Senin, 17 Januari 2022

Genmuda – Kalo ada satu dari sekian banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang kamu yakin udah kamu lakuin dengan benar padahal engga, maka itu adalah keramas. Bahkan, kamu pun selama ini mungkin sama sekali engga sadar akan hal itu, Kawan Muda.

Keramas pada dasarnya engga cuma sekedar nyiramin air, makein sampo (dan kondisioner), mijat-mijat kepala, bilas, ngeringin, dan nyisir rambut terus abis itu udah gitu aja. Masing-masing tahap tersebut sebetulnya masih harus kamu perhatiin dengan seksama kalo kamu pengen hasil yang maksimal.

Lantas, emangnya apa aja sih yang harus kita lakuin supaya bisa keramas dengan baik dan benar? Well, sebenarnya kuncinya engga ribet yang gimana-gimana sih, Kawan Muda. Cuma butuh sedikit usaha ekstra aja, kamu pun udah engga perlu khawatir lagi bakal keramas cuma buat buang-buang sampo. Berikut ini adalah 5 contoh kesalahan keramas yang sebaiknya kamu hindarin mulai sekarang:

1. Keseringan keramas

Ini sebetulnya udah bukan rahasia lagi, tapi mungkin sebagian di antara kamu masih ada aja yang ‘bandel’. Coba deh buat engga keramas tiap hari, kecuali kamu abis berenang atau ngelakuin aktivitas fisik yang bikin rambut kamu lepek. Kalo kamu keseringan keramas, yang ada rambut kamu bakal kering, kusut, dan ngeproduksi lebih banyak minyak dari yang seharusnya. Terlepas dari itu, yang terpenting di sini adalah gimana kamu keramas, bukan sesering apa kamu keramas.

2. Takaran sampo yang engga seimbang

via imgur.com

Mentang-mentang rambut kamu panjang dan tebal, bukan berarti kamu jadi boros sampo. Lagi pula, kamu sebaiknya lebih fokus buat pakai sampo di bagian akar rambut kamu aja, tapi tanpa ngegaruk atau mijat secara berlebihan. Sementara buat bagian ujung rambut, itu urusannya kondisioner. So, engga peduli produk sampo dan kondisioner apa yang kamu pakai, usahain buat ngegunain masing-masing produk engga lebih dari takaran seukuran koin setiap kali kamu keramas.

3. Pakai air yang terlalu panas

Buat kamu yang berpikir bahwa keramas pakai air panas bisa ngebantu bikin rambut kamu lebih bersih, kamu keliru nih, Kawan Muda. Air panas (apalagi yang panasnya kebangetan) justru engga bagus buat rambut kamu, soalnya yang ada kutikula rambut kamu bakal kebuka dan engga bisa nyerap nutrisi penting buat rambut kamu. Alhasil, abis keramas rambut kamu malah bakal kusut dan susah diatur. Kalopun kamu engga bisa keramas pakai air dingin, ya gunain aja air hangat.

4. Sampoan cuma sekali

via her.ie

Kamu mungkin bakal berpikir sampoan dua kali itu merupakan hal yang buang-buang waktu. Padahal, hal tersebut terbilang cukup efektif buat diterapin, apalagi kalo kamu keramasnya dua hari sekali atau bahkan lebih dari itu. Pastiin aja kamu ngebilas rambut dan kulit kepala kamu secara seksama, dan akhiri dengan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut kamu.

5. Langsung nyisir setelah keramas

Udah mah langsung nyisir, eh ngeringinnya engga benar pula. FYI, ketimbang baru nyisir setelah kamu keramas, mending kamu nyisir pas lagi pakai kondisioner. Sisirnya pun jangan yang rapat-rapat banget, tapi yang gigi-giginya lumayan lebar biar rambut kamu engga gampang ronton. Selamat berkeramas ria, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer