Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Engga lama lagi, semester genap bakal segera berakhir nih, Kawan Muda. Artinya, kamu yang duduk di bangku kelas XII udah harus ngucapin selamat tinggal sama kehidupan SMA kamu.

Banyak di antara kamu sampai sekarang mungkin masih agak berat buat ninggalin masa-masa SMA. Cinta pertama, telat masuk, bolos sekolah, dihukum guru, atau berantem sama teman, semua hal itu hanyalah sebagian kenangan yang engga bakal bisa dilupain dari jaman SMA.

Tapi, jauh dari pada itu, kamu saat ini mungkin masih belum mau ngakuin kalau kamu takut buat berhadapan dengan perubahan besar yang menanti kamu setelah hari kelulusan kamu nanti. So, kalau kamu sekarang lagi harap-harap cemas alias H2C ngehitung hari-hari terakhir kamu di SMA, ada baiknya kamu cek dulu 5 tanda kalau kamu belum siap ninggalin bangku SMA berikut ini:

1. Kamu engga tertarik buat ngomongin ‘tahap selanjutnya’

Di saat teman-teman kamu pada ramai ngomongin mau ngapain abis lulus, kamu justru masih sibuk ngitungin berapa hari lagi yang tersisa buat kamu nikmatin masa SMA. Coba kamu dulu tanya ke diri kamu apa yang sebenarnya kamu takutin. Kalau udah, baru deh kamu mulai pikirin hal-hal selepas SMA yang bisa bikin kamu bersemangat dan ngelupain semua kekhawatiran kamu, kayak misalnya liburan atau nyari kerja sambilan sebelum lanjut kuliah.

2. Kamu engga nganggap kuliah secara serius

Poin yang kedua ini sebenarnya masih berhubungan sama poin sebelumnya. Saking engga pengennya ninggalin SMA, kamu akhirnya jadi engga begitu mikirin soal kuliah. Padahal, cara terbaik supaya kamu bisa berhenti mikirin SMA adalah dengan bikin diri kamu tertarik sama hal lain.

Mumpung masih ada waktu, coba mulai bayangin kayak gimana kehidupan yang kamu pengen saat kuliah nanti. Suka engga suka, perkuliahan kamu bakal tetap berlangsung dan kamu seharusnya bersyukur masih bisa kuliah.

3. Kamu pengen kuliah, tapi yang bareng atau dekat sama BFF kamu

Sedekat-dekatnya geng Cinta ‘AADC’, mereka kayaknya engga sampai yang gini banget deh. Pisah sama teman SMA memang susah, tapi hal terbaik yang bisa kamu lakuin adalah berusaha sekuat mungkin buat ngejaga hubungan pertemanan kamu sama mereka, engga peduli seberapa jauh jarak yang misahin kalian. Lagi pula, saat kuliah kamu nantinya pasti ketemu sama teman-teman baru, yang juga bakal ngasih warna tersendiri buat hidup kamu.

4. Kamu yakin SMA adalah masa-masa terbaik dalam hidup kamu

Halo halo, hidup kamu engga bakal berhenti setelah kamu lulus SMA kok, Kawan Muda. Kalau kamu ngerasa kamu masih belum cukup ngelakuin banyak hal berkesan buat hidup kamu semasa SMA, ya mending kamu lanjutin aja pas kuliah. Kehidupan kamu itu justru baru bakal dimulai setelah kamu SMA, soalnya ke depannya masih banyak hal menarik yang nungguin kamu.

5. Kamu masih pengen jadi senior

Sebagai siswa kelas XII, tentu kamu jadi siswa yang paling senior di SMA. Namun demikian, saat kamu kuliah, kamu harus kembali jadi junior. Kamu pun mungkin jadi takut buat ngejalanin semuanya dari awal lagi (balik ke poin pertama), sehingga kamu akhirnya berharap buat bisa terus berada di SMA.

Kayak kasus bullying siswi SMA 3 Jakarta baru-baru ini aja misalnya, perlakuan sejumlah siswi kelas XII terhadap beberapa siswi kelas X bisa jadi merupakan pertanda bahwa para siswi kelas XII itu masih pengen pertahanin status mereka sebagai senior. Mereka belum siap buat ninggalin SMA dan berhadapan sama dunia perkuliahan yang jauh lebih menantang, tapi yang kena imbasnya malah adik kelas mereka. Semoga kamu bisa ngambil pelajaran dari kasus tersebut ya, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer