Minggu, 20 September 2020

Genmuda – Suka atau engga, pembajakan lagu di internet masih banyak terjadi meski penyedia dan pelaku yang download musik bajakan bisa dijerat hukuman. Sebagian beralasan cuma pengen ngejajal lagu sebelum beli albumnya, tapi ada juga yang emang males ngeluarin duit.

Kamu mungkin engga setuju, tapi popularitas artis jadi makin tinggi setelah musiknya banyak dibajak. Sebagian malah masuk banyak nominasi berbagai penghargaan musik bergengsi kayak Grammy Awards.

Genmuda.com sama sekali engga nyuruh kamu ikut jadi pembajak lagu. Tapi, di bawah ini adalah 5 album yang paling sering dibajak sepanjang 2016 hingga Februari 2017. Inget ya, artikelnya cuma buat ngasih informasi, loh.

1. “Blonde” – Frank Ocean

via pitchfork.com
(Sumber: pitchfork.com)

Album dengan konsep abstrak karya rapper sekaligus sohib Kanye West ini rilis 20 Agustus 2016 dan langsung “meledak” di Amerika Serikat. Berbagai kritikus bilang album yang direkam sejak 2013 itu patut masuk salah satu nominasi Grammy Awards. Tapi, Ocean mutisin engga mau ikutan Grammy karena doi engga suka cara penilaian dewan jurinya.

2. “The Life of Pablo” – Kanye West

via thepablo.life
(Sumber: thepablo.life)

Berkat kepribadian ngeyel dan super-hype, Kanye West kerap jadi pemberitaan media sepanjang tahun lalu. Album “The Life of Pablo” yang doi rilis 14 Februari 2016 jadi ikutan populer. Mungkin karena penasaran tapi ogah beli, netizen banyak ngebajak album yang masuk nominasi best rap album Grammy Awards 2017.

3. “Lemonade” – Beyonce

via nypost.com
(Sumber: nypost.com)

Queen Bey kedengeran makin mateng di album “Lemonade.” Musiknya kedengeran penuh dengan kombinasi berbagai instrumen sementara liriknya dalem. Saking kecenya, para fans sampai mengira doi beneran lagi ada masalah rumah tangga dengan Jay Z, suaminya. Wajar banget album yang masuk 9 nominasi Grammy ini diincer banyak pendengar.

4. “22, A Million” – Bon Iver

via genius.com
(Sumber: genius.com)

Karya folktronica Bon Iver, “22, A Million” baru dirilis 30 September 2016 tapi langsung dilirik juri hingga masuk nominasi best alternative music album dan best recording package Grammy 2017 karena saking artsy-nya. Udah gitu, albumnya juga masuk peringkat kedua di daftar Billboard 200, karena berhasil ngejual 71 ribu kopi album dalam seminggu setelah albumnya rilis.

5. “Hardwired… to Self-Destruct” – Metallica

via amazon.com
(Sumber: amazon.com)

Untuk pertama kalinya sejak 1983, album yang rilis 18 November 2016 ini sama sekali engga masukin lagu buatan gitarisnya, Kirk Hammett. Dan untuk pertama kalinya juga Metallica butuh 8 tahun buat rampungin satu album. Persiapan yang mateng itu berbuah ketika album itu ngeraih posisi puncak Billboard 200, setelah ngejual 291 ribu kopi album di minggu pertama perilisannya.

Kata DigitalMusicNews.com, Oktober 2016, lima album di atas paling sering didownload lewat Torrent daripada didownload langsung. Kawan Muda jangan ngikutin ya. Mendingan denger aja lewat situs streaming legal biar kualitas suaranya tetep bagus. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.