Senin, 13 Juli 2020
Kekinian

Whaaaaattt? Istri Donald Trump Jiplak Pidato Istri Barack Obama? (dan 5 Tokoh Ternama Lainnya yang Pernah Dituduh Plagiat)

Melania Trump (Sumber: theweek.co.uk)

Genmuda – Baru juga dipuji, eh engga lama kemudian udah langsung dijatuhin lagi. Sakit. Kira-kira itulah yang kini tengah dialami istri Donald Trump, yang diduga ngejiplak pidato ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama.

Pidato Melania Trump di Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland, Senin (18/7) malam waktu setempat, awalnya emang dapat sambutan yang cukup baik. Hingga akhirnya, sejumlah kritikus nemuin bahwa terdapat beberapa paragraf dalam pidatonya yang terkesan mirip kayak pidato istri Barack Obama di Konvensi Nasional Partai Demokrat 8 tahun yang lalu.

FYI, bagian pidato Melania yang dipersoalin tersebut ngegarisbawahin tentang nilai-nilai yang berpengaruh dalam hidupnya. Secara khusus, beliau ngebahas tentang ajaran yang didapat dari orang tuanya, mulai dari kerja keras sampe gimana seharusnya kita berlaku terhadap orang lain.

“Orang tua saya menanamkan pada saya nilai-nilai bahwa kita harus bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dalam hidup, bahwa perkataan kita merupakan jaminan kita dan kita harus melakukan apa yang kita katakan serta harus menepati janji, bahwa kita harus memperlakukan orang lain dengan hormat. Mereka juga mengajarkan saya untuk menunjukkan nilai-nilai dan moral-moral itu dalam kehidupan saya sehari-hari,” kata Melania.

Sementara itu, dalam pidatonya di Denver tahun 2008, Michelle nyampein bahwa, “Barack dan saya dibesarkan dengan begitu banyak nilai yang sama: bahwa kita harus bekerja keras untuk apa yang kita inginkan dalam hidup, bahwa kata-kata kita merupakan jaminan kita dan kita harus melakukan apa yang kita janjikan, bahwa kita harus memperlakukan orang lain dengan penuh harga diri dan kehormatan, bahkan jika kita tidak mengenal mereka, dan bahkan jika kita tidak sependapat dengan mereka.”

Bukan cuma itu, Melania lalu nambahin pula bahwa berbagai nilai yang diperoleh dari orang tuanya sebaiknya bisa diterusin ke generasi yang akan datang. “Kita perlu meneruskan ajaran-ajaran itu untuk banyak generasi mendatang. Kami menginginkan agar anak-anak di negara ini mengetahui bahwa satu-satunya batasan untuk pencapaian mereka adalah kekuatan mimpi mereka dan kemauan mereka untuk mewujudkannya,” ujarnya.

Sebaliknya, dalam pidato Michelle, kalimatnya berbunyi, “Barack dan saya bertekad untuk membangun kehidupan yang berpedoman pada nilai-nilai ini, dan meneruskannya kepada generasi berikutnya. Kami ingin anak-anak kami — dan semua anak di negara ini — mengetahui bahwa satu-satunya batas bagi puncak prestasi mereka adalah jangkauan mimpi mereka dan kemauan mereka untuk mewujudkannya.”

Well, Melania sih ngakunya beliau nulis pidatonya cuma dengan “sedikit bantuan”. Sementara itu, ketua kampanye Donald, Paul Manafort, dengan tegas ngebantah dugaan plagiarisme pidato Melania dan bilang bahwa “ini adalah kata-kata yang umum”. Beliau bahkan bilang bahwa kontrofersi tersebut merupakan conton perlakuan agresif yang diterima oleh orang-orang yang ngelawan Hillary Clinton.

Terlepas dari itu, Melania sebenarnya bukanlah satu-satunya tokoh ternama yang udah diduga ngelakuin plagiarism. Sebelumnya, ada pula sejumlah tokoh lainnya yang engga kalah populer, mulai dari presiden sampe penyanyi, yang udah lebih dulu ngelakuin hal serupa. Berikut ini 5 di antaranya:

1. James Cameron

(Sumber: YouTube)

Sutradara James Cameron berhasil nuai kesuksesan besar lewat film ‘Avatar’-nya. Tapi, itu semua diduga merupakan hasil dari kerja keras orang lain. Ide tentang seorang lumpuh yang berbaring di mesin dan dialihin ke sebuah tubuh lain buat ngejelajahin suatu planet katanya sih merupakan plot yang awalnya dirancang oleh Paul Anderson di novelnya yang berjudul ‘Call Me Joe’. Satu-satunya yang ngebedain ‘Avatar’ dan ‘Call Me Joe’ adalah latar tempatnya, yaitu Pandora dan Jupiter.

2. J.K. Rowling

(Sumber: kistodaynews.com)

Ngomongin soal serial ‘Harry Potter’, pasti ujung-ujungnya bakal berkaitan dengan penulis ini. Namun demikian, dari sekian banyak pujian dan kesuksesan yang diperolehnya, di awal tahun 2010 yang lalu beliau sempat dituduh nyuri ide dari novel ‘The Adventures of Willy the Wizard’ (1987) karya Adrian Jacobs buat ‘Harry Potter and the Goblet of Fire’. Ya untungnya sih beliau dan penerbitnya berhasil menangin gugatannya. Meski begitu, pihak Adrian masih terus nyoba nuntut Rowling di sejumlah negara berbeda, termasuk Amerika dan Australia (tapi akhirnya tetap kalah juga).

3. Robin Thicke

(Sumber: independent.co.uk)

Kasus penyanyi ini bisa dibilang merupakan kasus plagiarisme terheboh di industri musik abad ini. Lagu ‘Blurred Lines’ yang doi bawain bareng Pharrell Williams dan T.I. diklaim udah niru lagu ‘Got to Give It Up’ (1973) milik Marvin Gaye oleh keluarga mendiang musisi itu. Robin emang ngakuin bahwa ‘Blurred Lines’ turut dipengaruhi oleh ‘Got to Give It Up’. Terlepas dari itu, hakim akhirnya mutusin bahwa Robin dan Pharrell (tanpa T.I.) bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta dan harus ngebayar ganti rugi sebesar 7,4 juta dolar ke keluarga Marvin.

4. Amy Schumer

Engga cuma ide film, buku, dan lagu doang yang bisa dicuri, tapi ide lawakan juga bisa loh, Kawan Muda. Pada kasus komedian yang satu ini misalnya, di awal tahun ini doi diduga udah ngegunain lawakan orang lain, mulai dari mendiang Patrice O’Neal sampe sesama komedian cewek kayak Wendy Liebman, Tammy Pescatelli, dan Kathleen Madigan. Akan tetapi, doi dengan tegas ngebantah semua tuduhan itu, bahkan sampe tampil di acara radio The Jim Norton Advice Show buat “ngebersihin namanya”.

5. Barack Obama

(Sumber: boston.com)

Omaigat, Pak Obama juga plagiat pidato? Well, menurut Hillary Clinton — saingannya di pemilihan presiden AS di 2008 — sih gitu. Menariknya, engga kayak kasus tuduhan plagiarisme lainnya, Obama ngakuin bahwa dirinya seharusnya ngasih kredit ke Gubernur Deval Patrick. Tapi, beliau juga bilang kalo mereka berteman dan berbagi ide buat pidatonya bareng-bareng. Pak Deval sendiri justru ngebela Obama dan kampanye beliau pun engga begitu terganggu walau kasus plagiarisme pidatonya cukup banyak dibicarain orang-orang. Gimana dengan Donald Trump ya? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer