Selasa, 7 Juli 2020

Genmuda – Ngakuin kesalahan sendiri pada dasarnya emang engga mudah. Bahkan, bagi banyak orang, yang jauh lebih mudah itu adalah justru nyalahin orang lain, Kawan Muda.

Ada sebuah peribahasa yang berbunyi “Gajah di pelupuk mata engga terlihat, semut di seberang lautan nampak jelas.” Peribahasa tersebut secara engga langsung nunjukin gimana kita suka lebih fokus ngelihat kesalahan orang lain, sedangkan kesalahan kita sendiri justru suka kita biarin gitu aja.

Singkatnya, kamu mungkin pernah (atau bahkan) sering disalahin orang lain atas banyak hal yang sebetulnya bukan salah kamu. Engga peduli hal tersebut ada kaitannya sama orang-orang di sekitar kamu atau engga maupun sekeras apa kamu mikirin penyebab dan solusinya, ujung-ujungnya tetap aja kamu yang bakal disalahin. Berikut ini adalah 7 contoh kasusnya:

1. Punya tubuh seksi

via tumblr.com

Punya tubuh kayak gitar Spanyol atau kayak tahu kotak-kotak pada dasarnya merupakan hal yang sah-sah aja. Dengan demikian, kamu engga perlu ngerasa bersalah kalo ada lawan jenis yang ngelihat kamu dengan penuh ketertarikan. Itu ‘kan emang udah kodrat alami manusia buat tertarik sama lawan jenis.

2. Pacaran sama orang yang engga disukai teman dan keluarga kamu

Berhubung kamu engga bisa ngendaliin perasaan orang lain, otomatis kamu sebenarnya engga perlu ngerasa bersalah kalo orang-orang terdekat kamu masih belum bisa nerima pacar kamu, terlepas dari apapun itu alasannya. Sebagian orang emang suka engga akur dan itu engga masalah. Kamu masih bisa kok sayang sama dua orang yang engga saling suka tanpa harus ngerasa terbebani.

3. Diselingkuhin pasangan

via gurl.com

Engga peduli apa alasan di balik selingkuhnya pasangan kamu, itu pada akhirnya merupakan pilihan mereka. Walau bisa ngerefleksiin masalah dalam hubungan kalian, aksi doi itu tetap aja bukan kesalahan kamu secara langsung. Dengan kata lain, doi punya pilihan, doi udah milih, dan itu urusan doi.

4. Jadi jomblo

Punya pacar salah, engga punya pacar juga salah. Udah lah engga usah dipusingin, Kawan Muda. Daripada kamu maksain diri buat ngejalin hubungan tapi ternyata kamu belum siap atau pasangan kamu masih pengen main-main, mending kamu jomblo aja ya ‘kan? Selama jadi jomblo masih engga dosa, ya udah kamu jalanin dulu aja.

5. Punya keluarga yang unik atau konyol

via theodysseyonline.com

Punya keluarga unik atau konyol sebetulnya engga seburuk kedengerannya kok. Namun demikian, kalo orang tua atau saudara kamu suka ada yang ngelakuin hal-hal yang malu-maluin di depan umum, kamu engga usah ngerasa gimana-gimana. Bukan salah kamu juga kok kalo mereka kayak gitu.

6. Engga disukai sama orang lain

Kalo ada orang yang engga suka sama kamu, itu sebenarnya masalah doi. Engga ada yang bisa kamu lakuin buat nyegah atau ngehentiin hal tersebut. Oleh karena itu, kamu engga perlu ngeribetin diri dengan nyari tau apa kesalahan kamu, kecuali kalo emang ada tindakan kamu yang terbilang fatal. Tugas kamu bukanlah buat ngebikin orang-orang suka sama kamu, melainkan buat jadi manusia sebaik mungkin tanpa bersikap jahat atau nyakitin orang lain.

7. Orang lain ngambil keuntungan dari kamu

via jacquieskokna.wordpress.com

Buat kasus yang satu ini, biasanya orang lain bakal nyalahin kamu dengan alasan kamu terlalu polos, engga bisa jaga diri, dan semacamnya. Apalagi kalo udah nyangkut masalah pelecehan seksual atau kekerasan emosional misalnya, engga jarang sebagian orang malah jadi terkesan mandang kamu sebelah mata dan mojokin kamu. Ingat, engga peduli apa yang terjadi, perlakuan kejam itu engga bisa dibenarin dan nyalahin korban engga bakal nyelesain masalah. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer