Selasa, 31 Januari 2023

Genmuda – Rencana jalan-jalan bisa berubah 180 derajat waktu hari H datang. Niatnya berangkat pagi biar engga macet, ternyata harus jalan malam atau malah tengah malam karena berbagai hambatan mulai dari delay, telat bangun, atau tugas mendadak.

Seiring dengan terbenamnya matahari, risiko perjalanan bertambah banyak. Semua pengguna jalan yang lagi “kalong” harus ekstra hati-hati dan terus fokus. Selebihnya, coba deh lakuin beberapa tips di bawah ini dan semoga perjalanan malam kamu tetap aman sampai tujuan.

Buat yang naik kendaraan umum

1. Cari penginapan aja dulu

via giphy.com

Daripada mempertaruhkan nyawa di tangan sopir transportasi malam yang ada kemungkinan ngantuk, lebih aman sih merogoh kocek lebih banyak buat cari tempat nginep. Besok pagi-pagi, baru lanjutin perjalanan lagi

2. Ajak ngobrol sopirnya

Misalnya harus banget pulang malam itu dengan kendaraan umum, coba ajak ngobrol sopirnya biar doi engga ngantuk. Dan, pastinya ingetin si sopir supaya jangan ngebut-ngebut meski jalanan malam lagi sepi.

3. Jalan bareng temen

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ajak temen ketika jalan malam tuh wajib. Selain lebih aman, kamu juga punya waktu istirahat di angkutan umum. Caranya tentu dengan tidur gantian. Ketika kamu bangun, ya kamu yang jaga barang sendiri dan barang temen supaya engga dicuri orang dan begitu juga sebaliknya.

4. Kabari orang rumah terus

Jangan lupa juga untuk terus kabari orangtua, sodara, atau pacar yang lagi ditinggal jalan. Kesannya mungkin sepele tapi kamu bisa ngasih ketenangan buat mereka sekaligus buat kamu sendiri tanpa kamu sadari.

Buat yang naik motor

1. Pakai rompi anti angin

via Istimewa
Rompi anti angin yang udah ada reflektor cahayanya sih paling the best. (Sumber: Istimewa)

Jaket doang engga bakalan bisa menghadang dinginnya angin malam. Terkadang, kamu butuh tambahan rompi yang didesain khusus buat menghadang angin. Coba deh beli di toko perlengkapan motor daripada sakit-sakitan terus setelah night ride.

2. Pasang reflektor

Biasanya, rompi motor udah dipasangi reflektor. Kalo engga, ya alat pemantul cahaya itu bisa dibeli dan pasang sendiri entah itu di helm, rompi, spakbor, sisi motor, atau di mana-mana. Fungsinya jelas supaya kamu keliatan di mata pengendara lain di jalan.

3. Pastikan semua lampu berfungsi

via imgur.com

Hayo. Lampu belakang motor kamu nyala engga? Kalo ngerem, nyalanya jadi lebih terang engga? Lampu depan masih terang atau udah dim? Kalo lampu sign gimana? Coba pastiin semuanya berfungsi sebelum jalan malem, ya.

4. Pelajari teknik “main lampu”

Berkendara malam sebenernya paling aman pakai lampu jauh (dan lampu ekstra kalo perlu) biar semua objek di depan tuh keliatan. Ketika ada kendaraan dari arah berlawanan, cepet-cepet deh matiin lampu yang berlebihannya supaya doi engga silau, oleng, dan ujung-ujungnya membahayakan kamu sendiri.

Buat yang naik mobil

1. Mata fokus terus

via giphy.com

Kamu yang nyetir cuma ditemani radio dan hantu-hantu yang numpang di bangku belakang harus sering perhatiin kaca spion samping dan spion belakang. Kenapa begitu? Tentu saja supaya kamu ada kerjaan dan engga ngantuk.

2. Jangan anggap remeh jalan kosong

Jalan kosong baiknya engga diterobos dengan kecepatan tinggi, apalagi di jalan dalam kota. Terkadang, ada orang dan pengendara lain yang mendadak nyeberang tanpa liat-liat. Kalo kecepatannya stabil pasti kamu sempet ngerem dan menghindari kecelakaan.

3. Pelajari teknik mengurangi silau

via: Giphy

Coba perhatiin marka jalan sambil kurangi kecepatan ketika silau menghadapi lampu kendaraan dari arah berlawanan. Kalo silaunya karena lampu kendaraan belakang yang terpantul dari spion belakang, coba kamu atur sudut spion supaya engga silau tapi masih bisa melihat area belakang.

4. Nyalain lampu kabut

Kayaknya sepele tapi nyalain lampu kabut meski engga ada kabut bikin objek di depan keliatan lebih jelas. Kalo ada kendaraan dari arah berlawanan, coba matiin lampu kabutnya sementara biar doi engga silau.

Meski kamu udah siap melakukan berbagai tips jalan malam di atas, Genmuda.com saranin kamu istirahat dan lanjut jalan ketika matahari terbit. Semoga perjalanan kamu seru dan tiba di tempat tujuan dengan aman, ya. Stay safe, gaes! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.