Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Setiap musisi selalu punya cara untuk menulis lagu bagus yang bisa dinikmati banyak orang. Mereka bisa curhatin pengalamannya, atau malah belajar dari pengalaman orang lain.

Kawan Muda mungkin bisa sepakat kalo lagu yang bagus itu biasanya mampu membuat pendengarnya seneng, nempel terus di kepala, dan pengan dinyanyiian berulang-ulang.

Selebihnya emang banyak aturan baku untuk memenuhi kriteria bagus atau enggaknya sebuah lagu, mulai dari harmonisasi nada, melodi, irama, suasana, dan tentunya emosinya dong.

Perkara enak atau enggaknya sebuah lagu emang balik ke selera dan telinga masing-masing. Tapi nih, lo harus tau gengs, kalo gak semua lagu bagus itu bisa gampang dinyanyiin sama semua orang.

Buktinya, lagu-lagu ini terbukti susah dinyanyiin karena punya nada tinggi dan emosi yang tepat. Barang kali lo ada rencana karokean bareng temen kampus atau kantor, mendingan gak usah pilih lagu-lagu ini ya.

“Bohemian Rhapsody” – Queen

Lagu yang menjadi inspirasi film dokumenter Queen yang tayang tahun ini emang mirip-mirip sama roller coaster. Beatnya naik turun, temponya cepet dan lambat.

Meski versi karaokenya lo cuma nyanyiin suara Freddie Mercury, tapi percayalah vokal 4 oktaf doi berat buat lo samaan di lagu ini.

“Best of You” – Foo Fighters

Lagunya asik buat didengerin, beatnya bikin semangat, liriknya gampang diucapin, dan suara om Dave Grohl juga masih lumayan gampang ditiru.

Pertanyaannya, apa lo kuat buat teriak-teriak sepanjang lagu ini? 4 Menit doang sih, tapi yakin suara lo jadi gak hilang atau serak?

“Hello” – Adele

Hello? Lo mau coba nyanyiin lagu ini pas karaoke biar kayak Adele gitu? OKE BHAY! Biarpun enak didenger, tapi percayalah nada di lagu ini bisa bikin tenggorokan kering dan sakit.

Kalo lo emang jago nyanyi sih silakan aja dicoba, tapi buat lo yang gak bisa nyanyi, mendingan ganti ke lagu lain, daripada lo malu.

“All by Myself” – Celine Dion

Buat yang belum tau, penyanyi asli lagu ini adalah Eric Carmen. Namun cover versi Celine Dion lah yang dianggap paling susah buat dinyanyiin karena harus tahan bernyanyi di nada tinggi selama hampir 3 menit, dong.

Wajar kalo “All by Myself” Celine Dion lebih ngetop ketimbang versi Carmen. Lewat lagu itu pula penyanyi asal Kanada yang bakal konser di Indonesia itu diakui oleh banyak orang.

“Chandelier” – Sia

Salah satu lagu ‘susah’ dari penyanyi Australia itu buat lo nyanyiin adalah “Chandelier”. Ada banyak alasannya gengs, pertama nadanya mulai rendah, sedang, sampe tinggi banget.

Pada saat nada sedang ke tinggi itulah lengkingan suara penyanyi aslinya susah buat ditiru. Masih penasaran? Coba bikin suara falset. (Itu juga kalo lo kuat ya).

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.