Minggu, 17 Januari 2021

Genmuda – Ponsel canggih iPhone X genap seminggu meluncur di Indonesia di bawah bendera Smartfren, Jumat (29/12). Harganya kemungkinan belum turun jelang tahun baru. Bila banyak peminat, bisa jadi malah naik.

Gak usah sedih, gaes. Sementara kamu pakai Android, bukan berarti teknologi ponselnya ketinggalan zaman. Soalnya, ada kok kecanggihan iPhone X yang juga terpasang di Android. Harga jauh lebih murah, tapi fungsi gak jauh beda.

1. Face unlock

©Genmuda.com/2017 TIM
Ini Oppo F5 yang juga punya fitur face unlock. ©Genmuda.com/2017 TIM

Sejak kali pertama dirilis, Apple sangat banggain fitur face unlock iPhone X yang katanya paling pintar. Cuma dengan arahin kamera ke wajah pemiliknya, ponsel bisa langsung aktif dari keadaan standby.

Percaya atau enggak, teknologi tersebut juga ada di Motorolla Moto G4+ dan Oppo F5. Sejumlah Android malah manfaatin fitur GPS supaya ponsel bisa gak terkunci otomatis di tempat-tempat tertentu, misalnya rumah dan kantor.

2. Smooth OS

via kimovil.com
Ini Xiaomi Mi A1, ponsel Android terjangkau andalan Google. (Sumber: kimovil.com)

OS11 dan chip A11 merupakan jualannya iPhone X dari sisi teknis. Kombinasi kedua karya baru itu disebut hasilin ponsel paling smooth di pasaran. Emang bener. Tapi, tingkat kemulusan OS Android zaman sekarang pun bersaing.

Dengan update software yang bisa meluncur dari waktu ke waktu, Android Nougat 7.0 aja rasanya udah 11-12 sama iPhone X. OS Xiaomi Mi A1 bisa diupdate ke Android 8.0 Oreo bawaan google malah hampir sama mulusnya kayak OS11-nya iPhone X.

3. Split-screen

via pocket-lint.com
Fitur split-screen pada Android 7.0 Nougat. (Sumber: pocket-lint.com)

Kebanggaan Apple terhadap ponsel anyarnya juga berasal dari kemampuan iPhone X tampilin dua aplikasi pada waktu bersamaan. Layarnya terbelah jadi dua, atas dan bawah. Masing-masing nampilin aplikasi berbeda.

Sayang seribu sayang, fitur split-screen tersebut merupakan fitur bawaan Android 7.0 Nougat, versi Android yang rilis sekitar Juli 2016. Apakah Apple ketinggalan zaman? Engga juga. Soalnya, fitur itu disempurnain jadi lebih mulus.

4. Notification badges

via androidpolice.com
Notification badges di aplikasi Messenger pada Android 8.0. (Sumber: androidpolice.com)

Tiap simbol aplikasi di iPhone pasti bakal ditimpa badges kecil bertuliskan angka bertuliskan jumlah notifikasi belum terbaca. Supaya apa? Supaya pengguna iPhone engga ketinggalan berita dari aplikasi kesayangan.

Android zaman baheula gak punya fitur tersebut. Notifikasi cuma muncul di toolbar notifikasi. Tapi, fitur badges tersebut ada di Android 8.0. Bisa juga didapet lewat aplikasi dan OS bawaan di sejumlah ponsel.

5. Harganya pasti turun jelang akhir 2018

via macrumors.com
Desain iPhone baru 2018. (Sumber: macrumors.com)

Kapan harganya turun? Nanti. Ketika iPhone baru rilis 2018. Beneran. Apple udah siapin desain sejumlah ponsel mirip iPhone X untuk rilis antara pertengahan atau akhir 2018. Bocorannya dari Nikkei Asian Review, 7 Desember lalu.

Pada saat itulah (kalo duitnya cukup), iPhone X bisa dibeli. Tapi, jangan mupeng begitu liat anak-anak kekinian saat nanti pada punya iPhone lebih baru lagi. Kalo udah capek ngikutin perkembangannya bisa jadi kamu udah gak muda-muda banget. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.