Kamis, 9 Februari 2023

Genmuda – Selagi masih muda, pada dasarnya ada banyak banget hal yang bisa kamu lakuin maupun engga perlu kamu lakuin. Meski begitu, bukan berarti hal tersebut malah jadi ngebebanin kamu loh ya, Kawan Muda.

Di tiap tahap kehidupan, tuntutan buat mencapai atau ngehindarin sesuatu emang bakal selalu ada. Apalagi di usia 20-an, kamu otomatis bakal jadi lebih sering bertanya-tanya soal semua tuntutan tersebut. Hal itu pun terjadi karena kamu lagi berada di masa krusial, di mana kamu harus lebih banyak ngambil keputusan dan berhadapan dengan perubahan yang bakal berdampak buat masa depan kamu.

Nah, berawal dari situ, penyesalan dan rasa bersalah akhirnya kerap muncul, khususnya saat kamu engga bisa menuhin semua tuntutan yang ada. Iya sih penyesalan emang selalu datang di akhir. Terlepas dari itu, kamu sebetulnya engga perlu ngerasa bersalah banget atas apa yang udah atau belum terjadi pada hidup kamu. Berikut ini adalah 5 hal yang engga perlu bikin kamu ngerasa bersalah di usia 20-an:

1. Belum keliling dunia

via missmushyshellz.wordpress.com

Ngelakuin perjalanan keliling dunia bisa dibilang merupakan salah satu impian banyak orang. Entah itu sambil ngelanjutin pendidikan atau sekedar liburan dan berpetualang, dua-duanya sama-sama diminatin. Namun demikian, engga bisa diungkirin kalau keliling dunia juga butuh biaya, kesiapan mental, dan terutama pengambilan risiko buat ninggalin kehidupan normal kamu. So, kamu engga perlu ngerasa berasalah kalo belum ngelakuin ini, soalnya yang penting kamu siapin diri kamu dulu.

2. Engga tahu soal hal tertentu

Ingat, belajar itu engga terbatas di bangku sekolah dan sampai umur tertentu aja. Sampai kamu meninggal pun kamu masih bisa nyari tau banyak hal baru yang sebelumnya engga pernah kamu pikirin, baik soal politik, sejarah, seni, atau apapun itu. Lagi pula, yang Maha Tahu itu cuma Tuhan, jadi engga usah maksain diri kamu buat harus tahu segala macam hal sampai ke akar-akarnya.

3. Belum sukses

via imgur.com

Entah kamu belum ngedapetin pekerjaan impian, gaji masih pas-pasan, ke mana-mana masih naik ojek online, atau tinggal masih bareng ortu, jangan jadiin semua itu sebagai patokan bahwa kamu belum sukses. JSYK, Colonel Sanders yang ngediriin KFC aja baru terbilang benar-benar sukses pas udah lansia. Yang penting di sini adalah kamu engga berhenti berusaha dan pantang nyerah.

4. Beteman sama orang yang engga tepat

Hayo, engga tepat di sini bisa punya dua arti loh. Yang pertama adalah engga tepat karena ngebawa pengaruh buruk atau engga ada di saat kamu butuhin, sedangkan yang kedua adalah engga tepat karena menurut kamu engga bisa ‘nguntungin’ kamu. Well, yang manapun itu yang ada di hidup kamu sekarang, yang jelas syukurin aja semua teman yang masih dan pernah kamu punya sampai saat ini. Seiring berjalannya waktu, pasti bakal kelihatan kok mana yang benar-benar teman dan mana yang engga.

5. Masih jomblo

via rebloggy.com

Kata Afgan, jodoh pasti bertemu. Percaya engga percaya, tapi emang itu benar adanya, Kawan Muda. Kalo kamu mulai ngerasa engga pede atau bahkan sampai ngerasa kayak engga laku, kamu ingat aja bahwa Tuhan lagi nyiapin jodoh yang terbaik buat kamu, makanya Tuhan ngehindarin kamu dari orang-orang yang cuma bakal berlalu gitu aja dari hidup kamu (tsah!). Tetap semangat, kamu engga sendirian! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer