Rabu, 1 Desember 2021

Genmuda – Ada kabar menggembirakan nih dari ‘Paris van Java’ atau Kota Kembang Indonesia, Bandung! Lewat akun Instagram walikota-nya yang kece, Kang Ridwan Kamil, kita baru aja tau kalau Bandung masuk dalam nominasi Smart City terbaik di dunia. Cihuy!

Rabu, 18 November kemarin, Kang Emil menginformasikan bahwa kota yang dipimpinnya tersebut terpilih menjadi satu dari enam kota terbaik di dunia dalam Smart City Expo World Congress. Selain Bandung, lima kota lainnya yang juga jadi nominasi adalah Buenos Aires (Argentina), Curitiba (Brazil), Dubai (Uni Emirat Arab), Moskow (Rusia), dan Peterborough (Inggris).

Hebatnya lagi, Bandung berhasil masuk ke dalam enam besar inovasi Smart City, setelah ngalahin puluhan kota-kota dunia yang sebelumnya udah diobservasi nih Kawan Muda. Smart City Expo World Congress sendiri diadain oleh Fira Barcelona, dan bertujuan untuk terus mendukung pelaksanaan program Smart City di kota-kota yang masuk nominasi agar terus dikembangkan sehingga kehidupan masyarakatnya lebih efisien.

Esensi dari kota pintar sebenernya adalah untuk mengoptimalisasi segala yang selama ini belum terutilisasi dengan baik di kota, mendobrak status quo, dan mencapai kota yang punya performance tinggi dan nyaman ditinggali. Bandung sendiri mengusung konsep ‘Connected Citizen’ sebagai bentuk dari Smart City-nya. Dan untuk mewujudkan kota pintar ini, dibutuhin partisipasi aktif dari masyarakat, pemerintahan yang baik,transparansi dan keterbukaan, sampe pemanfaatan teknologi.

Nah kira-kira, Kang Emil dan masyarakat Bandung udah bisa mewujudkan Smart City impian mereka belum ya? Kalau dilihat dari indikator-indikator di atas, beberapa pencapaian yang udah berhasil dicapai Kang Emil selama dua tahun masa pemerintahannya mungkin bisa sedikit ngejawab nih.

  1. Perbaikan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Bandung
(Sumber: cikalnews)

Menurut Kang Emil, banyak apresiasi dan penghargaan yang menandakan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Bandung sudah mulai membaik.  “Secara informal Menpan menyampaikan, dulu kinerja birokrasi Pemkot Bandung buruk nilainya 50, sekarang dapat 80. Dulu nilainya C sekarang dapat A. Insya Allah terbaik se-Indonesia,” kata Emil di Balai Kota Bandung, (7/9) seperti di kutip Kompas.

  1. Tingkat korupsi menurun

(Sumber: portal.bandung.go.id)

Kota Bandung mendapat apresiasi positif dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melaporkan tingkat korupsi di Kota Bandung sudah mulai turun. “Walaupun masih ada satu dua oknum, tapi secara umum sudah turun. Maka bulan Desember Bandung mendapat penghargaan sebagai tuan rumah hari anti korupsi internasional,” ujar Kang Emil pada peringatan Hari Jadi Bandung.

  1. Peningkatan struktur dan infrastruktur

Engga bisa dipungkiri, selama dua tahun terakhir Bandung emang banyak berubah. Peningkatan infrastruktur Bandung terus terlihat, dan ruang-ruang terbuka untuk publik mulai diperbanyak. Sebut aja taman-taman tematik di Bandung yang sekarang ngehits banget, dari mulai taman film, taman musik, sampe taman jomblo. Bandung juga terus membenahi fasilitas-fasilitas umum, kayak gorong-gorong, trotoar, dan jalan raya.

  1. Pemanfaatan teknologi
(Sumber: metrotvnews.com)

Indikator Smart City juga termasuk pemanfaatan teknologi di sebuah kota yang digunakan buat kepentingan masyarakatnya. Di Bandung, ada sebuah ruangan keren mirip punya Star Trek yang dibikin Kang Emil. Udah pada tau kan apa itu? Yup, Bandung Command Center (BBC)! Disinilah pusat kendali Kota Bandung yang didukung dengan berbagai fasilitas kayak GPS Tracking dan CCTV yang dipasang di banyak daerah rawan bencana, kriminalitas, sampe rawan pelanggaran lalu lintas.

  1. Indeks kebahagiaan
(Sumber: yeaharip.com)

Masyarakat adalah elemen yang paling penting dalam sebuah kota. Percuma mau kotanya punya teknologi secanggih apa, fasilitas sebagus apa, kalau masyarakatnya engga bahagia. Sejak ngejabat sebagai Walikota, Kang Emil emang selalu menekankan pentingnya kebahagiaan para warga. “Saya ingin warga Bandung menjadi warga negara Indonesia yang paling bahagia,” kata Kang Emil.

Berdasarkan survei indeks kebahagiaan yang dilakuin pada bulan Januari lalu, warga Kota Bandung temasuk dalam kategori bahagia. Kota Bandung juga menjadi kota pertama yang ngadain survei indeks kebahagiaan ini nih Kawan Muda. Diharapkan dengan dukungan fasilitas publik dan pelayanan pemerintah, indeks ini akan terus meningkat.
Last, Kang Emil sendiri mengapresiasi nominasi yang diberikan oleh Smart City World Congress. Doi juga mengajak masyarakat buat mendukung program-program pemerintah yang ingin mengintegrasikan aplikasi teknologi informasi.

“Bandung masih banyak PR, karenanya mari terus bersemangat mencicil inovasi-inovasi,” tulis Kang Emil di Instagram.

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥