Rabu, 1 Desember 2021

Genmuda – Aktivitas sehari-hari udah rumit dan bikin jengkel, contohnya adalah kemacetan jalan raya, antrian panjang di toko donat karena lagi ada promo, belum lagi koneksi internet yang lelet dan ngehambat pekerjaan kita. Tapi yang paling nyebelin lagi adalah hal kecil yang kita jarang sadari, tapi sebenernya nyata, yaitu tali sepatu yang suka lepas. Duh, apalagi kalo lagi buru-buru, pasti males ngebenerin, dan ngebiarin itu tali sepatu melambai-lambai keinjek.

Tenang, kumpulan anak teknik mesin di University of California, Berkeley udah nemuin nih jawaban kenapa tali sepatu gampang kebuka sendiri. Berawal dari tahun 2005, setelah TED ngobrol sama Terry Moore dan mereka berdiskusi tuh tentang gimana cara yang bener buat ngiket tali sepatu, dan mereka pengen tau kenapa iketan tali sepatu suka lepas sendiri.

Kenapa tali sepatu bisa lepas?

Dilansir dari seventeen.com, Mereka punya beberapa alasan yang dijadikan hipotesa awal. Ternyata, pergerakan kaki lah yang bikin tali sepatu mengalami pemaksaan ke arah yang berlawanan. Akibatnya dari sepatu yang menyentuh permukaan lah yang menyebabkan ikatan ini berubah bentuk. Pergerakan kaki yang berulang-ulang inilah yang akhirnya bikin ikatan tali sepatu kamu lepas.

Gimana cara mengujinya?

Buat memastikan bahwa hipotesisnya bener, para peneliti akhirnya bikin treadmill yang dilengkapi dengan kamera yang bisa menangkap gambar secara lambat atau slow motion sampai 900 frame selama 1 detik. Dengan alat ini, para peneliti bisa meneliti seseorang yang jalan dengan sepatu yang berbentuk sepatu (toe shoes). 

Dengan menggunakan ikatan yang beda dan diuji juga dengan menggunakan accelerometer, atau sensor yang digunakan buat mengukur percepatan suatu objek, baik percepatan statis maupun dinamis.

Hasilnya uji cobanya gimana?

Hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society Series A menjelaskan bahwa biasanya kita selalu mengikat tali sepatu yang “lemah” dulu, baru yang “kenceng”. Bingung? Jadi, kalo kamu mengikat tali sepatu kamu dan jatuh sejajar sama kaki kamu, berarti ikatan tali sepatu kamu lemah. Tapi kalo talinya jatuh secaara tegak lurus, berarti tali yang kamu ikat bakalan kuat dan gak akan lepas. Masih bingung? Tonton nih tutorial cara mengikat tali sepatu yang bener sesuai sama penelitian yang empiris. Wah, rumit!

Mungkin yang paling menyenangkan dari penelitian ini adalah bikin kita gak lagi kayak anak bocah yang dikit-dikit benerin tali sepatu. Di sisi lain, para peneliti percaya kalo penemuan ini bisa bikin mereka negrti tentang konsep DNA dan protein, yaitu kenapa mereka terikat sempurna, tanpa pernah lepas. Jadi setelah ini, gak ada lagi ya berhenti tengah jalan, nunduk, dan membungkuk karena mesti benerin tali sepatu! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.