Minggu, 31 Mei 2020

Genmuda – “Manusia enggak bisa hidup sendiri” sering kan dengerkan kalimat itu? Emang bener sih kalo manusia engga bisa hidup sendirian. Dimana kamu hidup, pasti kamu perlu bantuan orang lain. Engga cuma itu kamu juga butuh berinteraksi satu sama lain. Makanya, engga heran kamu punya lingkaran pertemanan.

Temen deket pun pada akhirnya sering menjadi seorang sahabat. Bahkan doi mungkin udah kamu anggep kayak sister from another mother. Saat kamu punya gosip baru pasti kamu engga ragu cerita sama sahabat kamu panjang lebar. Karena kedeketan kamu dan sahabat, kamu mungkin sampai engga punya jarak apapun.

Nah, namun gimana kalo kondisinya berubah. Tiba-tiba sahabat kamu ngejauh tapi kamu engga ngerti apa penyebabnya. Supaya kamu tau alesannya kenapa, Genmuda.com bakalan ngasih tau kamu nih beberapa alasan sahabat kamu ngejauhin kamu:

1. Kamu terlalu cuek

 

via: Tumblr

Emangnya cuma pacar aja yang butuh perhatian kamu, sahabat juga perlu! Kamu selalu cerita tentang masalah yang kamu hadepin. Tapi kamu pernah engga nanya kalo sang sahabat punya gerak-gerik aneh? Siapa tahu kamu punya sahabat yang tipenya mendem. Karena sikap kamu yang cuek, wajar kan kalo sahabat kamu jadi males berurusan sama kamu.

2. Bukan sosok pendengar

Maunya kamu semua keluh kesahnya musti didengerin sampe kamu bilang titik. Nah coba gantian, saat kamu yang disuruh dengerin, kamu malah males dan bilang engga ada waktu. atau bilang nanti dulu ya. Awalnya sih bisa maklumin, tapi lama-lama sahabat kamu keki juga kalo kamu engga pernah mau dengerin curahatan hatinya.

3. Engga bisa dipercaya

via: Tumblr

Namanya juga curhatan, masa diumbar-umbar sih. Meski sebenernya kamu engga sengaja keceplosan sama anak kelas, tapi itu udah menabuh aib sahabat kamu sendiri. Sahabat kamu ngerasa kamu engga bisa megang mandat kepercayaan yang udah sahabat kamu kasih. Makanya jangan heran kalo kamu dijauhin sama sahabat kamu.

4. Perlu ‘Me time’

Siapa sih yang engga perlu me time. Sahabat kamu mungkin lagi pengen waktu sendiri. Bukan berarti juga doi mau ngejauh sama kamu selamanya. Siapa tau BFF ini emang lagi menekuni hobi baru atau konsentrasi sama urusan pribadinya.

5. Kamu buat kesalahan

Ini sih yang paling krusial, dalam dunia persahabatan. Coba kamu inget-inget lagi kamu pernah engga beberbuat kesalahan. Bisa apa aja, entah kata-kata atau sikap kamu yang bikin doi sakit hati. Kalo udah inget jangan lupa minta maaf ya gaes!

Sebenernya lima poin yang udah dijabarin tadi merupakan contoh kecil aja. Tapi kalo sahabat kamu masih aja ngejauh tanpa penjelasan, engga ada salahnya buat Kawan Muda tanya. Yang terpenting sih jangan lupa selalu berprilaku baik. Jangan malu ucapin kata terimaksih dan maaf supaya kamu bisa jadi orang yang menyenangkan. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela