Selasa, 17 Juli 2018

Genmuda – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana majuin jam masuk sekolah selama Asian Games berlangsung. Harapannya, kemacetan lalu-lintas terkontrol demi kelancaran perpindahan atlet ke tempat lomba.

“Daripada meliburkan anak sekolah, jauh lebih baik tetap membuat mereka bersekolah,” terang Pak Anies dikutip Kompas.comSoalnya, pergerakan para remaja libur malah makin sulit dikendalikan ketimbang mereka di sekolah.

Solusinya, anak-anak masuk sekolah lebih pagi, yaitu antara 06:15 – 06:30. Namun demikian, ide itu masih sebatas rencana. Belum ada kelanjutannya atau penetapannya sebagai aturan.

Pulang lebih cepat

via: Facebook
(Sumber: Istimewa)

Karena jam masuk dimajuin, pulangnya dicepetin. Pak Anies bilang, “Jam sekolah anak SD berakhir maksimal pukul 12:00 sementara anak SMP dan SMA pukul 14:00.

Eits, pulang cepat bukan berarti kamu bisa langsung pulang terus nonton drama favorit kamu. Pak Anies punya rencana lain. Dia berharap, anak sekolah kelas VII, VIII, X, dan XI ikut nonton pertandingan Asian Games di stadion.

Niatnya, mereka akan diantar ke lokasi pertandingan pakai bus persediaan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Semoga aja kamu kebagian nonton cabang olahraga favorit kamu.

Olahraga apa yang akan ditonton?

via: IMDB
(Sumber: IMDB)

Itu belum tahu karena masih menunggu kebijakan Pak Anies dalam menyikapi cabang olahraga yang diperkirakan akan sepi penonton. “Kasihan betul kalau anak-anak dibawa ke pertandingan yang tak disukai. Itu hiburan atau hukuman?” kata Pak Anies.

Berhubung Pak Anies punya track record merealisasikan kebijakan yang dipikirinnya, ada kemungkinan jam masuk anak sekolah beneran bakal maju jadi 06:15. Biar gak terlambat, ini yang bisa kamu lakuin.

Jangan panik saat berangkat

via: Instagram
(Sumber: Instagram)

Jangan panik. Karena masih pagi (BANGET), jalanan pasti relatif lebih lengang. Angkutan umum juga relatif lebih lowong sehingga kamu gak perlu panik takut terlambat.

Bahkan mungkin, kamu bisa berangkat kayak biasa sekolah masuk Pukul 06:30 karena pasti banyak yang kesulitan mengikuti harapan Pak Anies. Sekolah pasti ngasih toleransi, deh!

Gak melarang tidur di bangku penonton

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Semisal kamu terpaksa nonton pertandingan yang membosankan, engga ada salahnya tidur di bangku penonton. Para atletnya gak bakalan sadar mengingat jarak bangku penonton ke area tanding tuh jauh.

Stasiun TV juga gak bakalan merekam karena penonton tidur sama sekali bukan pemandangan menarik. Kecuali kalo emang ada sengaja netizen iseng yang memposting kelakuan kamu saat tidur terus jadi viral.

Berdasarkan jadwal pertandingan, obor Asian Games Jakarta-Palembang menyala 18 Agustus mendatang. Setelah upacara pembukaan yang nampilin para peserta, laga petama dimulai seperti halnya nasib kamu masuk lebih pagi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.