Sabtu, 13 Juli 2024

Genmuda – Dari jaman batu sampai sekarang, selingkuh kerap dipandang sebagai hal paling buruk yang bisa terjadi dalam suatu hubungan. Namun demikian, di samping selingkuh sebenarnya masih banyak hal lain yang lebih berpotensi buat ngehancurin hubungan kamu.

Entah secara fisik atau emosional, yang jelas selingkuh engga bisa lepas dari anggapan sebagai bentuk pengkhianatan utama bagi banyak pasangan. Ibaratnya, pasangan yang selingkuh itu udah kayak serigala berbulu domba, yang diam-diam dan perlahan tapi pasti bakal nusuk kamu dari belakang (tsah!).

Terlepas dari itu, kadang kamu mungkin lupa kalau sejumlah hal kecil juga bisa berpengaruh negatif pada hubungan kamu sama si doi. Padahal, saking kelihatan sepele dan kayak engga bisa dibedain, berbagai hal tersebut bakal jauh lebih berbahaya buat kelangsungan hubungan kamu. Berikut ini 6 contohnya:

  1. Nyembunyiin perasaan sayang

Nahan kentut aja bisa sakit, apalagi nahan perasaan sayang? Sebagian dari kamu mungkin belum sadar kalau nyembunyiin perasaan sayang itu bukanlah hal yang baik. Iya sih engga semua orang bisa ngungkapin perasaan sayang dengan mudah.

Tapi, engga nunjukin perasaan sayang sama sekali justru bisa jadi kendala yang lebih besar. Entah itu cuma nanya keadaan atau bahkan ngomongin hal-hal serius dan saling ngebantu di saat ada masalah, absennya berbagai hal itu bisa bikin pasangan kamu jadi ragu.

  1. Bohong dan nyembunyiin hal-hal kecil

(Sumber: thoughtcatalog.com)

Walau alasan kamu adalah buat kebaikan dan ngejaga perasaan si dia, tetap aja yang namanya bohong dan nyembunyiin hal-hal kecil bisa berubah jadi perkara besar. Kalau kamu engga mau ngasih tahu sesuatu ke pasangan kamu karena takut kamu bakal nyakitin doi, ya dari awal mending kamu engga ngelakuin hal yang kamu rahasiain itu. Ingat, kalau kamu engga bisa jujur dan terbuka satu sama lain, kamu ke depannya bakal susah buat terus pertahanin hubungan kamu.

  1. Ngeributin masalah sehari-hari

Ribut-ribut kecil memang wajar dalam suatu hubungan, engga peduli apa yang kamu dan si dia ributin. Meski begitu, hal-hal semacam itu nantinya justru bisa jadi masalah serius seiring berjalannya waktu. Yang lebih parahnya lagi, hal tersebut bisa aja berubah jadi keributan besar yang berujung pada berakhirnya hubungan kalian.

  1. Nyimpan perasaan kecewa dan benci

Ibarat bangkai yang lama-kelamaan bakal kecium juga baunya, perasaan kecewa dan benci yang dipendam ujung-ujungnya pasti bakal jadi bom waktu yang bisa tiba-tiba meledak. Di saat perasaan kecewa dan benci itu terungkap, mungkin hubungan kamu dan si dia udah keburu hancur duluan. Oleh karena itu, lagi-lagi biasain buat selalu jujur dan terbuka sama pasangan kamu.

  1. Engga saling percaya

(Sumber: bluewin.ch)

Selain kecemburuan, salah satu hal yang berhubungan banget sama selingkuh adalah engga saling percaya satu sama lain. Padahal, kepercayaan merupakan hal yang penting dalam ngebina suatu hubungan. Kalau kamu engga percaya sama si dia atau pasangan kamu itu engga percaya sama kamu, ya mending kalian siap-siap aja hubungan kalian bakal kandas di tengah jalan.

  1. Kurangnya komunikasi

Ini dia nih ancaman terbesar dalam suatu hubungan. Komunikasi di sini bukan berarti kamu dan si dia wajib saling lapor 24 jam loh ya. Justru, komunikasi yang dimaksud adalah ngomongin berbagai hal yang sebaiknya kalian lakuin atau engga lakuin dalam hubungan kalian. Kalau mau lebih sederhananya lagi, ya minimal kalian pas lagi ketemuan engga sibuk sama smartphone masing-masing dan luangin lebih banyak waktu buat ngobrol. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer