Senin, 25 Mei 2020

Genmuda – Udah, udah. Cukup sampai sini kebingungan dan perdebatan tentang soal matematika simpel tapi sulit yang meneror media sosial. Kayak Civil War yang mecah Avenger, netizen juga terpecah dua. Kelompok satu ngejawab “9” dan yang lain ngejawab “1.”

SPOILER: Buat kamu yang males sama matematika tapi penasaran jawabannya, jawaban yang benar tuh 9. Buat yang males baca, langsung aja nonton video di paling bawah. Kalo mau lebih tercerahkan, ya baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kenapa jawabannya 1?

Mereka yang ngejawab 1 pasti ngerjain soalnya kayak gini:

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Sementara yang jawab 9 pasti jalannya macam ini:

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Argumennya sama-sama kuat dan hitung-hitungannya engga salah. Bahkan jawaban kalkulator juga terpecah dua. Tenang aja. Soal matematika yang ternyata jadi perdebatan sejak dulu itu bisa kamu jawab dengan mengikuti prinsip urutan pengerjaan soal, yang dikenal dengan rumus P-E-MD-AS. Apa itu?

P: Parentheses / dalam kurung

E: Exponents / pangkat & akar

MD: Multiplication & Division / kali dan bagi

AS: Addition & Subtraction / tambah dan kurang

Rumusnya bilang kalo soal dalam kurung dikerjain duluan. Abis itu, soal akar dan pangkat yang diselesaikan. Setelahnya, giliran kali-bagi. Terakhir, baru deh penjumlahan dan pengurangan hingga ketemu hasil akhirnya.

Kalo dalam satu soal isinya tambah/kurang atau kali/bagi doang gimana? Ya kerjain aja secara berurutan dari kiri ke kanan kayak kamu biasa menulis dalam Bahasa Indonesia.

Berdasarkan prinsip PEMDAS dan “kiri-kanan,” mereka yang ngejawab “1” tuh salah karena menyelesaikan bagian kanan dulu baru bagian kiri. Padahal, awalnya mereka udah bener ngerjain yang dalam kurung duluan.

PEMDAS itu sendiri udah ada sejak tahun 1500an dan tercipta biar engga ada masalah matematika kayak gini. Kalo jawaban soal matematika ada dua atau tiga, berarti engga masuk ilmu pasti dong. Sayangnya, banyak yang melupakan PEMDAS.

Kalo kamu engga percaya sama Genmuda.com, coba deh nonton video penjelasannya di bawah ini. Setelah itu, udah ya. Jangan banyak debat lagi karena perdebatan adalah awal dari putus (CURCOL!!).

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.