Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Banyak orang yang ketika puasa malah menghabiskan waktu sorenya buat ngabuburit, atau jalan-jalan sambil nunggu buka puasa. Sebenernya kegiatan ini penting gak penting sih karena kamu bisa mengisi waktu kosong ini dengan kegiatan yang lebih berfaedah lainnya, kayak tadarus atau semudah menyiapkan makanan buka puasa buat keluarga di rumah.

Tapi kalo kamu menghabiskan waktu sore untuk olahraga, itu lain hal gengs. Ini salah satu cara yang baik dan benar buat menghabiskan waktu kamu sambil menunggu waktu berbuka. Gak cuma olahraga saat sebelum buka puasa, tapi ada juga yang olahraga saat abis buka puasa, malah ada juga yang sehabis sahur. Jadi, mana yang bener?

Sebenernya, waktu yang tepat buat berolahraga di bulan puasa adalah tergantung sama jenis olahraga apa yang mau kamu kerjakan. Selain itu, kamu juga mesti memerhatikan tujuan olahraga kamu itu, apakah buat supaya bugar aja atau mau meningkatkan massa otot juga?

Olahraga setelah sahur

via Huffington Post
(Sumber: Huffington Post)

Tujuan olahraga adalah menjaga kebugaran dan kesehatan badan kamu. Olahraga saat puasa sebaiknya dilakukan subuh atau pagi-pagi, karena di jam itu, udaranya lagi seger-segernya buat dihirup, dan juga bagus buat kesehatan. Komposisi olahraga yang dianjurkan dari hellosehat.com adalah 70% kardio, dan 30% angkat beban.

Olahraga sebelum buka puasa

olahraga
(Sumber: Istimewa)

Jangan dilakukan jam 3 sore, karena yang ada kamu malah keburu buka puasa dehidrasi duluan. Karena olahraganya gak harus lama dan capek banget. Idealnya, olahraga dilakukan 1,5 sampe 2 jam sebelum buka puasa. Cairan tubuh yang hilang bisa segera digantikan sesaat setelah kamu buka puasa. Komposisi olahraga yang dianjurkan adalah 50% kardio dan 50% angkat beban.

Olahraga setelah buka puasa

via AP
(Sumber: AP Photo/Elaine Thompson)

Olahraga yang dilakuinsetelah buka puasa punya intensitas lebih tinggi dibanding sama olahraga di dua waktu sebelumnya. Tujuan dari olahraga yang dilakuin setelah buka puasa adalah meningkatkan kekuatan dan kemampuan massa otot. Komposisi olahraganya adalah 30% kardio, dan 70% angkat beban. Eh, tapi tetep inget buat shalat tarawih ya, jangan keasyikan olahraga tapi malah ibadah sunnahnya gak dilaksanain.

Terus olahraga apa aja yang bisa dilakukan?

(Sumber: Getty)

Kamu bisa olahraga ringan kayak berjalan atau bersepeda. Kegiatan ini bisa dialihin setelah buka puasa, karena perlu menghabiskan banyak tenaga. Bisa juga melakukan latihan otot kayak push up dan sit up. Selain lari, olahraga yang mesti kamu hindari saat masih puasa adalah angkat beban. Karena kondisi kamu lemes, kegiatan ini bisa bikin kamu cedera sendi dan juga otot. Jadi, hati-hati ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.