Minggu, 29 Januari 2023

Genmuda – Macarin orang yang gampang gelisah engga bisa disamain dengan ngejalin hubungan sama orang yang percaya diri. Perlu banget disadari kalo doi ngebutuhin kamu lebih sering daripada mantan yang sekarang kemungkinan udah punya penggantinya.

Orang yang mudah gelisah (anxiety disorder) sering banget keliatan gugup hingga bikin stres di banyak kesempatan. Misalnya, waktu pengen ngomong di depan publik, duduk di bangku ujian, atau ketika ketemu calon mertua.

Semakin besar anxiety-nya, makin gampang doi kehilangan sikap (break-down) entah itu menangis, ngejerit, atau marah-marah sendiri. Supaya bisa jaga hubungan dan terus doi terima, kamu perlu perhatiin hal-hal di bawah ini:

1. Memahami perubahan mood doi

via psych2go.net

Pertama, kamu terima doi punya kadar kegelisahan yang tinggi. Pahami kalo mood doi gampang berubah dan jadi agak aneh ketika grogi sedikit sedikit. Orang yang gampang gelisah juga sering ngerasa dirinya engga berguna dan jadi mellow total. Tugas kamu selanjutnya adalah ngeyakinin doi kalo kegelisahan itu bisa dihadapi.

2. Ngasih ruang

Ibarat lagunya Tulus, kadang doi butuh ruang sendiri buat beristirahat karena stamina doi terkuras banyak waktu lagi gelisah. Jangan sampe kamu ganggu doi di saat istirahat sebab bisa memancing kegelisahannya dateng lagi. Gunain aja waktu tanpa doi buat ngerjain tugas.

3. Paham kalo doi gampang keringetan

via tenor.co

Kalo keringet dingin doi mulai bercucuran, jangan kamu cengin. Makin doi ngerasa tertekan kan makin banyak keringet yang keluar. Kalo kamu pacar pengertian, mungkin kamu perlu siap sedia parfum supaya doi tetep pede. Karena ada riset yang bilang kalo keringet orang stres lebih beraroma daripada keringet olahraga.

4. Bersedia ngobrol malem sama doi

Salah satu ciri orang gampang gelisah adalah susah tidur lantaran kebanyakan mikir. Kamu perlu pahami itu dan siap sedia dengerin cerita doi supaya beban perasaannya makin ringan dan pada akhirnya doi cukup tidur.

5. Tetep harus tegas

via giphy.com

Meski begitu, kamu juga tetep harus tegas. Tetep ingetin doi supaya terus sopan meski lagi break-down. Kalo kelakuan buruk doi dibiarin nanti malah jadi kebiasaan yang bikin doi dijauhi orang-orang. Ujung-ujungnya kesepian bakal bikin doi makin stres.

6. Tau cara nenangin doi

Ada baiknya tanyain hal yang bikin doi gelisah ke keluarga dan temen deketnya supaya kamu engga salah langkah. Belum tentu kan jokes andalan manjur nenangin orang lagi gelisah.

7. Bersedia ngajak doi berolahraga

Obat paling mujarab ngilangin perasaan was-was adalah berolahraga. Jumlah senyawa endorfin yang bikin bahagia di dalam tubuh bakalan meningkat setelah tubuh bergerak hingga berkeringat. Makanya, jangan males ajak doi berolahraga kalo emang kamu peduli.

8. Ajak doi berhenti ngerokok

via giphy.com

Lain dari kepercayaan, merokok justru bikin orang makin gelisah bukannya makin tenang. Senyawa nikotin yang terkandung di dalamnya bikin tekanan darah meningkat dan jantung berdebar-debar. Orang yang punya anxiety bakal ngerasa efeknya sama seperti waktu doi lagi gelisah berat. Karena itu, ajak doi berhenti ngerokok pelan-pelan. Terus ingetin supaya jauhi rokok begitu doi udah engga ngerokok sama sekali.

Percaya, dengan ngelakuin delapan hal itu kamu bakalan jadi pacar nomer satu sepanjang hidup doi deh. Kira-kira ada yang kurang engga ya? Langsung aja deh tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.