Jum'at, 15 November 2019
HiburanNyeni

Jerome Polin Rilis Buku ‘Mantappu Jiwa’, Latihan Soal Matematika dan Nilai-nilai Kehidupan

Peluncuran Buku 'Mantappu Jiwa' dari Jerome Polin Sijabat di fX Sudirman, Jakarta, Jumat, (16/8). (Dok. GPU)

Genmuda – Mahasiswa sekaligus Youtuber, Jerome Polin resmi meluncurkan buku pertamanya yang berjudul “Mantappu Jiwa”, Jumat (16/8), di fX Sudirman, Jakarta. Bukan berisi soal matematika, buku ini adalah rangkuman dari perjalanan dirinya saat masih kecil, perjuangannya meraih beasiswa, mencintai matematika, hingga punya channel Youtube dengan jutaan subscriber seperti sekarang.

Dalam acara wawancara dengan awak media cowok kelahiran 2 Mei 1998 ini menceritakan proses pembuatan buku ini sekitar 6 bulan. Saat awal tahun 2019 dirinya kebetulan dihubungi langsung oleh Ruth Priscilia, Editor Gramedia Pustaka Utama untuk membuat buku perjalanan hidupnya.

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

“Entah kenapa dari sekian banyak DM, tiba-tiba aku buka DM-nya Kak Ruth yang lagi liburan di Jepang.” kenang Jerome.

Dari situ lalu proses pengerjaannya berlanjut melalui email dan sambungan telepon. Jerome juga diberi kebebasan untuk menceritakan pengalaman hidupnya, termasuk bisa menyukai matematika dan mendapatkan beasiswa penuh program sarjana Mitsui Bussan di Waseda University, Jepang.

“Aku ada di titik ini, saat ini, semua karena kehendak campur tangan Tuhan dalam hidupku. Aku hanya bisa melakukan yang terbaik, sisanya berkat Tuhan. Tuhan pasti punya rencana yang terbaik bagi kita semua.” tulis Jerome dalam bukunya.

Youtuber dengan konten inspirasi

Dok. GPU

Secara terpisah Ruth mengungkapkan bahwa sosok Jerome adalah pribadi yang pintar dan menginspirasi banyak orang, terutama untuk anak-anak muda, khususnya di bidang pendidikan.

“Dari awal aku nyari Youtuber yang bisa nulis. Terus aku melihat Jerome memiliki kualitas yang oke, konten Youtubenya pun sangat menginspirasi orang banyak.” ungkap Ruth saat diwawancarai oleh Genmuda.com.

Diakui olehnya salah satu tantangan terberat harus dihadapi sebagai editor adalah ide-ide Jerome yang cukup banyak ia tuangkan dalam buku ini. Ia juga memuji bahwa setiap hal-hal dan ide yang dikeluarkan oleh Jerome selalu tetap menularkan kecintaannya pada ilmu yang ia tekuni tanpa harus menggurui orang lain.

“Jerome itu anaknya pintar, dia berpikir terus. Saking pintarnya jadi banyak cerita yang saling tumpang tindih dan tugas ku sebagai editor berusaha merapihkan itu semua.” papar Ruth.

Sosok Jerome di mata para fans

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Acara peluncuran buku “Mantappu Jiwa” diramaikan oleh para fans Jerome yang mayoritas didominasi oleh anak-anak remaja usai belasan. Menurut mereka sosok Jerome gak cuma berbagi pengalaman hidup tapi juga memotivasi mereka untuk bisa lebih sukses.

Kayla contohnya. Siswi kelas 11 di salah satu SMA di Jakarta ini rela menunggu sejak pulang sekolah buat ngedapetin buku dan tanda tangan dari Jerome.

“Dia punya mimpi yang besar, gak cuma untuk dirinya sendiri tapi juga untuk anak-anak dan pendidikan di Indonesia.” saat ditanya alasannya kenapa begitu ngefans dengan Jerome.

Hal senada juga dirasain oleh Treza, siswa SMP yang termotivasi masuk SMA Taruna Nusantara setelah mengikuti channel Youtube milik Jerome selama dua tahun belakangan.

“Jerome itu sangat menginspirasi saya untuk belajar lebih giat lagi.” terang Treza.

FYI, sejak dibuka masa pre-order pertama buku “Mantappu Jiwa” langsung ludes sebanyak 1.000 eksemplar dalam waktu lima menit pada 22 Juli lalu. Sedangkan pre-oder di hari selanjutnya juga langsung habis 1.000 buku dalam waktu dua menit.

Rencananya buku pertama Jerome Polin akan mulai dijual di berbagai toko buku dan toko buku online mulai minggu depan, yakni Senin, 19 Agustus 2019.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.