Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – ATM pasti dicari orang apalagi orang itu butuh cash di manapun letaknya. Di situlah para penjahat melihat kesempatan. Makin banyak orang berarti makin besar kesempatan mencuri uang.

Mencopet, menjambret, dan menodong pelanggan ATM sih cara kuno. Dengan teknologi, para penjahat bisa mengakali mesin ATM supaya memberikannya identitas kartu nasabah beserta passwordnya.

Bukan maksud bikin kamu parno atau gimana loh, gaes. Tapi, begini cara para penjahat berteknologi melakukan aksinya.

1. Card reader palsu

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Para penjahat bisa menempelkan card reader palsu pada card reader asli di mesin ATM. Perangkat palsu itu udah dipasangi pemindai yang bakal merekam identitas kartu ATM. Dengan begitu, penjahatnya bisa bikin kartu ATM kamu juga.

2. Colokan headphone yang aneh

via Istimewa
(Sumber: boredpanda.com)

Bila ATM yang kamu datengin ada colokan headphone, pastiin colokan itu berada pada posisi yang tepat alias sesuai dengan lubang casingnya. Apabila mencang-mencong, artinya casing ATM atau colokan headphone itu dipasangi perangkat mata-mata.

3. Cek tempat brosur di dekat ATM

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kadang, penjahat juga bisa memasang kamera pengintai di tempat brosur yang biasanya nempel dekat ATM. Kalo gitu, kan penjahatnya bisa memata-matai pasword para pengguna ATM.

4. Cek “tambalan” di ATM

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kamu harus banget paham bentuk ATM normal. Apabila ada “tambalan” atau jendulan aneh yang biasanya gak ada di ATM, kamu harus curigai itu. Mungkin aja itu semacam modul yang dipasang penjahat buat membobol akun para pengguna mesin uang.

5. Lihat retakan di tempat pengambilan uang

via boredpanda.com
(Sumber: boredpanda.com)

ATM normal PASTI gak memiliki retakan di tempat pengambilan uang apalagi di tempat lain. Apabila kamu melihat retakan itu di ATM, saatnya curiga bahwa mesin itu telah diutak-utik penjahat. Bisa jadi, telah dipasangi pencuri kartu dan password.

6. Keypad palsu

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Biar lebih aman, gak ada salahnya kamu coba mencopot keypad mesin ATM. Karena, penjahat bisa aja menibat keypad asli dengan yang palsu buat merekam password semua pengguna ATM.

7. Kamera di pelindung keypad

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bahkan para penjahat bisa memasang kamera mikro di pelindung keypad. Padahal, pelindung itu sengaja dipasang penyedia ATM buat menutupi tangan pelanggan saat mencet passwordnya.

8. ATM-nya ditimpa mesin palsu

via boredpanda.com

Penjahat yang udah sukses nyolong uang dan punya modal lebih bisa bikin casing ATM palsu loh. Casing itu dilengkapi mesin peminda identitas kartu dan mesin pencuri password. Hati-hati kalo menghadapi model ini.

Semoga aja 8 cara di atas bikin kamu makin waspada dan jauh dari penipuan. Apa salahnya kamu memeriksa mesin ATM sebelum memakainya? Toh, demi keamanan uang yang susah payah kamu dapatkan juga, kan? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.