena jalin hubungan asmara dengan sosok yang dianggap sempurna di Indonesia, kamu pun harus siap jadi contoh. Orang-orang sekitar kamu pasti berharap kamu hidup sama idealis, teratur, dan amatnya seperti doi.

10. Bahaya kalo kamu punya hubungan sama seniornya

via krjogja.com
(Sumber: krjogja.com)

Senioritas yang kental selama bertugas pada akhirnya terbawa ke kehidupan bermasyarakat. Itu fakta. Dalam urusan jodoh, TNI/Polri pun masih memandang senioritas. Itu kenyataan.

Ada peraturan gak tertulis yang melarang junior menikung senior. Jadi, kalo kamu punya atau pernah punya hubungan dengan senior TNI/Polri, mending jangan dekati junior kecuali keduanya beda pasukan, penugasan, dan gak bakalan bertemu seumur hidup. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.