Kamis, 13 Juni 2024

Genmuda – Jumlah barang bekas di awal tahun ajaran pasti banyak, mulai dari seragam kekecilan hingga kertas-kertas bekas tugas makalah yang dibawa pulang. Sebagian besar barang gak terpakai itu pun mungkin masih berserakan di kamar.

Tunggu sebentar, gaes. Jangan buang semuanya karena ada sebagian perangkat-perangkat sekolah tahun lalu yang masih bisa diutak-atik dikit sehingga bisa terpakai meski bentuknya gak karuan lagi. Kalo gak percaya, coba aja liat contoh video tutorialnya di bawah ini.

1. Penghapus bekas

Penghapus bekas yang udah hitam dan bentuknya gak keruan sebaiknya jangan dibuang dulu. Soalnya, penghapus itu berguna banget buat bersihin noda sneakers, terutama di bagian kulit atau karetnya. Sementara itu, bagian kain sneakers-nya tetep harus dibersihin pakai air.

2. Kaus kaki bekas

A post shared by 5-Minute Crafts (@5.min.crafts) on

Kaos kaki bekas yang dulu muat dan sekarang udah belel pun jangan dibuang apalagi dikasih ke adik-adik. Ngasih barang jelek ke orang lain kan gak sopan banget. Kalo kauskakinya diisi beras atau manik-manik, voila, berubah deh jadi base boneka yang bisa dimacem-macemin bentuknya.

3. Krayon bekas

Bahkan krayon patah-patah juga bisa berubah jadi krayon baru yang bentuknya jauh lebih keren loh, gaes. Caranya gampang banget. Kumpulin aja krayon-krayonnya lalu panggang di dalam cetakan kue. Pastiin satu cetakan berisi satu krayon berwarna sejenis.

4. Balon

Coba isi balon bekas sama odol deh supaya jadi squishy yang bisa dibejek-bejek buat ngurangin stres. Mata pelajaran yang makin lama makin susah kan bikin bisa bikin pala puyeng. Selain itu, balon bekas juga bisa jadi tatakan gelas yang agak lengket ke meja. Pastiin aja balonnya masih bersih supaya gak bikin jijay ketika dipakai.

5. Kancing seragam

Kancing seragam lama yang udah engga muat bisa berubah jadi mangkok lucu dengan desain kekinian loh, gaes. Makin dewasa kan perkakas kamu makin banyak, mangkok itulah tempat kamu nyimpen paperclip, stapler, kunci motor, atau perintilan lain seperti uang receh kembalian jajan.

6. Pastik sampul makalah

Pasti ada deh makalah nganggur yang sampul plastiknya masih polos tanpa kotoran sedikitpun. Itu, loh. Plastik cover yang orang-orang juga bilang sebagai “kertas plastik.” Kertas tipis kayak gitu bisa berubah jadi gantungan kunci yang keren, loh. Caranya cuma dengan dipanasin. Kalo gak percaya, liat aja videonya.

7. Kertas warna/kertas notes

Kertas warna atau kertas notes gak terpakai juga bisa disulap jadi pembatas buku onyo yang bikin kamu ketagihan ngeliatinnya. Caranya tentu saja dengan ngelipet-lipet kertas itu pakai teknik “origami.” Gak ribet, kok. Coba aja ikuti videonya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.