Kamis, 28 Mei 2020

Genmuda – Awal tahun ajaran emang momen paling tepat beli laptop baru. Kamu selalu bisa beralasan butuh laptop demi mengerjakan tugas meski kenyataannya lebih sering internetan, nonton drama korea, atau main game daripada belajar.

Buat referensi, di bawah ini adalah daftar peringkat laptop terbaique menurut survei Best & Worst Brands 2018. Biar berimbang, Genmuda.com juga sekalian masukin seberapa tahan laptop brand itu terhadap kerusakan. Cekidot.

1. Lenovo (86/100)

via ebay
(Sumber: ebay)

Lenovo mempertahankan posisi sebagai brand laptop terbaik sejak 2017. Berdasarkan banyak review, lebih dari setengah laptop Lenovo memeroleh bintang 4 ke atas. Fitur yang diperoleh dengan harganya pun sebanding, malah bisa disebut terjangkau.

Namun, Lenovo juga termasuk laptop yang rentan rusak. Sebanyak 21% pengguna mengaku laptop itu bermasalah pada tahun ketiga. Sebanyak 13% mengaku masalah datang pada tahun kedua penggunaan.

2. HP (85/100)

via laptopmag.com
(Sumber: laptopmag.com)

Kalah tipis dari Lenovo, HP berada di posisi dua. Itu terjadi karena HP banyak berbenah dan luncurin laptop berkualitas nan terjangkau selama setahun penuh. Wajar ada 35 dari 40 reviewer suka.

Namun demikian, HP pun termasuk laptop yang rentan rusak pada tahun ketiga. Angka kerusakannya mencapai 20%. Pada tahun kedua, 15% pengguna HP mengaku laptop itu mulai bermasalah.

3. Dell (82/100)

via pcworld.com
(Sumber: pcworld.com)

Laptop yang baru launch gaming seris G7 ini kalah skor lantaran ketidakseimbangan kualitas dengan kualitas. Harganya lebih mahal, tapi kualitasnya terbilang seimbang dengan Lenovo dan HP.

Selain itu, 22% pengguna Dell mengaku laptop itu rusak pada tahun ketiga. Namun, gak ada yang mengaku laptopnya rusak pada tahun kedua.

4. Acer (81/100)

via engadget.com
(Sumber: engadget.com)

Peringkat Acer naik satu tingkat dari tahun 2017 karena brand itu berani rilis laptop bagus dengan harga terjangkau. Makanya, Acer dapat skor sempurna dalam kategori perbandingan harga dengan kualitas.

Nilai plus Acer juga diperoleh dari ketahanannya. Sebanyak 23% pengguna Acer mengaku laptop itu mulai bermasalah pada tahun ketiga dan 14% bilang masalahnya udah muncul sejk tahun kedua.

5. Asus (81/100)

via amd-id.com
(Sumber: amd-id.com)

Merk besar ini kalah dari Acer lantaran minim inovasi. Meskipun demikian, harga laptop terbagus brand itu terbiang terjangkau sehingga dapat skor penuh dalam urusan itu.

Tapi, laptop ASUS lebih tahan lama. Sementara 23% pengguna Acer mengeluh, cuma ada 20% pengguna ASUS yang mengeluh pada tahun ketiga.

6. Microsoft (77/100)

via theverge.com
(Sumber: theverge.com)

Kejelekan laptop Microsoft cuma satu: Sedikit pilihan. Sistem dan desain laptop brand besar itu gak perlu ditanya lagi. Buagus banget. Makanya, harga belinya terbilang mehong. Sayangnya, 25% pengguna Microsoft mengaku laptop brand besar itu cepat rusak.

7. Apple (72/100)

via CNet
(Sumber: CNet)

Dari segi sistem, desain, dan ketahanan, Apple juara. MacBook tahun 2010 aja masih bisa dipakai tanpa lemot dan dipaksa ngedit foto di Photoshop sampai sekarang.

Sayangnya, harga semua jenis MacBook selangit. Selain itu, mayoritas orang memakai Windows sehingga jarang ada developer game yang rela menghabiskan waktu menciptakan game di MacBook.

8. Razer (70/100)

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com)

Cuma menyediakan laptop hi-tech khusus gaming dan editing, harga laptop razer pasti selangit. Namun demikian, brand yang aslinya merupakan produsen aksesoris gaming itu cuma menghasilkan produk tahan lama.

9. MSI (67/100)

via theverge.com
(Sumber: theverge.com)

Brandnya udah gede banget. Makanya, laptop MSI mehong dan cuma sedia laptop-laptop kelas atas. Sayangnya, service-center merek “langka” itu terbilang kurang cekatan menurut review.

10. Samsung (67/100)

via CNet
(Sumber: CNet)

Seandainya Samsung mencurahkan cintanya kepada laptop seperti cinta itu dicurahkan ke ponsel, pasti laptop merek Korea Selatan itu mantap. Kenyataannya, pilihan laptop Samsung sedikit dan produknya terbilang “usang” alias jadul.

Kesimpulan

via laptopmag.com
(Sumber: laptopmag.com)

Apabila bujet kamu tak terhingga, kamu selalu bisa memilih laptop “anti-rusak” macam Apple, MSI, atau Razer.

Bila kamu tercekik keterbatasan bujet, mending pilih yang logis macam Lenovo, Acer, Asus.

Kalau kamu pengen yang seimbang antara harga dengan kualitas, kayaknya laptop HP dan Dell yang paling cocok buat kamu.

FYI, data laptop favorit di atas bisa kamu liat lebih detil di Laptopmag.com sementara tingkat ketahanannya bisa dicek di jalantikus.com. Selamat memilih laptop terbaik kamu tahun ini, gaes. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.