Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Kecanggihan zaman memang bikin kita semakin tergantung dengan teknologi nih, Kawan Muda. Engga cuma sekedar buat kirim pesan atau telepon, untuk silaturahmi sama teman lama atau keluarga pun dilakuin lewat media sosial atau chat.

Yup, pasti Kawan Muda sekarang ngerasain dong banyaknya grup chat yang dibuat untuk mempermudah komunikasi. Mulai dari grup teman SD, SMP, SMA, hingga teman kuliah, kini keluarga pun bahkan udah punya grup chat.

Grup chat keluarga kadang engga kalah rumpinya sama grup chat lainnya loh. Rasanya agak gimana gitu ya, punya grup chat yang gabung bareng orang-orang yang lebih tua, apalagi ada orang tua kita. Beberapa hal ini pasti kamu pernah alami:

1. Kiriman broadcast yang panjang

Nah, ini nih yang suka bikin rame grup. Kadang orang tua, tante, atau om kita suka ngebagi broadcast panjang yang isinya engga tau apaan. Mulai dari doa, sebaran berita hoax, hingga lucu-lucuan yang padahal kita sudah baca serius dari awal paragraf, semua mereka bagiin.

2. Salah kirim chat

Kawan Muda ada yang pernah ngerasain salah kirim chat ke grup keluarga, apalagi grup keluarga besar, engga? Hmm… salah kirim ke teman aja rasanya malu, apalagi grup keluarga ya? Mending kalau isi pesannya biasa-biasa aja, kalau udah isinya personal atau kata-kata ‘persahabatan’ yang cuma kita dan teman doang yang tau? Wah, ketahuan deh belangnya.

3. Kalau bisa chat pake EYD

Mungkin masih ada kali ya yang keluarganya benar-benar punya aturan sopan santun saat ngomong dengan anggota keluarga yang lain, terutama yang lebih tua. Jadi, Kawan Muda harus pinter-pinter pilih kata nih biar engga ada yang salah tangkep dan engga ada yang tersinggung. Mungkin bisa pakai EYD aja kali ya?

4. Nongol buat nyariin anaknya

Ada beberapa anggota keluarga yang begitu udah ada grup chat keluarga langsung jadi males chat personal. Nah, kadang nih kalau udah nyariin anggota keluarga yang lain ya nongolnya di grup tuh. Entar satu keluarga jadi ikutan panik deh buat nyariin.

5. Anggota yang muncul itu-itu doang

Mungkin karena kesibukan bekerja dan aktivitas yang lain, kadang yang muncul di grup pasti itu-itu aja deh. Bukan cuma itu, kebanyakan yang muncul pasti kamu atau saudara-saudara kamu yang seusia, soalnya kalian pasti bawa gadget ke mana-mana. Nah, sisanya pasti baru nongol kalau memang ada waktu senggang atau biasanya malam hari pas udah selesai pulang kerja tuh.

Sebenarnya grup chat keluarga ini ngangenin loh, Kawan Muda. Kita tetap bisa komunikasi, meski engga bisa kumpul-kumpul. Kawan Muda punya cerita lain di balik grup chat keluarga? Share di kolom komentar di bawah ini ya!

Comments

comments