Jum'at, 5 Juni 2020

Genmuda – Perut udah keroncongan dan kepala mumet tapi engga bisa makan enak karena isi dompet udah angin doang. Yang ada bisa mati karena malnutrisi, nih. Tidak! “Engga usah lebay gitu deh kalo engga ada duit.”

Siapa bilang sih orang bokek engga bisa makan enak di kantin? Ada banyak banget loh modus operandi supaya bisa makan enak tanpa harus modal banyak. Tanpa disadari, triknya dilakuin anak SMA dan mahasiswa dari masa ke masa.

Mereka yang jago memanipulasi suasana bahkan engga butuh minjem duit supaya perut bisa terisi penuh. Di bawah ini, adalah beberapa jurus andalan mereka. Perhatiin dan coba aja sesekali biar irit.

1. ‘Kode mastery’

via tumblr.com

Pada suatu siang, perut Bobi udah keroncongan tapi doi males ngeluarin duit karena pelit. Gabby tiba-tiba masuk kelas ngebawa nasi goreng khas Tiongkok dari kantin.

Bobi: “Gab, kok lo makan nasi putih doang?”

Gabby: “Mana nasi putih? Udah jelas ini Nasi Goreng Cina.”

Bobi: “Nasi goreng kok putih? Engga pake kecap ya?”

Gabby: “Yaiya lah. Udah tau ngapain nanya.”

Bobi: “Aneh amat. Rasanya kayak apa tuh? Pasti ga enak.”

Gabby: “Enak tauk! Nih lo cobain aja sendiri.”

Yup, Bobi akhirnya nyicip makanan Gabby secara cuma-cuma. Mission accomplished!

2. ‘Puppy eyes’

Strategi yang Bobi pakai bakal lebih berhasil kalo doi masang tampang melas dengan mata berkaca-kaca, atau puppy eyes kalo kata orang Barat. Jangan lupa pasang tampang se-innocent mungkin supaya orang iba dan bersedia ngasih makanannya.

3. ‘Sendok sakti’

via imgur.com

Pasti ada temen yang cuma modal sendok yang dipinjem dari tukang nasi goreng biar bisa icip makanan yang dibeli semua temen-temennya. Seandainya tiap temen ngasih satu sendokan, lama-lama kan kenyang, apalagi kalo ada 20 orang. Siap-siap dikatain ‘laler’ kalo taktik sendok maut terlalu sering dipake.

4. ‘Kolekan’

Prinsip ‘sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit’ seperti itu juga bisa diterapin dengan cara mintain 1.000 rupiah ke tiap temen atau bahkan junior. Mau pake tampang melas atau galak, duit pasti kekumpul asalkan rajin ngolekin.

5. ‘Modus main’

via collegetimes.com

Kalo engga mau ngolekin temen dan jadi orang jahat, ada baiknya main ke rumah sahabat. Pastiin rumah yang dikunjungi milik keluarga yang sopan dan ada yang masakin (Jangan yang sama-sama engga punya makanan dan ngirit kayak kamu). Dengan begitu, kamu bakal ditawarin makan dan masakannya bakal enak. Lagian, mana ada sih orang tua yang engga nawarin makanan ke temen anaknya.

6. ‘Scavenger

Dalam Biologi, scavenger artinya hewan pemakan bangkai, tumbuhan mati, atau sisa makanan hewan lain. Contoh scavenger misalnya burung hering, hyena, dan lalat. Engga ada salahnya dong kamu meniru taktik tiga hewan itu supaya bisa makan. Pastiin makanan yang disisain temen masih layak supaya jadi korban prank yang bikin sakit perut.

7. ‘Jack of all trade’

via truegif.com

Sebelum ditemuin mata uang, manusia modern bertransaksi lewat cara barter. Engga ada salahnya make cara ini buat urusan perut di akhir bulan. Kamu bisa aja barter dengan jasa/keahlian kamu, misalnya ngerjain tugas temen, atau beresin kosan temen yang males tapi banyak duit. Simbiosis mutualisme aja.

8. ‘Ngibulin perut’

Seandainya cara-cara di atas engga ada satupun yang berhasil, kamu bisa coba ngibulin perut dengan cara banyak minum. Minta aja air putih ke temen, ruang guru/dosen, atau pos satpam. Masa mereka engga mau ngasih. Sains bilang kalo manusia bisa menahan lapar sampe 8 minggu selama mereka minum air putih. Jadi sabar-sabarin ya gaes, namanya juga akhir bulan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.