Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Gak semua anak muda di Indonesia mau dan bersedia menghabiskan waktu dan pikirannya buat terjun ke dunia politik, –dunia yang selama ini menghiasi layar tv dan handphone kita, dengan berita-berita yang gak tau mana yang bener dan mana yang salah.

Isu politik yang lagi hot banget akhir-akhir ini adalah tentang hak angket DPR ke KPK. Tentunya banyak orang yang pro dan kontra dong soal ini, dan ada 2 kubu dalam hal ini. Mereka yang pro sama KPK dan ngebela KPK, dan ada juga mereka yang merasa KPK ini gak keliatan kerjanya. Salah satu orang yang udah gak percaya lagi sama kinerja KPK adalah Fahri Hamzah.

Image result for tsamara amany

Hayo, kamu tau gak doi siapa? FYI, doi adalah wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR gengs. Doi udah mulai menjabat sebagai wakil ketua DPR sejak dari jaman SBY, di tahun 2004. Tergabung di partai PKS, pak Fahri Hamzah ini adalah orang yang pertama kali mengusulkan pembubaran KPK di tahun 2011 lalu. Tapi, ada yang kontra sama doi nih!

Siapa sih yang berani debatin orang nomor 2 di DPR ini?

Namanya Tsamara Amany, dan biasa dipanggil Sammy. Cewek cantik ini ternyata masih berstatus mahasiswa loh! Wuih keren ya. Doi masih kuliah di Universitas Paramadina jurusan Ilmu Komunikasi, dan masih semester 6.

Image result for tsamara amany
Sumber: Indo Warta

Meski masih kuliah, ternyata Sammy ini adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Meskipun usianya masih 21 tahun, cewek ini udah punya pikiran kritis dan juga argumen kuat yang bisa doi kasih buat mematahkan pikirannya Fahri Hamzah tentang pemberian hak angket DPR ke KPK.

Dari Twitter ke Forum Terbuka

Keduanya sempet terlibat tweet war alias adu argumen di media sosial Twitter keduanya. Ini dimulai ketika Tsamara yang keliatannya jengah harena Fahri Hamzah semangat banget buat melemakan KPK.


Dari tweet inilah akhirnya doi ngasih fakta-fakta kenapa KPK gak semestinya dilemahkan dan harusnya dibela. Bahkan doi juga membeberkan, kalo sebenernya jstru kinerjanya DPR lah yang selalu di bawah target. Hm… menarik kan? Ternyata tweet war ini masih ada loh sampe sekarang.


Keduanya pun akhirnya dipertemukan di acara ‘Indonesia Lawyer Club’ dan gak sempet adu argumen, cuma saling ngasih pendapat aja. Aksinya Tsamara ini emang patut patut diacungi jempol. Soalnya gak banyak juga kan anak muda yang berani kritis di jaman ini. Iya, soalnya kalo kritis sama pemerintahnya dijaman dulu, pasti udah gak tau kemana wujudnya sekarang.

Tapi siapa sih doi sebenernya?

Image result for tsamara amany
(Sumber: Pikiran Rakyat)

Kayak yang tadi udah dijelasin di atas, doi ini masih mahasiswi Universitas Paramadina jurusan Ilmu Komunikasi. Selain itu, cewek cantik keturunan Arab ini ternyata mengagumi sosok Sukarno loh! Tercantum dalam bio di Twitternya, ‘Sukarnois’.

Doi juga punya cita-cita yang besar banget yaitu jadi Gubernur DKI Jakarta. Keseriusannya buat jadi Gubernur udah dibuktikan sejak dia magang di Balai Kota Jakarta ketika Ahok masih menjabat sebagai Gubernur. Meskipun banyak yang mencibir doi ini ‘anak kencur’ yang cuma cari pamor dan sekalian promosi partai barunya yaitu PSI, nyatanya Sammy masih terus didukung sama lebih banyak orang.

Gak cuma itu, Tsamara adalah seorang co-founder dari Lembaga Swadaya Masyarakat pengedukasi perempuan untuk berpolitik yaitu ‘Perempuan Politik’ ini ternyata pernah jadi saksi dalam sidang uji materi persyaratan calon independen pada Pilkada yang diajukan oleh Gerakan Nasional Calon Independen pada Mahkamah Konstitusi.

Buat membuktikan kalo Fahri Hamzah itu salah, doi juga bikin video yang judulnya ‘Tsamara Menjawab Pikiran Sesat Fahri Hamzah’. Yuk tonton dulu, supaya Kawan Muda lebih teredukasi soal hak angket DPR untuk KPK.

(sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.