Senin, 6 April 2020

Genmuda – Ajang penghargaan Academy Awards di Dolby Theatre California, AS, Minggu malam (26/2) waktu setempat atau Senin siang (27/2) WIB bagiin Piala Oscar ke pemenang 24 nominasi. Dari semua film terbaik 2016, “La La Land” yang peroleh nominasi terbanyak, yaitu 14 kategori.

Sebagian film-film yang masuk nominasi Oscar tahun ini juga udah beradu di ajang penghargaan yang lebih dulu digelar sejak awal tahun, misalnya Golden Globe, SAG, BAFTA, ataupun Critics Choice Awards. Biasa lah. Semua yang keren-keren emang keluar belakangan.

Biasanya sih, peraih Oscar merupakan orang-orang yang juga berhasil menangin penghargaan pendahulunya. Dari semua kategori, ada 6 yang biasanya nentuin seberapa kece sebuah film dan di bawah ini adalah prediksi para pemenang Oscar ke-89 ala Genmuda.com.

1. Best Picture = “La La Land”

via: Google
Ryan Gosling dan Emma Stone di film “La La Land” (2016) (Sumber: Istimewa)

Engga mungkin lah “La La Land” yang segitu fenomenalnya dicuekin para juri The Academy of Motion Picture America. Film musikal itu kan udah menangin Golden Globe, BAFTA, dan Critics Choice Awards. Selain itu, filmnya juga jadi angin segar dunia perfilman Hollywood yang lama engga luncurin film musikal anak muda.

2. Best Actor = Casey Affleck

via hollywoodreporter.com
(Sumber: hollywoodreporter.com)
Performa adik Ben Affleck di film “Manchester by the Sea” engga usah diraguin lagi. Meski minim dialog, akting doi bener-bener berbicara sejuta makna. Penampilannya bener-bener terliat depresi sepanjang film. Atas konsistensinya itu pula, doi berhasil raih aktor terbaik versi The Golden Globe.

3. Best Actress = Emma Stone

via creativefan.com
Emma Stone (Sumber: Istimewa)

Berkat Emma Stone, Mia di film “La La Land” bisa keliatan berkarakter, sentimental, tapi juga bersemangat. Kharismanya bikin penonton mendadak jatuh cinta. Atas performanya itu pula, piala SAG Awards, BAFTA, dan Golden Globe diraih kayak gampang banget. Engga tertutup kemungkinan, doi bakal pulang ke rumah nenteng Oscar.

4. Best Supporting Actress = Viola Davis

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Viola Davis dicintai Hollywood karena selalu pinter berakting jadi perempuan cerdas dan humoris. Senior dunia komedi, drama, dan serial televisi itu pun peranin karakter Rose Lee Maxon dengan baik di film “Fences.” Perhatiin aja betapa terasanya kekesalan doi ngerelain mimpi jadi ibu rumah tanga yang dijahatin suami dalam salah satu monolognya. Makanya, piala Golden Globe, SAG Awards, dan BAFTA dapet diraih.

5. Best Supporting Actor = Mahershala Ali

via collider.com
(Sumber: collider.com)

The Hollywood Reporter Februari tampilin Mahersala Ali di cover depan edisi cetaknya dengan judul “Mahershala’s Moment.” Aktingnya sebagai Juan sang pedagang narkotika sayang anak di film “Moonlight” ngebawa doi raih SAG Awards. Meski cuma muncul di sepertiga awal film, karakter kebapakan aktor muslim itu tetep terasa sampai credit title diputer.

6. Best Director = Damien Chazelle

via lincoln.com
(Sumber: lincoln.com)

Sutradaranya “La La Land” juga patut memperoleh Piala Oscar. Karena usaha penyabet gelar best director dan best screenplay Golden Globe ini film musikal bisa diminati anak-anak muda millenial bahkan dari adegan pertama “La La Land.”

Enam kategori yang diberikan ke seniman “ujung tombak” di atas biasanya jadi patokan para artis nambahin rate bayarannya tiap tahun. Kategori sisanya ada buat tim produksi, pengisi suara, make-up artist, dan kameramennya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.