Jum'at, 12 Juli 2024

Genmuda – Pernah kebayang punya bioskop di kamar sendiri engga? Kalo iya, sekarang impian kamu bisa jadi kenyataan lewat kotak sepatu bekas. Sebuah video dari TechBuilder mencoba menjawab solusi tersebut.

Kamu cukup memerlukan beberapa material seperti kaca pembesar, kotak sepatu bekas, pisau cutter, lem super, pensil, jangka, kertas karton, dan pastinya smartphone (ini paling penting). Cara kerjanya cukup sederhana kok, lensa cembung ‘Lup’ diatur supaya mampu memperbesar tampilan di layar handphone.

Pertama kamu diharuskan membuat ukuran lensa di bagian sisi kotak sepatu dengan pensil supaya lensanya bisa pas saat di tempel. Kemudian potong lingkaran tersebut menggunakan jangka dan pisau cutter. Sebelumnya pastiin jika bagian sambungan kotak sepatu udah kamu rekatkan dengan lem.

Selanjutnya tempel lensa kaca pembesar ke dalam lingkaran kotak sepatu yang tadi udah kamu potong. Rekatkan dengan lem super supaya lensanya kuat dan mampu mencitrakan gambar dari layar ponsel kamu. Terakhir bentuk kertas karton menjadi sebuah standing yang presisi dengan bagian dalam dan membentuk sudut 90 derajat.

Hal ini dimaksudkan supaya titik fokus layar proyektor bisa kamu atur sedemikian rupa. Buat suaranya, langsung aja sambungkan speaker bluetooth atau membuat lubang tambahan di sisi belakang kotak sepatu.

Untuk tutorial lengkapnya, langsung aja tonton videonya di bawah:

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.