Senin, 25 Juni 2018

Genmuda – Fisikawan modern berdarah Jepang yang kini jadi warga Amerika, Michio Kaku memprediksi bahwa manusia abad ini akan dikontak alien. Pakar matematika Stephen Hawking pun memercayainya.

Michio Kaku mengatakannya dalam sesi tanya-jawab di Reddit. Saat ditanya mengenai kemungkinan manusia berkotak dengan alien dan proses kontak itu bisa berlangsung, Kaku menjawab gini:

“Saya pribadi merasa kita bisa mengontak peradaban alien abad ini. Caranya dengan mendengarkan pancaran komunikasi radio mereka,” jawab Michio Kaku. Akan tetapi, manusia baru bisa mendengarkan aja, gengs.

via grupobcc.com
(Sumber: grupobcc.com)

“Mengontak mereka sulit karena mereka mungkin berada 10 tahun cahaya nun jauh di sana. Sementara waktu, kita punya PR untuk meneliti pesan tersebut untuk mengetahui maknanya,” ujar Michio Kaku.

Profesor yang menerbitkan sejumlah buku fisika populer itu bilang, dari bahasa, tingkat peradaban alien bisa diketahui. “Apakah mereka termasuk makhluk Tipe I, II, atau III? Apa niat mereka mengontak bumi? Apakah untuk kepentingan ekspansi? Atau sekadar jalin komunikasi?,” kata Kaku.

FYI, menurut Nikolai Kardashev, fisikawan Uni Soviet zaman dulu, makhluk Tipe I adalah jenis makhluk yang mampu manfaatkan seluruh energi dari bintang terdekat.

via fanwave.it
Nikolai Kardashev. (Sumber: fanwave.it)

Makhluk Tipe II adalah jenis yang mampu memanfaatkan energi dari bintang tetangga. Sementara itu, makhluk Tipe III sudah mampu berkelana lintas galaksi.

Nah, manusia bumi belum termasuk makhluk Tipe I karena masih terseok-seok memanfaatkan semua sumber energi dari planetnya. Pembangkit listrik tenaga uap dan angin aja masih jarang.

“Bagi alien, bangsa manusia mungkin tak lebih tinggi dari binatang di planetnya,” kata Michio Kaku.

Stephen Hawking ngeri sendiri

via time.com
Stephen Hawking. (Sumber: time.com)

November 2016, Stephen Hawking makin percaya kalo manusia bukan satu-satunya makhluk berakal di jagad raya. Perasaan itu muncul seiring dia terlibat lebih dalam pada project Breakthrough Listen, sebuah upaya mendengarkan komunikasi alien melalui pancaran radio canggih.

Hawking pun khawatir, bangsa alien bakalan punya teknologi jauh lebih canggih dari orang-orang bumi. Itu gawat karena nasib manusia bisa terancam. “Kita tidaklah lebih dari sekadar bakteri dan mereka bisa menjajah dengan mudah,” kata Hawking.

Alasan itu didasari bahwa alien yang bisa mengontak dan berkomunikasi dengan bumi secara sengaja pastilah punya teknologi jauh lebih maju.

Jadi, kapan Alien mengontak bumi?

via wikimedia.org
Seth Shoshtak. (Sumber: wikimedia.org)

Astronom senior lembaga Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI) Institute, Seth Shostak yakin banget alien bakalan mengontak bumi dalam waktu 20 tahun ini.

Kalo kamu gak sabar nunggu, tenang aja. Bulan Mei, bangsa-bangsa alien bakalan menyerbu bumi dan memperebutkan Infinity Stones di film “The Avengers: Infinity War.” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.