Minggu, 7 Maret 2021

Genmuda – Masih dalam euforia memperingati Hari Guru, ada beberapa film keren yang wajib kamu tonton nih Kawan Muda.  Dijamin setelah nonton film-film ini, kamu bakalan lebih menghargai perjuangan yang udah dilakuin guru-guru buat para muridnya.

Setiap hari, selama bertahun-tahun, guru-guru di sekolah/kampus/tempat les kita, engga pernah bosan buat mengulang lagi pelajaran yang harus mereka berikan kepada anak didiknya. Sementara kita terus tumbuh, pindah, berkembang dari SD, SMP, SMA, kuliah, sampe akhirnya bisa punya pekerjaan yang cukup dan bisa menghidupi diri sendiri, tapi guru-guru kita engga berubah. Mereka masih tetep mengajarkan hal yang sama, kepada murid yang udah beda-beda.

Kita harus sadar, guys, semua yang udah kita capai sekarang, itu engga terlepas dari peranan guru-guru kita loh. Beliau-beliau ini lah orang tua kita semasa kita sekolah, yang bertugas buat mendidik dan membimbing kita. Bahkan kadang, walaupun kita suka nakal, ngeyel, dan ngotot kalau dinasehatin, guru-guru kita tetap aja merhatiin kita.

Nah, di Hari Guru kali ini, yuk kita tonton film-film keren yang nyeritain gimana guru dan pengajar bisa menginspirasi murid-muridnya. Biar kita makin menghargai dan menghormati para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Cekidot!

 

  1. Dead Poet Society
(Sumber: Daily News)

Dead Poet Society adalah salah satu film jadulnya para bintang Hollywood yang sekarang udah pada terkenal. Dirilis tahun 1989, film ini nyeritain kisah kehidupan beberapa anak SMA yang punya masalah masing-masing, dan seorang guru Sastra Inggris yang punya cara ngajar unik. Robin Williams berperan sebagai John Keating, sang guru yang nyoba ngertiin murid-muridnya, dan ngasih solusi buat mereka lewat kekuatan puisi.

Dengan latar belakang kondisi sosial di tahun 1950-an, John Keating memberikan keberanian buat anak-anak didiknya buat bisa membangun impian mereka sendiri. Kebebasan yang dikasih John Keating bertentangan sama masyarakat pada saat itu, sampe-sampe guru tersebut ditentang banyak orang, termasuk sekolah dan orang tua dari murid-muridnya.

Selain mendiang Robin Williams, Dead Poet Society juga dibintangi Ethan Hawke, John Charles, Dylan Kussman, dan James Waterson.

 

  1. School of Rock
(Sumber: slashfilm.com)

Film yang dirilis tahun 2003 ini berfokus pada tokoh Dewey Finn (Black Jack), seorang gitaris band rock yang jadi pengangguran setelah dikeluarin dari bandnya. Karena BU alias butuh uang, Finn akhirnya terima tawaran menjadi guru SD di sekolah bergengsi Horace Green, setelah berpura-pura menjadi temannya, Ned Schneebly.

Kondisi sekolah yang super formal dan murid-murid yang “kaku” bikin Finn tadinya pusing abis dan engga tahu mesti mengerjakan apa. Sampe akhirnya dia mengajak murid-murid kelasnya buat ngebentuk sebuah band rock demi ikutan kompetisi Rock Battle of The Bands. Awalnya Finn ngegunain proyek ini buat kepentingannya dia sendiri, tapi seiring berjalannya waktu, justru dia semakin dekat dan bisa ngertiin anak-anak muridnya.

 

  1. Freedom Writers
(Sumber: amazon.com)

Film yang satu ini bakalan bikin kamu tersentuh dan terharu deh. Freedom Writers, ceritanya ada sebuah kelas yang isinya murid-murid bermasalah. Nah seorang guru baru yang masih fresh graduate dan belum punya pengalaman, Erin Gruwell (Hillary Swank) harus bisa ngajar di kelas tersebut, tanpa ada sistem pengajaran dari sekolah. Alhasil, Erin Gruwell engga dikasih satupun buku materi, dan harus mikir sendiri gimana caranya ngajarin anak-anak yang berasal dari berbagai ras di Amerika, dan saling ngebenci satu sama lain.

Akhirnya, guru muda tersebut ngebelin para muridnya buku buat dijadiin buku catatan harian tentang pengalaman hidup mereka, dengan biaya pribadi. Dari situ, Erin Gruwell mulai bisa ngertiin anak-anak didiknya dan jadi lebih terbuka satu sama lain buat nyelesain konflik yang ada. Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang guru yang emang bernam Erin Gruwell loh, Kawan Muda.

 

  1. Half Nelson
(Sumber: chasingcinema.com)

Kalau biasanya film-film lain nyeritain tentang guru-guru yang inspiratif, beda dengan Half Nelson. Film keluaran tahun 2006 dan dibintangi oleh Ryan Gosling ini membuka kehidupan lain seorang guru yang selama ini dikenal baik dan disukai para murid.

Dan Dunne (Ryan Gosling) adalah seorang guru sejarah teladan, yang ternyata seorang pecandu narkoba. Suatu hari, Dunne ketahuan lagi menghisap kokain oleh salah seorang muridnya, Drey (Shareeka Epps). Sejak itu, hubungan keduanya menjadi erat kayak bapak dan anak.

Di satu sisi, Drey berusaha buat nyembuhin gurunya dari ketergantungan narkoba. Sementara Dunne juga termotivasi berubah demi bisa jadi guru dan orang tua yang baik buat Drey yang udah engga punya orang tua.

 

  1. The Great Debaters
(Sumber: austinchronicle.com)

Melvin B. Tolson (Denzel Washington) harus menghadapi tantangan dimana perbedaan warna kulit masih jadi masalah yang kompleks di Amerika Serikat. Guru tersebut lalu menginisiasikan buat membentuk sebuah tim debat yang terdiri dari muid-murid kulit hitam untuk ikut turnamen debat antar sekolah. Hal tersebut dilakuin Tolson buat menerobos ketidakadilan ras yang ada.

Usahanya ini engga berjalan dengan gampang. Tolson bahkan sampe harus menghadai ancaman Kluk Kluk Klan yang pada masa itu masih sering memburu orang-orang kulit hitam buat disiksa. Tapi ia engga menyerah dan tetap memotiviasi para anak didiknya buat terus maju. Film The Great Debaters disutradari langsung oleh Denzl Washington dan diangkat dari kisah nyata dari Melvin B. Tolson.

 

  1. Sokola Rimba
(Sumber: google.com)

Film-film lokal buatan sineas Indonesia juga engga kalah bagusnya. Salah satunya adalah film Sokola Rimba yang diperanin sama Prisia Nasution. Prisia berperan sebagai Butet Manurung, seorang perempuan yang bergabung bersama sebuah organisasi yang fokus pada gerakan konservasi masyarakat terpencil di Indonesia.

Sokola Rimba nyeritain gimana semangat dan perjuangan Butet Manurung buat memberikan pendidikan pada anak-anak rimba, –sebutan buat anak-anak– yang tinggal di hutan-hutan daerah terpencil Indonesia. Banyak banget tantangan yang harus dihadapin, yang selama ini engga kejangkau pemerintah.

Butet harus bisa bertahan hidup di alam liar yang beda banget sama kehidupannya dulu, harus bisa ngeyakinin para orang tua dari anak-anak rimba buat ngizinin merka sekolah, sampe ngedapetin kekerasan dari para penebang hutan liar. Film ini diadaptasi dari buku Sokola Rimba yang ditulis langsung oleh Butet Manurung.

 

  1. Laskar Pelangi
(Sumber: google.com)

Kawan Muda pasti tau film yang ini kan? Yup, Laskar Pelangi adalah film yang diadaptasi dari buku Andrea Hirata. Walaupun nyeritain tentang kehidupan masa kecilnya dan temen-temennya sesama murid di Belitong, Laskar Pelangi engga lepas juga dari cerita tentang para guru yang menginspirasi, yaitu Ibu Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara).

Dua guru ini engga pernah nyerah buat tetep berusaha agar sekolah mereka tetep hidup, dan murid-muridnya bisa tetep belajar. Kalau kamu udah pernah nonton Laskar Pelangi, yuk tonton ulang film keren ini di Hari Guru! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥