Sabtu, 27 Februari 2021

Genmuda – Semua orang yang berpuasa tentu udah tahu pentingnya bangun sebelum subuh buat makan sahur. Mengisi perut dengan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap kuat dan berenergi ngejalanin puasa menjadi tujuan utama santap sahur.

Tapi, ternyata masih banyak orang yang belum tau kebiasaan yang bisa merusak manfaat besar makan sahur. Biasanya, orang yang melakukan kebiasaan ini cenderung mengalami sakit tenggorokan, mudah haus, cepat mengantuk, gangguan di pencernaan, terus buka di warteg.

Supaya puasa Kawan Muda tetep semangat, ada baiknya kamu jangan lakuin kebiasaan ini ketika sahur ya.

1. Kebanyakan gorengan

kebiasaan yang perlu dihindari waktu sahur
(Sumber: CNN Indonesia)

Di Indonesia, hampir semua lauk yang disajikan dimasak dengan cara digoreng. Udah gitu, dibumbui dengan banyak garam. Rasa makanan yang digoreng ini tentu aja sedap, apa lagi kalo menunya ayam yang kulitnya garing. Kombinasi itu lah yang perlu dihindari waktu sahur.

Lemak dan minyak yang berlebihan bisa bikin badan lesu ketika berpuasa di siang harinya. Selain itu, lemak yang berlebihan bisa mengganggu pencernaan dan akhirnya bikin sakit perut. Kamu yang makan menu kaya gini juga cenderung cepat haus.

2. Makan pedas

kebiasaan yang perlu dihindari ketika sahur
(Sumber: lakupon.com)

Orang Indonesia juga biasa makan dengan berbagai jenis sambal yang pedesnya kelewatan. Kalo engga pedes engga berselera makannya. Padahal, sambel itu bisa bikin penumpukan asam lambung yang nantinya bisa bikin perut mulas ketika puasa. Kalo terlalu banyak, bisa-bisa kamu kena mag.

3. Makan porsi ekstra

kebiasaan yang perlu dihindari ketika sahur
(Sumber: alluremedia.com)

Makan sahur tujuannya mengisi tenaga yang kamu butuhin buat puasa. Tapi, bukan berarti kamu perlu makan ekstra banyak sekaligus. Itu bisa bikin asam lambung kamu naik yang nantinya perut kamu bakal sakit ketika puasa. Sebaiknya, makan dengan porsi biasa saja. Kalo kamu butuh energi ekstra, makan lah bertahap sejak beberapa jam sebelum sahur.

4. Makan kue lebaran

kebiasaan sahur
(Sumber: resepmasakankreatif.com)

Makan kue lebaran ketika sahur bukan hanya menimbulkan ‘kelangkaan’ kue ketika lebaran, tapi juga bikin asam lambung meningkat. Soalnya makanan bergula tinggi bisa memicu peningkatan asam di dalam tubuh. Kalo mau yang manis-manis, ada baiknya makan buah kurma, madu, atau hubungi pacar yang senyum manisnya tiada tara.

5. Langsung tidur

(Sumber: picoolio.net)

Setelah selesai makan sahur, sebaiknya kamu jangan langsung tidur. Perut kamu perlu satu atau dua jam waktu santai untuk mencerna makanan yang baru aja kamu masukin. Kalo kata situs manfaatpuasa.com, kamu bisa sakit tenggorokan kalo buru-buru tidur setelah bersantap sahur. Catet tuh!

6. Ngopi

Minum Kopi
(Sumber: huffingtonpost.com)

Mentang-mentang engga boleh tidur, terus kamu ngopi. Jangan, gaes. Kopi, teh, atau minuman yang mengandung kafein memiliki sifat diuretik, alias bakal merangsang kamu buang-buang air. Selain itu, kopi malah bisa bikin kamu ngantuk di siang hari, saat efek kafeinnya hilang.

7. Olahraga

chile lawan argentina copa america
(Sumber: ESPNFCASIA.com)

Udah jelas banget. Olahraga bisa menguras cairan tubuh. Karena itu, pakar nutrisi olahraga Rehan Jalali kepada LA Times bilang, “Olahraga ketika bulan puasa baiknya dilakukan malam hari, setelah buka atau sebelum sahur.” Karena mepetnya waktu olahraga, Jalali menyarankan olahragawan yang berpuasa fokus melatih otot dengan waktu olahraga pendek dan menghindari latihan kardio seperti lari atau aerobik.

7 kebiasaan itu sebaiknya engga dilakukan ketika sahur ya, soalnya lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Menurut Kawan Muda, kebiasaan apa lagi yang perlu kita hindari ketika sahur supaya puasa tetep penuh dan badan tetep sehat? Kasih tau di kolom komentar ya, nanti Genmuda.com godain! He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.