Selasa, 4 Agustus 2020

Genmuda – Kawan Muda masih bingung weekend menjelang bulan Oktober ini mau ke mana? Bosen ngelakuin kegiatan yang cuma itu-itu aja? Pengen weekend kamu beda dari biasanya dan engga bikin kantong jebol? (Apalagi belum gajian?) Kalo gitu, mungkin kamu bisa datang ke Festival Film Animasi Prancis.

Film animasi Prancis? FYI, selain Jepang atau Amerika Serikat, Prancis menjadi negara ketiga dalam menghasilkan jumlah produksi film animasi setiap tahun. Kalo Jepang punya Studio Ghibli atau Amerika Serikat dengan Disney, Prancis punya studio animasi yang engga kalah kece kayak Folimage, Gaumont, dan Xilam Animation.

Berangkat dari hal inilah Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar Pesta Film Animasi Prancis yang berlangsung pada 1-7 Oktober di Auditorium IFI Jakarta. Selama seminggu bakalan diputar film-film animasi terbaik yang udah memenangkan berbagai penghargaan baik di dalam negeri Prancis maupun di luar negeri. 

Tepat pada hari pembukaannya Sabtu, (1/10), pukul 16.00 WIB, kamu bisa menonton 17 film pendek animasi Prancis terbaik pilihan Festival Film Animasi Annecy 5 tahun terakhir ini. Selanjutnya kamu masih dapat menonton film ‘Adama’ yang menceritakan kehidupan anak 12 tahun yang tinggal di daerah terpencil di Afrika yang dikelilingi oleh tebing. Suatu hari kakaknya yang bernama Samba menghilang dan Adama memutuskan pergi mencarinya hingga melanggar larangan para tetua di daerah tempat tinggalnya.

Film-film animasi terbaik (yang mungkin belum pernah kamu tonton)

via: Google
Cuplikan adegan di film ‘A Cat in Paris’ (Sumber: Istimewa)

Walaupun film Prancis engga terlalu populer buat tayang di bioskop Indonesia, namun pada event kali ini kamu justru bisa berkesempatan nonton film-film animasi terbaik kayak ‘A Cat in Paris’. Buat Kawan Muda yang belum tau, film ini yang disutradari Jean-Loup Felicioli dan Alain Gagnol dan berhasil meraih penghargaan Academy Awards.

Engga cuma itu doang gaes, naskahnya juga terpilih dalam nominasi di tiga ajang film bergengsi; Oscar 2012 untuk kategori Best Animated Feature Film, Annecy International Animated Film Festival 2011 untuk kagetori Best Feature, Cesar Awards dan European Film Awards 2011 untuk kategori Best Animated Film.

Film ini mengisahkan persahabatan antara gadis cilik bernama Zoe yang sulit bicara dan seekor kucing peliharaan bernama Dino. Diam-diam Dino memiliki kehidupan lain sebagai partner in crime Nico, seorang pencuri benda seni yang sangat canggih dalam aksi-aksi pencuriannya. Suatu hari mereka bertemu dengan Victor Costa, seorang bos gangster yang menjadi benang merah segala konflik antar semua tokoh di film ini. Film ‘A Cat in Paris’ rencananya akan ditayangkan pada hari Rabu (5/10) 19.00 WIB di Auditorium IFI Thamrin.

Kabar baik bagi animator muda Indonesia

©Genmuda.com/2016

Penyelenggaraan acara ini sendiri memiliki semangat dari Festival Film Animasi Internasional Annecy —yang menjadi festival film animasi terbesar di dunia yang diadakan di Prancis. Festival yang berlangsung tiap bulan Juni sejak tahun 1960 tersebut didukung oleh Asosiasi Film Animasi Internasional (ASIFA). 

Pada tahun 2015, bersama beberapa negara lainnya, Indonesia berkesempatan memutarkan salah satu karya animasinya di program Animation du Monde Festival Annecy. Film animasi karya Hizkia Subiyantoro berjudul ‘Roda Pantura’ sebelumnya terpilih dalam program bantuan pengembangan film Animation3 yang diselenggarakan oleh Institut Prancis di Indonesia, Goethe Institut Indonesia dan SAE Institute.

Berangkat dari pengalaman tersebut engga ada salahnya dong, buat para animator lokal buat belajar nambah wawasan sembari nonton film animasi dari Prancis. Acara ini pun terbuka bagi siapapun dan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Berikut jadwal lengkap film yang ditayangkan di Festival Film Animasi Prancis:

Pesta Film Animasi Prancis

1-7 Oktober 2016

Hari/Tanggal Waktu Film
Sabtu, 1 Oktober 16.00 17 film pendek animasi Prancis terbaik pilihan Festival Film Animasi Annecy 5 tahun terakhir ini, terdiri dari Program Remaja (10 film pendek) dan Program Dewasa (7 film pendek)
19.00 Adama
Selasa, 4 Oktober 19.00 Best of “Les Gobelins”

Institut Prancis menawarkan 34 film pendek animasi yang dibuat oleh siswa-siswa sekolah ini. Program pemutaran ini dibagi menjadi 2: untuk remaja dan dewasa.

Rabu, 5 Oktober 19.00 A Cat in Paris

 

Kamis, 6 Oktober 19.00 Salju dan Pohon-pohon Ajaib (Neige et les arbres magiques)

 

Jumat, 7 Oktober 19.00

 

Phantom Boy

 

 (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.