Jum'at, 20 Mei 2022

Genmuda – Prediksi bertenggernya matahari di puncak khatulistiwa, atau equinox yang katanya bakal hadir 21 Maret sebenernya gak perlu dihebohin. Fenomena alam itu selalu terjadi dua kali setahun di Indonesia, dan biasanya jatuh tiap Maret juga September.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu udara di Indonesia mencapai 32-36 derajat celcius. Gak panas-panas banget lah. Udah gitu, ramalan cuaca juga bilang ada kemungkinan hujan sehingga suhunya turun jadi 31 derajat.

Dengan kata lain, efek equinox Indonesia engga separah di Singapura yang suhunya diprediksi sampai 40 derajat celcius dengan atmosfer udara kering. Tapi, cahaya matahari emang bakal lebih menyengat dari biasanya. Sunblock atau sunscreen (yang kedua artinya sama aja) perlu diolesin biar kulit engga terbakar.

Dalam memilih lotion penahan sinar ultraviolet itu, kamu butuh menyesuaikan kandungannya dengan kondisi kulit. Kalo salah pilih, efeknya engga bakal terasa. Makanya, perhatiin tips memilih sunscreen di bawah ini ya, gaes.

1. Buat yang kulitnya gelap

via tumblr.com

Kulit gelap biasanya engga terlalu sensitif terbakar cahaya matahari. Maka dari itu, kamu cuma butuh sunscreen dengan kandungan SPF 2-10.

2. Buat yang kulitnya sawo matang

Kulit sawo matang biasanya suka berubah merah dan melepuh saat kena matahari. Biar engga rusak, coba pakai sunscreen yang dengan SPF 6 hingga 15.

3. Bagi yang berkulit putih cerah

Makin putih kulit, makin rentan melepuh karena cahaya matahari. Makanya, pakai perlindungan tambahan dengan sunscreen ber-SPF 15-30.

4. Buat yang kulitnya gampang terbakar matahari

Biasanya, pemilik kulit putih pucat yang paling gampang terbakar cahaya matahari (sunburn). Kulit sensitif itu juga susah banget berubah warna jadi sawo matang. Karena itu, butuh perlindungan ekstra dengan kandungan SPF 30 hingga 50 atau lebih.

Dalam pemilihan SPF sesuai warna kulit, penjelasan gampangnya bisa diliat pada infografis simpel dari Hawaiian Tropic, brand sunscreen asal Kanada di bawah ini.

via hawaiiantropic.com
(Sumbe: hawaiiantropic.com).

Itu baru tips memilih sunscreen berdasarkan warna kulit. Masih ada lagi tipsnya berdasarkan kondisi kulit, seperti di bawah ini (nomornya dilanjutin aja, ya).

5. Buat kulit gampang jerawatan

Info ini diambil dari skincancer.org. Kamu yang kulitnya jerawatan perlu memakai produk sunscreen dalam bentuk jel yang mengandung alkohol. Soalnya, produk lotion tanpa alkohol bisa ngotorin kulit hingga menimbulkan jerawat.

6. Buat kulit alergian

via istimewa

Kebalikan dari yang jerawatan, sunscreen lotion bebas alkohol justru dibutuhin bagi mereka dengan kulit mudah alergi gatal-gatal.

7. Buat yang kulitnya kering

Gampang aja. Kamu yang kulitnya kering butuh banget sunscreen yang juga mengandung minyak ataupun silikon pelembap. Biasanya, produk kombinasi ini dijual dalam bentuk jel, lotion, dan salep.

8. Pastiin ada label “broad spectrum”

via tenor.co

Nah, semua jenis sunscreen yang aman biasanya mengandung label “broad spectrum.” Artinya, produk itu teruji melindungi kulit dari sinar UV-A dan UV-B, dua spektrum cahaya matahari yang ngerusak. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.