Jum'at, 21 Februari 2020

Genmuda – Sebelum ngejual hp ke pihak lain, hal pertama yang harus kamu lakuin engga lain dan engga bukan adalah mindahin dan ngehapus semua data-data kamu. Tapi, emangnya kamu yakin banget data-data kamu udah benar-benar kehapus dari hp kamu?

Banyak di antara Kawan Muda mungkin berpikir bahwa kamu bisa ngehapus semua data yang ada di perangkat Android kamu cuma dengan ngelakuin “factory reset“. Sayangnya, kamu masih keliru. Menurut sejumlah peneliti, data kamu masih bisa dikembaliin dengan alat yang tepat, bahkan setelah kamu ngelakuin factory reset.

Lah, kenapa bisa gitu? Apa alasannya? Well, saat kamu ngehapus sesuatu, file itu sendiri sebenarnya engga ditimpa. Sistem yang ada justru cuma ngebuang semua info pada file tersebut ke ruang kosong manapun yang kamu punya. Dengan demikian, data kamu yang balik lagi itu jelas bisa jadi suatu masalah keamanan kalau kamu pengen ngejual atau ngasih hp kamu ke orang lain.

Terlepas dari itu, kamu engga usah khawatir, Kawan Muda. Masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin buat mastiin data kamu udah sepenuhnya terhapus dari perangkat Android kamu. Berikut ini adalah cara-caranya, kayak yang udah Genmuda.com rangkum dari Mashable:

(Sumber: howtogeek.com)

Enkripsi

Ngeenkripsi perangkat Android kamu merupakan cara paling ampuh buat nyegah supaya data kamu engga balik lagi. Dengan ngelakuin hal ini, kamu pada dasarnya ngacak-ngacak dan ngunci semua data kamu secara khusus. Data-data yang udah terenkripsi itu cuma bisa didekripsi dengan kode sandi.

FYI, kalau perangkat kamu udah Android 6.0 Marshmallow, kamu biasanya bakal diminta Google buat ngelakuin enkripsi wajib demi keamanan maksimum. Sebaliknya, kalau perangkat kamu Android 5.0 Lollipop atau di bawahnya (dan ngedukung enkripsi), kamu disaranin banget buat ngeaktivin enkripsi dengan ngebuka Settings > Security > Encrypt Phone sebelum ngelakuin factory reset.

Timpa dengan data sampah

Setelah mengenkripsi data kamu dan ngelakuin factory reset, ada lagi nih yang masih harus kamu lakuin biar data kamu benar-benar musnah, Kawan Muda. Kamu sebaiknya pastiin data kamu yang udah hancur terenkripsi jadi makin kacau dan engga berguna dengan nimpain data sampah yang baru.

Saat perangkat kamu udah nyala dan jadi kayak baru lagi, kamu engga perlu masuk ke akun Google atau akun kamu yang lainnya. Kamu cuma perlu ngerekam sebuah video selama mungkin dengan resolusi yang paling tinggi. Ulangi terus sampai kamu rasa cukup buat ngisi ruang penyimpanan kamu dan lanjut ulangi factory reset.

Ulangi dan ulangi

Langkah-langkah di atas masih belum cukup bikin kamu tenang? Ya udah kamu ulangi lagi aja langkah-langkah tersebut berkali-kali sampai kamu engga parno lagi. Tapi, jika kamu engga pengen yang ribet-ribet, sekali enkripsi dan factory reset juga udah cukup kok. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer