Senin, 17 Juni 2024

Genmuda – Tiga hari. Itu waktu yang dibutuhin dunia buat move on dari musibah besar akibat program penyandera data WannaCry/WannaCrypt. Serangan digital yang beritanya heboh di Inggris sekitar 12 Mei itu bisa dibilang mereda tiga hari kemudian, tepatnya pada 15 Mei.

Sebenernya sih, WannaCry udah ada sejak Maret tapi belum menginveksi ratusan ribu komputer dalam waktu singkat. Ransomware mengganas setelah dipasangi program hacking Agen Keamanan Amerika (NSA) bernama EternalBlue, yang berhasil dicolong kelompok hacker The Shadow Brokers sekitar April.

Berdasarkan data, udah 190.123 komputer dari seluruh dunia yang terinfeksi WannaCry. Tiap tujuh menit, virusnya menular ke 30-60 komputer baru. Dari statistiknya, serangan ransomware terganas tahun ini tuh sih masih mengancam, tapi secara psikologis ancamannya udah reda karena beberapa hal ini.

1. Microsoft ngasih jalan keluar

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Microsoft secara resmi ngasih jawaban atas serangan WannaCry. Lewat fitur tanya-jawab di situs, mimin Microsoft ngasih tau cara berbagai pengguna Windows mencegah infeksi. Udah gitu, perusahaan buatan Bill Gates itu lagi ngomel ke NSA karena lalai jagain senjata digitalnya dari pencuri.

2. Berbagai antivirus beraksi

via techindroid.com
(Sumber: techindroid.com).

Perusahaan antivirus lagi berlomba-lomba nih bikin fitur melawan WannaCry. Kaspersky adalah salah satu yang mengupdate layanannya supaya bisa ngelawan ransomware itu. Selain itu, Avira Antivirus juga mulai nawarin fiturnya bagi para premium user.

3. Mayoritas pakar IT nyari solusi

via businessinsider.com
(Sumber: businessinsider.com).

Berbagai pakar IT juga akhirnya ngasih solusi. Ada yang berhasil ngobatin komputernya dengan cara membeli situs yang nularin ransomware itu, ada yang menyarankan Microsoft ngeluarin update keamanan baru, dan ada yang nyaranin supaya matiin internet. Yang jelas, semua orang yang tau IT lagi pada nyari tau jalan keluar masalah darurat ini.

4. Kemenkominfo ngasih solusi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dari semua pendapat IT, akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ngasih tutorial pencegahan WannaCry buat orang-orang Indonesia. Pertama, kamu diminta matiin internet sebelum nyalain komputer.

Terus, pindahin data penting ke hard disk eksternal atau komputer non Windows. Setelah update windows dan antivirus, saatnya matiin port SMB v1. Terus, blokir port 139, 445, dan 3389 pakai firewall.

5. Ada becandaan versi WhatsApp group

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Apa akhir dari semua kejadian yang menghebohkan orang Indonesia? Jadi meme pastinya. Dalam tiga hari hebohnya WannaCry, udah tersebar becandaan pertamanya lewat berbagai grup Whatsapp.

6. Kemunculan meme perdana!

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Gak lama, muncul lagi meme yang mengutak-atik gambar surat ancaman WannaCry yang meminta tebusan 300 dolar AS jadi meminta supaya jadian. Netizen Emang Gila. Diancam “RansomWare” Paling Menakutkan, Malah Pada Becanda!

7. Ternyata penyebar bisa diajak becanda juga

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Selera humor yang aneh ternyata juga dimiliki pelaku penyanderaan ransomeware mirip WannaCry, yang namanya ThunderCrypt. Seorang netizen di Taiwan bukannya bayar uang tebusan atau melakukan berbagai upaya melawan hack, malah ngirim surat ke pelaku ransomware itu.

Doi memohon supaya komputernya gak disandera lantaran gaji bulanannya terlalu sedikit buat bayar uang tebusan. Kocaknya, sang pelaku berbaik hati mengecualikan komputer si orang Taiwan itu. Namanya juga meme yang viral. Kisah itu masih bisa dipertanyakan keasliannya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.