Minggu, 25 Februari 2024

Genmuda – Kemenangan 2-1 Indonesia kontra Singapura, 25 November lalu menuntun Timnas Garuda maju ke semi-final Piala AFF 2016. Meski grafik permainan Indonesia di kompetisi ini terus meningkat, perjalanannya menuju juara masih sangat terjal gaes.

Pada 3 Desember nanti, Indonesia perlu hadapi Vietnam, jawara grup B yang ngeraih poin 9 alias sempurna setelah melibas Myanmar, Kamboja, dan Malaysia di fase penyisihan grup.

Sementara itu, Indonesia lolos grup A setelah terima kekalahan lawan Thailand, seri kontra Filipina, lalu menang atas Singapura. Indonesia pun hanya ngeraih 4 poin di fase grup.

Laga Garuda kontra Bintang Emas itu bakal dibuat dua kali, pertama pada Sabtu (3/11) selanjutnya pada Rabu (7/11). Pertandingan pertamanya bakal diadain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Sementara saat berita ini ditulis, laga kedua belum ditentuin akan berlangsung di mana.

Telanjang tanpa pertahanan

via espnfc.com
Ekspresi kepuasan skuad Bintang Emas setelah kalahin Myanmar. (Sumber: espnfc.com)

Sebelum Piala AFF digelar, Indonesia sempet dua kali uji tanding kontra Vietnam. Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman bilang hasilnya engga begitu impresif, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (28/11).

Skuad asuhan Alfred Riedl perlu waspada, karena satu kali kalah dan sekali imbang kontra Bintang Emas. Belum lagi dua pemain kunci lini belakang Indonesia engga bisa ikut bertanding.

Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto harus menepi lantaran akumulasi kartu kuning. “Dua-duanya di jantung pertahanan. Memainkan pemain yang jarang turun bisa sedikit masalah,” prediksi Djadjang.

Masih ada harapan

via genmuda.com
Pendukung timnas Indonesia udah pada upload bukti pembelian tiketnya. (Sumber: Istimewa)

Data Soccerpunter.com nunjukin kalo dari sembilan kali head to head dalam kurun 2007-2016, Indonesia dan Vietnam sama-sama menang sekali dan sisanya seri.

Dalam pertandingan Sabtu besok kedua tim sama-sama punya kemungkinan menang sebesar 11,1%. Sementara itu, kemungkinan serinya ada 77,8%.

Meskipun demikian, masih ada harapan buat Indonesia di pertandingan pertamanya berhubung diadain di kandang sendiri. Timnas pasti ngotot tampil bagus di hadapan pendukungnya sendiri.

Pendukung Merah Putih pun udah bersiap teriak sekenceng-kencengnya mengisi seluruh tribun Pakan Sari, Sabtu ini. “Saya pikir ini lebih menguntungkan. Kita bisa menang di sini dan bertahan di leg kedua supaya lolos,” harap Djadjang.

FYI, tiket nontonnya cuma bisa dibeli online di Kiostix, gaes. Jadi, buruan deh buka situsnya supaya kamu bisa saksikan timnas Garuda berjuang. Semoga menang! Gimana menurut kamu? Tulis komentar di bawah ini dong. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.