Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Foto-foto cowok berkumis dan berjenggot panjang diprediksi bakalan mewabahi internet sepanjang November ini. Sebab pada bulan ini ada dua gerakan yang menganjurkan para lelaki berhenti mencukur habis rambut yang tumbuh di wajahnya.

No Shave November (NSN) dan Movember adalah dua gerakan yang Genmuda.com maksud. NSN lahir pada 2009 sementara Movember telah ada sejak 2003. Meski cara kerja dua gerakan itu sama, mereka pada dasarnya merupakan dua gerakan dengan tujuan berbeda.

Secara umum, gerakan itu dibuat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian laki-laki terhadap kesehatan diri. Soalnya, kedua berpendapat laki-laki sangat cuek kalo engga diingatkan (apalagi kalo masih jomblo).

Awal berdirinya Movember

Movember muncul dari ide dua sahabat, Travis Garone dan Luke Slattery waktu nongkrong di sebuah rumah minum di Australia, sekitar 2003. Mereka awalnya cuma ngerasa kalo cowok berkumis udah jarang, makanya mutusin buat manjangin kumis.

Gerakan yang awalnya diikuti 30 orang di tongkrongannya itu lama-lama menarik perhatian Prostate Cancer Foundation of Australia (PCFA) dan sejumlah organisasi kesehatan mental Australia. Atas kerjasama itu lah Movember bisa menyebarkan pengaruh dan ngumpulin dana buat riset kesehatan dan membiayai laki-laki yang engga mampu bayar tagihan kesehatannya. Biaya kesehatan kan makin lama makin mahal.

Akhirnya, situs Movember.com bilang kalo gerakan ini dibuat supaya cowok lebih peka terhadap kesehatan fisik dan mental pada umumnya. Kanker dan depresi jadi dua permasalahan yang sering dibincangkan gerakan yang sekarang jadi yayasan ini.

No Shave November Berawal dari Keluarga

#letitgrow

A post shared by No-Shave November (@no_shave_november) on

Sementara itu, No Shave November berawal ketika keluarga Hill di Chicago, Amerika Serikat kehilangan kepala keluarga, Matthew akibat kanker usus besar, sekitar 2007. Pada November 2009, mereka engga bercukur sama sekali dengan maksud mengenang perjuangan ayahnya melawan kanker.

Selain itu, mereka juga dirikan yayasan No Shave November di bulan yang sama. Harapannya supaya semua cowok bisa berhenti bercukur di bulan itu. Bukan cuma kumis, tapi juga jenggot, dan rambut lain di seluruh tubuh. Dengan begitu, uang yang biasa dipakai bayar tukang cukur bisa ditabung. Nah, yayasan NSN mengajak uang lebih itu buat disumbangkan terutama ke organisasi-organisasi kanker.

iDigitalTimes.com, 2014 menyatakan NSN termasuk kedalam 100 yayasan terbaik di dunia karena gerakan mereka benar-benar berdampak positif. Organisasi kanker American Cancer Society, Prefent Cancer Foundation, Fight Colorectal Cancer, dan RS Jude Children pun jadi partner NSN.

Bukan gaya-gayaan

via esquire.com
(Sumber: esquire.com)

Dengan kata lain, gerakan NSN dan Movember punya idealisme juga kepedulian yang besarBukan sekedar cari sensasi doang gaes. Menurut data dari pihak Movember, pada 2030 jumlah pengidap kanker prostat bakal bertambah dua kali lipat.

Jadi beraniin diri buat #LetItGrow bulan ini dan jangan lupa nyumbang demi kesehatan sesama bro di seluruh dunia. Jangan lupa juga tulis komentar kamu di bawah ini supaya gerakannya makin rame lagi.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.