Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Dalam sebuah persahabatan, ada beragam jenis individu yang dapat kalian temui. Mulai dari si bawel, si tukang pamer, si perhatian, hingga si tukang tikung. (Yang terakhir paling nyebelin)

Meski perkara ‘tikung menikung’ udah jadi sesuatu yang lumrah dalam suatu hubungan. Tapi lain persoalannya kalo ditukung sama teman sendiri. Siapa yang bisa tahan sih? Dari awalnya PDKT ‘didukung’, endingnya malah kena ‘ditikung.’

Punya teman ‘Tukang Tikung’ emang engga ada untungnya. Bukan cuma nikung kesempatan, doi bahkan bisa aja jadi orang ketiga dalam hubungan percintaan kamu dengan si dia. *Duh!

Mamet: “Tur, lo mau ketemu Gabby di Bekasi ya?”

Guntur: “Iya emangnya kenapa Met?”

Mamet: “Gue nebeng ya, sekalian arah balik!”

Guntur: “Loh, kan rumah lo di Tangsel?”

Mamet: “…”

Dari diskusi di atas bisa dicermati kalo Mamet punya motif lain di antara hubungan Guntur dengan Gabby. Paham sih kalo pertemanan Mamet dan Guntur bagai kepompong, tapi engga perlu sampe seposesif itu kali. Teman Kawan Muda ada yang kayak gitu? Wajib dicurigai tuh.

Anyway, sebelum kejadian ngenes kayak gitu terjadi sama kamu, Genmuda.com punya beberapa tanda-tanda kalo teman kamu berpotensi menjadi tukang tikung. Kayak apa aja? Langsung aja cermati baik-baik supaya kamu engga gampang kena tikung.

Selalu kepo sama hubungan kamu dengan pacar/gebetan

(Sumber: buzz.viddsee.com)
(Sumber: buzz.viddsee.com)

Tipe tukang tikung biasanya selalu kepo sama hubungan kamu dengan pasangan kamu. Doi biasanya selalu update atas masalah yang kalian berdua hadapi. Sekali kamu kendor, doi bisa aja masuk sebagai orang ketiga sehingga bisa merusak semuanya seperti negara api. *Loh

Suka salting kalo ketemu pacar/gebetan kamu

anigif_optimized-4332-1447085343-1

Ciri-ciri selanjutnya dapat terlihat dari sikap teman kamu (yang dicurigai sebagai tukang tikung). Kalo doi mendadak salting dan heboh sendiri pas ketemu pasangan kamu, bisa jadi doi menyimpan sesuatu. Engga menutup kemungkinan, doi bisa colongan buat modusin pasangan kamu. Waspadalah!

Mencoba menarik perhatian pasangan kamu

(Sumber: shutterstock.com)
(Sumber: shutterstock.com)

Selain jago modus, si tukang tikung selalu berusaha tampil secantik atau seganteng mungkin supaya keliatan ‘wah’ di depan pasangan kamu. Namanya juga lagi usaha. Pasti seseorang rela menjual diri mereka supaya lebih menarik. Bahkan mereka bisa aja kelihatan berbeda dari biasanya, khusus di depan pasangan kamu aja. Sekali dua kali mungkin engga keliatan aneh, tapi kalo setiap ketemu pacar/gebetan kamu doi lebay kayak gitu, masa iya sih kamu engga curiga?

Lebih baik ke pasangan kamu, ketimbang sama kamu sendiri

via: giphy

Level selanjutnya lebih bahaya nih guys. Biasanya tukang tikung menghalalkan segala cara buat menjerat target mereka. Lucu dong, ngakunya sahabat tapi lebih berat ke pasangan kamu. Apalagi kalo doi engga bisa objektif saat jadi penengah. Kalo udah kayak gitu buru-buru deh kamu menghidar buat nyeritain masalah hubungan kamu ke doi.

Diam-diam suka main belakang

via favim.com
(Sumber: favim.com)

Maksudnya doi rutin main di deket toilet? Bukan. (Itu sih penulisnya aja yang jayus) Cara ini mungkin udah jadi klimaks dari karakter tukang tikung. Mereka engga segan buat melakukan interaksi dengan pasangan kamu tanpa sepengetahuan kamu. Kalo udah kayak gitu jelas si tukang tikung salah, tapi kalo pasangan kamu ikutan tergoda, bisa disimpulin dua-duanya udah mengkhianati kamu. *Tsah!

Well, dari lima tanda-tanda di atas adakah seorang teman dari kamu yang mewakilinya? Kalo udah ada gejalanya langsung aja konsul sama Genmuda.com biar hubungan asmara dan persahabatan kamu engga kusut kayak rambut kering. He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.