Rabu, 19 Juni 2024

Genmuda – Hari ini, 28 Mei 2017, adalah waktu yang tepat buat kamu membetulkan arah kiblat kamu. Kalo sebelumnya kamu selalu shalat dengan arah kiblat yang sama, coba hari ini di cek lagi ya Kawan Muda, siapa tau arah kiblatnya bergeser.

Kalo kamu sering kesulitan menentukan arah kiblat yang bener, mungkin biasanya kamu pake kompas yang ada di aplikasi arah kiblat kebanyakan ya. Tapi, justru ketika kamu gak paham gimana caranya nentuin arah dari kompas, kamu malah jadi bingung sendiri karena kompas itu selalu bergerak mengikuti kemana pun kita berputar, entah ke barat, timur, selatan ataupun utara.

Dilansir dari situs resmi Kementrian Agama Republik Indonesia, di hari kedua puasa ini adalah waktu yang tepat buat memperbaiki arah kiblat. Hal ini diperkuat sama pernyataan dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Muhammad Thambrin. Beliau ngejelasin kalo berdasarkan data astronomi, matahari bakal melintas tepat di atas Ka’bah. Peristiwa alam ini akan terjadi di jam 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

“Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah,” kata pak M. Thambrin di Jakarta, Sabtu (26/05).”

Kejadian matahari yang melintas tepat diatas Ka’bah ini dikenal dengan nama Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah. Peristiwa ini menunjukkan ketentuan waktu di mana bayangan benda kena sinar matahari menunjuk arah kiblat. Kawan muda tinggal menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda aja disaat Rashdul Qiblah ini berlangsung.

Menurut Kasubdit Hisab Rukyat Dit Urais Nur Khazin, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan waktu mau memverifikasi arah kiblat kamu, yaitu:

1. Siapin benda yang bisa kamu jadiin patokan untuk berdiri. Pastiin benda yang menjadi patokan itu harus bener-bener berdiri tegak lurus. Selain pake patokan kaya kayu atau besi panjang, kamu juga bisa pake alat lot atau bandul.

2. Permukaan dasar tempat patokan tadi berdiri atau digantung mesti bener-bener datar dan juga rata.

3. Jam atau waktu pengukuran di daerah kamu harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom. Inget ya, jam 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

(sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.