Rabu, 18 September 2019

Genmuda – Selamat tinggal guru nyebelin, sampai jumpa lagi pekerjaan rumah, dan bye-bye masuk pagi terus. Kalo ada kesempatan, anak-anak kelas XII SMA pasti siap meneriakkan kegembiraannya kenceng-kenceng, sementara para adek kelas masih harus sabar buat rasain enaknya jadi calon alumni.

Suasana dan mood para senior udah pada hype aja pengen “menempuh hidup baru” dan ngerasain rangkaian acara perpisahan yang udah disiapin sekolah dan OSIS. Meski acara yang diadain organisasi itu bakal terasa agak “formal,” pesta perpisahan sekolah adalah kegiatan yang dinanti.

Biar makin seru, engga ada salahnya loh anak-anak tongkrongan kamu mengusulkan ide tambahan buat rangkaian acara perpisahan yang lagi digodok. Kalo engga disetujui pihak sekolah, kamu dan anak-anak nongkrong bikin aja sendiri kegiatan di bawah ini.

1. Adu gengsi terakhir

via giphy.com

Jadi, kelas mana nih yang paling jago main futsal? Kelas IPA 3 kah atau kelas IPS 3? Coba adakan turnamen futsal, basket, karate, bulutangkis, silat, taekwondo, MMA, atau apapun dengan format seperti olimpiade khusus untuk kelas XII. Selain jadi ajang “balas dendam” pasca classmeeting, at least teman seangkatan bisa tau siapa kelas yang paling jago di antara yang lain.

2. “One Last Gig”

Mirip seperti “olimpiade ala-ala” di atas, kamu juga bisa ngumpulin semua band yang pernah tercipta di kalangan kelas XII dan ngebuat sebuah panggung terakhir. Misalnya bandnya kebanyakan, bikin aja acara sendiri biar engga ganggu prom night yang udah dibuat panitia sekolah/OSIS. Kalo bandnya terlalu sedikit, jangan ragu ajak junior-junior biar lebih seru lagi.

3. “Memory Lane”

via inikata.com
Selfie dengan muka pada engga kobe gini juga lucu dipajang di “memory lane.” (Sumber: inikata.com)

Pernah dateng ke acara pernikahan? Kan ada tuh foto-foto pre-wedding yang dipamerin berderet di pintu masuk. Nah, engga ada salahnya konsep itu dipasang juga di promnight kamu. Bedanya, foto-foto yang dipasang adalah foto-foto yang memorable di sekolah. Misalnya, foto group-selfie paling najis seru, foto temen yang lagi tidur dengan ekspresi paling engga oke, atau mungkin foto tawuran yang paling seru. *canda

4. Tukeran kado

Teman emang jadi hadiah paling berarti buat manusia. Tapi, barang pemberian temen bisa mengingatkan kamu betapa berharganya pertemanan kalian. Bukan lebay, tapi ya emang begitu kan kenyataannya.

5. Penghargaan guru dan karyawan sekolah ter…

via giphy.com

Di buku tahunan kan kamu dan anak-anak udah pada nentuin siswa tergaul, tertidur, dan seterusnya. Kenapa engga bikin “ajang penghargaan” macam itu buat guru? Coba deh bikin kategori guru terkeren, guru terganjen, guru termedsos, guru terjutek, dan semacamnya, lalu penghargaannya diberikan berdasarkan voting. Kalo engga sanggup beli piala, bikinin aja sertifikat yang ditandatangani anak OSIS.

6. Katakan cinta

Anak-anak kelas XII biasanya masih ada nih yang memendam perasaan ke temennya dan engga diungkapin sampai lulus. Coba usul ke panitia promnight supaya bikin “katakan cinta.” Semua bebas utarakan perasaan ke orang lain di segmen itu. Kalo sama-sama suka ya sukur. Kalo bertepuk sebelah tangan, ya move on. Daripada perasaan yang disimpan-simpan, mendingan uang jajan yang disimpan biar kaya.

7. Piknik bareng

via jalan2men.com
Engga mesti ke pantai juga sih. Naik gunung atau ke taman juga bisa. (Sumber: jalan2men.com)

Bikin studi wisata atas izin sekolah mungkin ribet administrasinya. Tapi, kamu dan anak-anak satu sekolah selalu bisa patungan dan bikin acara jalan-jalan sendiri. Biar engga diomelin sekolah, jalannya ketika libur kelulusan aja. Kalo ada perasaan yang belum terungkap di momen “katakan cinta,” coba utarakan pas lagi piknik. Mood yang bagus biasanya menghasilkan hubungan yang bagus juga.

Kawan Muda ada ide acara perpisahan lain? Langsung aja tulis pendapat kamu di bawah ini itung-itung bantu sesama calon alumni di seluruh Indonesia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.